fbpx
Contoh Laporan Pertanggungjawaban (LPJ) Kegiatan

Contoh Laporan Pertanggungjawaban (LPJ) Kegiatan

Laporan Pertanggungjawaban (LPJ) adalah bagian yang wajib dimiliki oleh organisasi di dalam kampus atau di luar kampus ketika selesai menjalankan sebuat kegiatan, program atau event. Laporan pertanggungjawaban ini dibuat sebagai bentuk pertanggungjawaban resmi dan tertulis oleh para panitia atas kegiatan yang dilaksanakan.

Ada beberapa laporan pokok yang tercantum dalam Laporan Pertanggungjawaban (LPJ), yaitu arus keluar masuknya keuangan (cash flow), agenda yang dilaksanakan, dan pencapaian dari kegiatan.

Format Laporan Pertanggungjawaban (LPJ)

Secara umum format laporan pertanggungjawaban sangat beragam, tapi kali ini kami akan membagikan format umum LPJ terbaik. Berikut uraian lengkapnya.

Baca Juga: Cara Membuat Kartu Kuning

BAB I : PENDAHULUAN

Halaman pertama adalah Pendahuluan yang berisi tentang latar belakang serta tujuan dari kegiatan diadakan. Ada tiga sub-bagian dari halaman pertama, yaitu:

  • Latar belakang
  • Nama kegiatan
  • Maksud dan tujuan

BAB II : RENCANA PELAKSANAAN KEGIATAN

Pada Bab II ini berisi bagian-bagian yang mendeskripsikan atau menjelaskan rencana kegiatan apa saja yang akan dilaksanakan. Poin-poin dalam rencana kegiatan ini diantaranya, adalah:

  • Waktu
  • Target
  • Peserta
  • Pematri
  • Fasilitas

Di dalam bab II ini dibagi menjadi tiga sub-bab, yaitu:

  • Rencana Mekanisme Kegiatan
  • Rencana Anggaran Biaya
  • Susunan Kepanitiaan

Baca Juga: Contoh Surat Lamaran Kerja Bahasa Inggris

BAB III : PELAKSANAAN KEGIATAN

Bab III ini hampir mirip dengan Bab II, perbedaannya adalah pada perencanaan, yang pada Bab III lebih mengarah ke rencana yang telah terlaksana.

BAB IV : PENUTUP

Bab IV adalah bab terakhir yang berisikan kata-kata penutup dari laporan, yang umumnya berisi kalimat ucapan terima kasih atas dukungan kegiatan dan permohonan maaf atas kekurangan yang terjadi dalam pelaksanaan kegiatan.

LAMPIRAN

Pada bagian lampiran ini berisi semua dokumen-dokumen penting bagi penerima LPJ, yang umumnya berupa foto kegiatan, bukti pembayaran, dan lainnya.

Baca Juga: Contoh Surat Undangan Resmi Yang Baik dan Benar

Contoh Laporan Pertanggungjawaban (LPJ) Kegiatan Yang Benar

Baca Juga: Contoh CV Bahasa Inggris

Setelah mengetahui format Contoh Laporan Pertanggungjawaban (LPJ) yang baik dan benar yang telah dijelaskan diatas dapat membantu kamu dalam merangcang laporan kegiatan yang dapat diterima oleh auditor. Dengan laporan yang jelas dan transparan akan meningkatkan kredibilitas kamu dalam mengelola kegiatan,event atau program lainnya di kemudian hari. Semoga bermanfaat.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *