Bau Mulut? Cari Tau Penyebab dan Penanganannya ala SehatQ.com

Cari Tau Penyebab Bau Mulut dan Cara Penanganannya
Photo by Ronailson Santos from Pexels

Beberapa orang memiliki masalah dengan aroma mulut yang kurang sedap. Padahal, bau mulut atau yang dikenal dalam dunia medis sebagai halitosis adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan aroma nafas mulut tidak sedap yang keluar dari rongga mulut ita. Tentu saja, hal tersebut membuat kita tidak nyaman dan kurang percaya diri untuk berbicara dengan orang lain, bukan?

Nah, setelah mencari-cari solusi atas permasalahan ini di sehatq.com, akhirnya ada beberapa hal penting yang harus kita ketahui untuk menangani bau mulut tersebut. Berikut ini adalah ulasan rinci yang bisa kita lakukan agar aroma tak sedap dari mulut kita bisa teratasi dengan cara yang tepat.

Penyebab Bau Mulut

Secara umum, halitosis disebabkan oleh gigi yang mati dan kondisi perut kosong. Bau mulut dari rongga mulut dapat disebabkan oleh pembusukan sisa makanan yang tertinggal di sela-sela gigi kita, gigi palsu lepasan yang jarang atau tidak pernah dibersihkan, bakteri dari gigi mati, dan bakteri yang mengumpul pada plak atau karang gigi pada permukaan gigi kita. Atau itu merupakan tanda dari beberapa penyakit seperti xerostomia atau diabetes mellitus.

Cara Mendeteksi Aroma Mulut Yang Tak Sedap

Ada beberapa cara untuk mendeteksi bau mulut yang Anda alami. Kita dapat melakukannya dengan cara:

  1. Cara pertama yaitu dengan melihat keadaan lidah kita di cermin dan melihat apakah ada warna keputihan di bagian belakang lidah kita.
  2. Cara kedua yaitu teteskan air liur anda ke tangan kemudian keringkan liur tersebut. Jika air liur Anda berbau tidak sedap, maka Anda mengalami halitosis.
  3. Cara ketiga, jika masih sedikit ragu, Anda juga bisa mencoba cara lain yaitu dengan flossing (benang gigi). Gosokkan benang di sela-sela mulut Anda dan jika benang itu berbau tidak sedap setelahnya, meskipun telah jauh dari jangkauan hidung, itu berarti Anda memiliki masalah bau mulut yang tidak sedap.

9 Cara Ampuh Menghilangkan Bau Mulut

Bagi yang mengidap masalah ini, bau mulut akan menjadi momok yang membuat Anda tidak percaya diri. Bisakah bau tak sedap ini hilang seiring waktu? Tentu saja jawabannya bisa! Bau mulut akan hilang dengan sendirinya bila faktor penyebab untuk menghilangkan bau mulut sudah hilang.

Hal terpenting yang harus kita lakukan adalah selalu menjaga kebersihan mulut dan saluran pernafasan kita. Berikut ini beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk menghilangkan aroma mulut yang tak sedap di rumah:

  1. Sikat gigi Anda secara teratur dari gusi hingga ujung permukaan gigi, menggunakan sikat halus dan berbulu lembut.
  2. Berkumur dengan obat kumur non-alkohol setiap pagi atau malam sebelum pergi tidur.
  3. Pakailah benang gigi untuk menghilangkan plak-plak dan sisa makanan yang tertinggal di sela gigi.
  4. Rutinlah untuk membersihkan karang gigi secara teratur setiap enam bulan sekali.
  5. Sikat permukaan lidah dengan sikat gigi yang lembut dan halus atau dengan menggunakan pembersih lidah.
  6. Segera mencabut gigi mati (gangren).
  7. Segera untuk menambal gigi yang berlubang supaya tidak ada plak atau karang gigi, dan sisa makanan yang tertinggal di rongga gigi yang berlubang.
  8. Perbanyak mengkonsumsi air, sayur serta buah-buahan agar produksi air liur bisa meningkat.
  9. Kurangi frekuensi merokok, jika Anda perokok aktif.

Untuk informasi obat kumur non-alkohol yang tepat bisa didapatkan di situs SehatQ.com. Selain itu, Anda juga bisa berkonsultasi mengenai kesehatan langsung dengan para dokter ahli melalui aplikasi android dan iOS.

1 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *