Cara Menyusun dan Contoh Kata Pengantar Makalah Yang Baik dan Benar

Cara Menyusun dan Contoh Kata Pengantar Makalah Yang Baik dan Benar
photo by google/image

Membuat makalah merupakan salah satu tugas yang sering sekali diberikan oleh dosen kepada mahasiswanya. Namun, tidak sedikit yang masih kebingungan dalam menyusun sebuah makalah baik dan benar, terutama pada pembuatan kata pengantar.

Ada 8 struktur pembentuk makalah yang baik dan benar, salah satunya adalah kata pengantar. Banyak contoh kata pengantar makalah yang bisa kamu temukan dan kamu tiru, namun jika hanya dengan meniru begitu saja kamu tidak akan memahami susunan kata pengantar yang benar.

Pada pembahasan topik ini kami akan menjelaskan secara detail dari pengertian makalah, manfaat makalah, struktur makalah, jenis makalah, karakteristik makalah, dan bagaimana cara membuat makalah yang baik dan benar.

Baca Juga: Pengertian Metode Penelitian, Jenis-Jenis dan Contohnya

Pengertian Makalah

Sama seperti karya tulis lainnya, makalah adalah salah satu karya tulis yang berisi pemikiran mengenai suatu pembahasan atau topik yang ditulis secara sistematis dan disertai dengan analisis logis dan objektif.

Makalah memiliki ciri dan karakteristik ilmiah objektif, berdasarkan fakta, susunan yang sistematis, tidak memihak, serta logis. Karangan ilmiah ini disajikan untuk forum ilmiah atau tugas siswa atau mahasiswa yang terstruktur.

Jenis Jenis Makalah

Ditinjau dari struktur penulisannya, ada beberapa macam jenis makalah yang umum ditemukan, yaitu:

  1. Makalah Deduktif
    Makalah yang ditulis atau disusun berdasarkan kajian-kajian teoretis, seperti daftar pustaka yang relevan dengan masalah yang sedang dibahas.
  2. Makalah Induktif
    Makalah yang dibuat berdasarkan data-data empiris, yang ditemukan dari lapangan sesuai dengan masalah yang dibahas.
  3. Makalah Campuran
    Makalah yang disusun berdasarkan kajian teoretis dikombinasikan dengan data empiris yang relevan dengan permasalahan yang dibahas.

Baca Juga: Pengertian Data Menurut Para Ahli, Jenis-Jenis Data, & Fungsi Data

Struktur dan Susunan Penulisan Makalah Yang Benar

Secara umum, berikut ini struktur makalah yang baik dan benar:

  • Cover atau Bagian Sampul Makalah, yaitu terdiri dari judul, logo sekolah/kampus/universitas, data penulis, jurusan, fakultas, kota, serta tahun makalah dibuat.
  • Kata Pengantar, yaitu paragraf yang diawali dengan kalimat puji-pujian kepada Tuhan atau Allah SWT, sedikit gambaran pemaparan isi makalah, ucapan terima kasih, dan biasanya mencantumkan harapan penulis atau permintaan saran dan kritik.
  • Daftar Isi, yaitu berisi poin-poin yang terdapat dalam makalah beserta nomor halamannya.
  • BAB I Pendahuluan, yaitu berisi mengenai gambaran umum tentang makalah, masalah atau topik yang akan dibahas, latar belakang. Susunan pada BAB I meliputi:
    1. Latar Belakang, umumnya memakai kaidah segitiga yang artinya dari pembahasan umum ke pembahasan khusus.
    2. Rumusan Masalah, berisi rumusan apa yang akan kamu bahas dalam makalah.
    3. Maksud dan tujuan, berisi mengenai maksud dan tujuan pembuatan makalah.
  • BAB II Pembahasan, yaitu bab yang berisi permasalahan akan dibahas tuntas. Pada bagian ini adalah isi utama makalah. Harus dipaparkan dengan fakta-fakta untuk memperkuat tulisan, dan kajian referensi dari peneliti sebelumnya untuk mendukung ide pokok atau gagasan yang diangkat.
  • BAB III Penutup, yaitu bagian yang berisi kesimpulan dari pembahasan yang dibahas pada BAB II. Tidak sedikit yang menambahkan saran.
  • Daftar Pustaka, yaitu bagian yang berisi daftar referensi atau rujukan yang dikutip. Bisa dari buku, skripsi, jurnal, atau data dari internet. Ada kaidah atau aturan penulisan daftar pustaka yang harus dipenuhi.
  • Lampiran, yaitu bagian terakhir yang berisi lampiran-lampiran berupa foto kegiatan atau lainnya, namun ini tidak mutlak harus ada bersifat opsional.

Ciri-Ciri dan Karakteristik Makalah

Berikut ini adalah ciri atau karakteristik makalah, diantaranya yaitu:

  1. Memaparkan suatu pemahaman mengenai isi dari berbagai sumber yang digunakan.
  2. Mendemonstrasikan kemampuan dalam meramu berbagai macam sumber informasi menjadi satu kesatuan sintesis yang utuh dan lengkap.
  3. Mendemonstrasikan pemahaman mahasiswa tentang masalah teoritik yang dikaji untuk menerapkan suatu prinsip, teori, atau prosedur yang berhubungan dengan materi perkuliahan.
  4. Makalah adalah hasil kajian literatur atau laporan kegiatan lapangan yang meliputi permasalahan dalam sebuah perkuliahan.

