Contoh Karya Seni Rupa 2 Dimensi dan Seni Rupa 3 Dimensi

Contoh Karya Seni Rupa 2 Dimensi dan Seni Rupa 3 Dimensi
photo by unsplash.com

Ada berbagai macam jenis seni rupa yang dapat kita temui, mulai dari bentuk seni rupa 2 dimensi, seni rupa 3 dimensi, dan jenis seni rupa lainnya. Lalu, apa saja contoh seni rupa 2 dimensi dan seni rupa 3 dimensi? Sebelum masuk ke dalam pembahasan lebih lanjut, mari simak penjelasan mengenai pengertian seni rupa secara umum dan fungsi-fungsinya.

Pengertian seni rupa adalah salah satu cabang kesenian yang menghasilkan sebuah karya yang dapat dinikmati oleh masyarakat umum, karena karya tersebut memiliki bentuk dan wujudnya serta dapat dilihat. Selain itu, seni rupa juga memiliki fungsinya tersendiri, diantaranya sebagai berikut:

Fungsi Individu, yaitu seni rupa berfungsi sebagai media ekspresi dan pemuas kebutuhan seseorang, terutama bagi seniman (artist). Seorang seniman akan dapat merasakan kepuasan batin atas karya seni rupa yang mereka ciptakan.
Fungsi Sosial dan Budaya, yaitu seni rupa berfungsi sebagai media hiburan masyarakat dan memiliki nilai ekonomisnya tersendiri.

Nah, seni rupa memiliki 2 jenis, yaitu seni rupa 2 dimensi dan 3 dimensi. Berikut ini penjelasan dan contoh seni rupa 2 dimensi dan 3 dimensi.

Baca Juga: Pengertian Seni Menurut Para Ahli, Jenis, Fungsi dan Tujuannya

Seni Rupa 2 Dimensi

Pengertian seni rupa 2 dimensi adalah suatu karya seni rupa (fine art) yang hanya memiliki 2 (dua) sisi saja yaitu sisi panjang dan lebar, dan tidak memiliki ruang karena seni rupa 2 dimensi tidak mempunyai unsur ketebalan.

Contoh Seni Rupa 2 Dimensi

Berikut ini contoh seni rupa 2 dimensi yang sering kita jumpai.

1. Lukisan Kanvas atau Kertas

Lukisan adalah salah satu karya seni yang dibuat dengan cara memulas dan menggambar di atas kanvas atau kertas dengan menggunakan alat kuas lukis, pensil, kuas, pisau palet atau peralatan lainnya .

2. Batik

Seni Batik adalah seni melukis yang diatas kain dengan menggunakan lilin atau malam sebagai pelindung untuk mendapatkan ragam motif dan hias diatas kain. Alat yang digunakan melukis batik adalah canting. Umumnya, motif yang dihasilkan berbentuk abstrak.

3. Fotografi

Fotografi adalah seni melukis dengan cahaya dengan proses menghasilkan gambar melalui cahaya pada film, lensa, optik, atau lainnya. Seni fotografi adalah salah satu hobi yang bisa dilakukan oleh siapa saja. Fotografi bisa dilakukan dengan kamera DSLR, kamera mirrorless, smartphone, dan lainnya.

4. Poster atau Plakat

Poster adalah karya seni yang memuat komposisi huruf dan gambar di atas kertas berukuran besar atau kecil. Pengaplikasian poster ditempel di dinding atau permukaan datar untuk mendapatkan perhatian sebanyak mungkin.

5. Lukisan dinding

Lukisan dinding adalah seni melukis pada media dinding atau tembok. Seni ini sering dikenal dengan seni mural. Alat yang digunakan bisa berupa kuas, cat semprot, atau alat lainnya.

Baca Juga: Jenis-Jenis Tari Bali

Seni Rupa 3 Dimensi

Pengertian seni rupa 3 dimensi adalah karya seni yang memiliki sisi panjang, lebar, dan juga ruang atau volume.

Contoh Seni Rupa 3 Dimensi

Berikut ini contoh seni rupa 3 dimensi yang sering kita temui.

1. Patung

Patung adalah karya seni 3 dimensi yang dibuat dengan cara dipahat atau diukir menggunakan alat khusus. Umumnya patung dibuat dengan ukuran besar, contohnya patung liberty di USA, atau patung pancoran di Jakarta.

2. Topeng

Topeng adalah benda yang dipakai untuk menutupi wajah. Umumnya topeng digunakan dalam pementasan seni tari atau seni panggung lainnya. Dan saat ini topen juga digunakan menjadi trend fashion.

3. Gantungan Kunci

Gantungan kunci juga merupakan karya seni 2 dimensi yang sering kita jumpai. Selain memiliki panjang, lebar, dan volume gantungan kunci juga berbentuk unik serta dihiasi dengan warna dan pernak-pernik yang menarik.

4. Mebel

Mebel adalah perlengkapan rumah yang terbuat dari kayu atau benda lainnya. Umumnya mebel dibuat menjadi kursi, meja, lemari, atau perlengkapan lainnya.

5. Vas Bunga

Vas bunga merupakan benda 3 dimensi yang digunakan sebagai hiasan rumah yang diisi dengan bunga-bunga indah.

Kesimpulan

Karya seni yang sering kita jumpai merupakan wujud kreativitas manusia dalam membentuk sesuatu menjadi menarik dan unik. Ada beberapa karya seni yang harus kita lestarikan seperti seni tari tradisional dan seni panggung tradisional yang jika kita tidak melestarikan akan punah.

1 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *