Contoh Slip Gaji Karyawan Pada Perusahaan, Format dan Komponennya

Contoh Slip Gaji Karyawan Pada Perusahaan, Format dan Komponennya

Proses penghitungan slip gaji yang dilakukan secara manual acap kali mengalami permasalahan teknis akibat kesalahan manusia (human error). Sangat berbeda jika perusahaan menggunakan sistem informasi yang baik dalam mengelola gaji karyawan. 

Departemen yang biasanya mengurusi masalah penggajian adalah departemen sdm atau administrasi. Slip gaji akan dikeluarkan atau dirilis oleh salah satu dari kedua departemen tersebut. 

Berikut ini adalah pemaparan lengkap mengenai format slip gaji, komponennya, dan contoh nya. Kamu bisa jadikan sebagai referensi dalam membuat slip gaji yang benar.

Format Slip Gaji

Format slip gaji karyawan pada setiap perusahaan akan berbeda-beda tergantung dari komponen-komponen apa saja yang ingin dimasukkan. Adapun format slip gaji karyawan terdiri dari beberapa bagian yaitu:

1. Nama Perusahaan

Bagian ini adalah komponen paling utama yang berguna untuk memastikan jika perusahaanlah yang membuat slip gaji karyawan. 

2. Menyatakan kerahasiaan dokumen

Selanjutnya yaitu penjelasan yang menegaskan kerahasiaan slip gaji tersebut. Kerahasiaan tersebut bisa berupa sebuah kalimat “Private and Confidential“. Artinya bahwa slip gaji tersebut adalah dokumen rahasia dimana hanya karyawan yang namanya tercantum di dalamnya saja yang boleh mengetahui isinya.

3. Tanggal pembayaran dan data karyawan

Bagian selanjutnya yakni tanggal pembayaran, penjelasan sub departemen, serta data lengkap karyawan. Data karyawan bisa berupa nama karyawan, nomor induk pegawai, dan Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP).

4. Besaran gaji dan jumlah potongan

Komponen berikutnya dari format slip gaji adalah jumlah gaji dan potongan yang diterima oleh karyawan yang tertera namanya. Penghasilan atau gaji atau upah meliputi gaji pokok, tunjangan, dan insentif lainnya. Sedangkan potongan meliputi premi kesehatan BPJS, saving plan karyawan, hutang karyawan ke perusahaan, serta iuran keanggotaan karyawan, misalnya seperti koperasi perusahaan.

Keterangan lengkap pembayaran

Komponen terakhir adalah keterangan lengkap mengenai informasi pembayaran gaji, dimana berisi penghasilan tahun berjalan sebelum dikurangi pajak, penghasilan tahun berjalan sesudah dikurangi pajak, pajak bulan berjalan, total uang yang diterima karyawan, dan nama bank sebagai institusi pembayar.

Komponen-Komponen Dalam Slip Gaji

Tak sedikit, komponen gaji juga tercantum di dalam slip gaji. Komponen gaji umumnya meliputi gaji pokok dan tunjangan tetap. Adapun besaran gaji pokok setidaknya 75% dari jumlah gaji pokok dan juga tunjangan tetap sebagaimana yang tercantum pada Undang-Undang No.13 tahun 2003.

  • Gaji pokok adalah gaji dasar yang ditentukan berdasarkan dari tingkat jabatan atau pekerjaan tertentu. Perusahaan umumnya akan mematok gaji pokok mengikuti tingkat jabatan atau jenjang karir, dimana ini akan mencerminkan kualifikasi dan juga kompetensi dari karyawan yang mengemban jabatan tersebut.
  • Adapun tunjangan adalah pelengkap dari gaji pokok. Fungsinya yaitu bisa bersifat sosial atau insentif. Beberapa jenis tunjangan yakni tunjangan jabatan,tunjangan makan, transportasi, dan lainnya. Ada juga jenis tunjangan dibagi menjadi tunjangan tetap dan tunjangan tidak tetap.
  • Potongan yang tertera dalam lembaran slip gaji diambil untuk hal-hal yang terkait dengan karyawan, seperti potongan pajak penghasilan (Pph 21), potongan pinjaman ke perusahaan, premi asuransi kesehatan BPJS, premi asuransi jaminan hari tua, dan iuran keanggotaan BPJS.
  • Lembur merupakan waktu kerja yang melebihi 7 (tujuh) jam sehari dan 40 jam seminggu (berdasarkan peraturan Menakertrans No.102 / MEN / VI / 2004). Apabila karyawan bekerja lembur, maka sudah sepatutnya akan memperoleh uang tambahan tersendiri.
  • Komisi, insentif, atau bonus tahunan umumnya dimasukkan kedalam kategori pendapatan tidak tetap dalam lembar slip gaji. Komisi atau bonus ini biasanya ditentukan oleh kinerja karyawan tersebut.

Contoh Slip Gaji Karyawan

Laporan slip gaji akan dicetak setiap bulannya untuk diberikan kepada setiap karyawan. Berikut contohnya.

Kesimpulan

Ada banyak kegunaan memiliki slip gaji bagi karyawan, salah satunya untuk mendapatkan pinjaman dari lembaga bank. Kamu juga bisa menggunakannya untuk menyicil rumah.

0 Shares:
Leave a Reply