Baca Juga: Pengertian Teks Narasi, Struktur, Unsur-Unsur, Ciri, Dan Tujuan

Manfaat Makalah

Mengacu pada pengertian makalah diatas, maka dapat disimpulkan bahwa ada beberapa manfaat disusunnya sebuah makalah, diantaranya yaitu:

  • Belajar memaparkan sebuah masalah dan berupaya menyelesaikan permasalahan yang dibahas.
  • Menerapkan ilmu pengetahuan yang telah dipelajari untuk dipraktekkan di lapangan.
  • Membuka cara berpikir agar dapat memahami permasalahan secara utuh yang terjadi di lapangan.

Kriteria Penulisan Kata Pengantar yang Baik dan Benar

Agar dapat menyusun kata pengantar yang baik dan benar, maka kamu harus memperhatikan kaidah penulisan. Adapun kriteria penulisan kata pengantar yang benar adalah sebagai berikut:

  1. Diawali dengan ucapan syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa atau Allah SWT
  2. Penjelasan mengenai tugas penulisan karya ilmiah
  3. Penjelasan tentang tugas apa yang dikerjakan di dalamnya
  4. Penjelasan tata pelaksanaan penulisan makalah
  5. Penjelasan mengenai adanya bimbingan, arahan, dan bantuan dari seseorang atau kelompok/organisasi/lembaga
  6. Mengucapkan rasa terima kasih kepada pihak-pihak yang telah memberikan arahan, dukungan atau bantuan dalam menyelesaikan makalah tersebut
  7. Penyebutan kota, tanggal, bulan, tahun, dan nama lengkap penulis, tanpa dibubuhi tanda tangan
  8. Harapan penulis atas karya ilmiah tersebut
  9. Manfaat yang akan didapat pembaca, serta kesediaan menerima kritik dan saran

Baca Juga: Contoh Surat Lamaran Kerja Tulis Tangan Yang Baik dan Benar

Contoh Kata Pengantar Makalah Singkat

Kata Pengantar

Dengan menyebut nama Tuhan Yang Maha Esa. Kami panjatkan puji syukur kehadirat-Nya yang telah memberi kemudahan kepada kami sehingga kami dapat menyelesaikan karya ilmiah tentang “Pendayagunaan limbah plastik dan manfaat ekonomis bagi masyarakat”.

Karya ilmiah ini kami susun dengan maksimal dan telah mendapat bantuan dari berbagai pihak untuk membantu kami dalam pembuatan makalah ini. Untuk itu kami menyampaikan ucapan terimakasih sebesar-besarnya kepada pihak-pihak yang telah berkontribusi dalam pembuatan karya ilmiah ini.

Terlepas dari semua itu, Kami sadar bahwa masih banyak kekurangan baik dari tata bahasa dan dari segi susunan kalimat. Oleh karena itu kami menerima segala kritik dan saran dari pembaca agar kami dapat memperbaiki karya ilmiah ini di kemudian hari.

Akhir kata, kami berharap semoga karya ilmiah tentang “pendayagunaan limbah dan manfaatnya” ini dapat memberikan manfaat dan inspirasi untuk pembaca.

Jakarta, 21 Juni 2020
Penyusun

Contoh Kata Pengantar Makalah Ringkas

Kata Pengantar

Segala puji bagi Tuhan Semesta Alam yang telah memberikan kemudahan sehingga kami dapat menyelesaikan makalah mata kuliah “Pemasaran Jasa”.

Makalah ini adalah salah satu tugas mata kuliah Pemasaran Jasa di program studi Manajemen Fakultas Ekonomi Bisnis Universitas Diponegoro. Selanjutnya penulis mengucapkan banyak terima kasih kepada Ibu Dra. Retno Pujiastuti, M.Si selaku dosen pembimbing mata kuliah Pemasaran Jasa dan kepada pihak-pihak yang telah memberikan bimbingan dan arahan selama penulisan makalah ini.

Penulis menyadari bahwa masih banyak kekurangan dalam penulisan makalah ini, maka dari itu penulis mengharapkan kritik dan saran yang membangun dari pembaca demi mencapai kesempurnaan pada makalah ini.

Semarang, 23 Juni 2020
Penulis

Contoh Kata Pengantar Makalah Yang Menarik

Kata Pengantar

Puji dan syukur saya panjatkan atas kehadirat Allah SWT dengan selesainya makalah yang berjudul “Fungsi Gaya Kepemimpinan Dalam Perusahaan”. Atas dukungan moral dan materil, maka penulis menyampaikan terima kasih kepada :

  • Bapak Ismail, M.Si, selaku supervisor PT Laksana Niaga, yang telah memberi bimbingan, ide, saran, dan kesempatan untuk melakukan riset di perusahaan.
  • Ibu Kartini Permana, MBA, selaku dosen Pembimbing kami, yang memberikan masukan dan motivasi kepada penulis.
  • Ibu Alisha Suvero, M.Si, selaku wali dosen kami, yang telah banyak memberikan materi-materi pendukung, masukan, dan bimbingan kepada penulis.

Penulis menyadari bahwa karya ilmiah ini masih jauh dari kata sempurna. Oleh karena itu, saran dan kritik yang membangun dari pembaca sangat saya butuhkan untuk penyempurnaan makalah ini.

Medan, 22 Juni 2020
Bella Farisa

Contoh Kata Pengantar Makalah Yang Baik dan Benar

Kesimpulan

Makalah sebagai salah satu karya ilmiah yang mengandung ilmu pengetahuan didalamnya, harus diawali dengan kata pengantar yang baik agar dapat memberi kesan menarik bagi pembaca. ketika kamu ingin menulis kata pengantar makalah yang baik maka harus berdasarkan kaidah-kaidah dan contoh yang telah ada.

1 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *