Contoh Surat Pengunduran Diri Yang Baik dan Benar

Contoh-Surat-Pengunduran-Diri-Yang-Baik-dan-Benar

Ada banyak alasan penyebab kamu mengundurkan diri dari perusahaan tempatmu bekerja, misalnya lingkungan dan budaya kerja yang tidak sesuai dengan karakter kamu, besaran gaji yang tidak sesuai dengan pekerjaan yang diberikan oleh perusahaan, karena masalah kesehatan, ingin mengurus keluarga, atau memiliki pendapatan yang lebih besar dari gaji yang kamu terima dari tempat kerja.

Sebelum benar-benar keluar dari tempat kamu bekerja saat ini kamu harus mempersiapkan surat pengunduran diri yang baik dan benar terlebih dahulu. Hal ini dilakukan agar perusahaan dapat menerima keputusan kamu dan untuk menghindari kemungkinan timbulnya sesuatu yang kurang baik.

Jika kamu sudah benar-benar ingin mengundurkan diri dari kantor tempat kamu bekerja saat ini tidak bisa keluar begitu saja, ada prosedur yang harus kamu lalui agar pengunduran diri kamu tidak terkesan profesional. Maka dibutuhkan surat pengunduran diri yang baik dan benar.

Dalam artikel ini kami akan berikan beberapa contoh surat pengunduran diri kerja berbagai profesi. Dengan contoh surat resign yang baik dan benar sebagai referensi, diharapkan kamu dapat membuat surat pengunduran diri yang baik dan sopan.

Baca Juga: 12+ Contoh Riwayat Hidup Yang Kreatif

Tujuan dan Manfaat Surat Pengunduran Diri

Sebagai salah satu jenis surat penting yang ditujukan untuk memutuskan hubungan kerja dengan perusahaan. Surat ini harus berisi alasan yang logis dan masuk akan agar pengunduran diri kamu dapat diterima dengan baik oleh perusahaan.

Selain itu, agar tidak meninggalkan rasa tersinggung dari keputusan pengunduran diri yang kamu lakukan. Ada beberapa manfaat yang didapat dari contoh surat pengunduran diri yang baik dan benar, yaitu:

  • Agar kamu tetap terlihat profesional dalam menjalankan pekerjaan.
  • Agar perusahaan dapat mencari pengganti yang tepat.
  • Agar kamu tetap terlihat baik dan sopan.

Contoh Surat Pengunduran Diri Berbagai Macam Profesi

Setelah kamu mengetahui manfaat dan tujuan dari surat ini, sekarang saatnya melihat beberapa contoh surat pengunduran diri kerja lengkap dengan berbagai macam pekerjaan dan profesi yang bisa kamu gunakan.

Format Umum Surat Pengunduran Diri

Format Umum Surat Pengunduran Diri

Jakarta [Kota Kamu], [Tanggal Surat Dibuat]

Kepada

Yth. [Pimpinan/Direktur] [Nama Perusahaan]

Jakarta [Kota Kamu]

Yang bertanda tangan di bawah ini:

  • Nama: [Nama Kamu]

  • Alamat: [Alamat Lengkap Kamu]

  • Jabatan: [Jabatan/Divisi di Perusahaan]

Dengan perantara surat ini, saya bertujuan untuk mengajukan permohonan pengunduran diri dari jabatan yang saya pegang di perusahaan [Bapak/Ibu] terhitung pada tanggal [tanggal kamu berhenti kerja].

Sebelumnya saya berterimakasih kepada [Bapak/Ibu] karena sudah diberikan kesempatan untuk bekerja dengan profesional di [Nama Perusahaan]. Saya juga mengucapkan banyak terima kasih atas bimbingan yang telah diberikan baik secara langsung maupun tidak langsung.

Saya juga memohon maaf sebesar-besarnya karena tidak dapat lagi menjadi bagian dalam perusahaan Bapak/Ibu. Semoga perusahaan yang Bapak/Ibu pimpin dapat semakin berkembang kedepannya.

Demikian surat pengunduran diri ini saya buat atas keinginan saya sendiri dan tanpa adanya paksaan dari pihak manapun.

Hormat saya,

 

[Nama Kamu]

Download File Dokumen Surat Resign (Pengunduran Diri)

1. Contoh Surat Pengunduran Diri Karyawan

Contoh Surat Pengunduran Diri Karyawan

Bandung, 21 April 2019

Kepada

Yth. Human Resource Development

PT. Express Internasional

Jalan Gatot Subroto, Bandung

Dengan hormat,

Bersamaan dengan surat ini, saya sebagai Asisten Manajer Logistik di PT. Express Internasional, berdasarkan surat keputusan Direksi, saya yang bertanda tangan dibawah ini:

Nama : Akramul Fahmi Suvero

Departemen : Opersional

Jabatan : Asisten Manajer Logistik

ID Karyawan : EMPL087

Bermaksud untuk menyampaikan pengunduran diri saya dari jabatan Asisten Manajer Logistik terhitung sejak tanggal 21 Mei 2019.

Sebelumnya saya ucapkan banyak terima kasih atas kesempatan dan dukungan yang telah diberikan selama ini. Semua hal ini akan membantu saya untuk menjadi seorang yang lebih profesional lagi. Saya juga ucapkan permohonan maaf sebesar-besarnya kepada seluruh jajaran direksi PT. Express Internasional beserta dengan rekan-rekan di departemen Operasional jika selama ini saya terdapat banyak kesalahan baik yang disengaja maupun yang tidak disengaja.

Demi kelancaran tugas jabatan asisten manajer logistik, saya bersedia untuk membantu hingga masa transisi berjalan. Semoga kedepannya PT. Express Internasional dapat terus berkembang lebih baik lagi.

Hormat saya,

Akramul Fahmi Suvero

2. Contoh Surat Pengunduran Diri Organisasi

Contoh Surat Pengunduran Diri Organisasi

Solo, 15 Agustus 2019

Kepada

Yth. Ketua Umum

LSM Lentera Timor

Jl. Sudirman, Solo

Dengan hormat,

Melalui perantara surat ini saya berniat untuk mengundurkan diri dari jabatan Kepala Biro Humas di LSM Lentera Timor Solo karena saya harus melanjutkan studi saya di salah satu universitas di Australia terhitung mulai tanggal 20 Agustus 2019

Bermaksud untuk menyampaikan pengunduran diri saya dari jabatan Asisten Manajer Logistik terhitung sejak tanggal 21 Mei 2019.

Karena saya harus melanjutkan studi saya di Australia maka hal tersebut tidak memungkinkan saya untuk terus menjadi salah satu anggota LSM Lentera Timor. Saya sampaikan banyak terima kasih atas semua hal yan telah saya terima selama ini. Terima kasih telah mengizinkan saya menjadi bagian dari LSM Lentera Timor. Saya juga menyampaikan permohonan maaf jika selama menjadi anggota saya pernah melakukan kesalahan.

Semoga dengan keluarnya saya dari LSM Lentera Timor tidak menjadi penghalang bagi teman-teman untuk terus memberi inspirasi bagi Indonesia. Demikian surat pengunduran diri ini saya buat, saya ucapkan terima kasih sebesar-besarnya.

Hormat saya,

Larry Hasan

3. Contoh Surat Pengunduran Diri Bahasa Inggris

Contoh Surat Pengunduran Diri Bahasa Inggris

15th August, 2019

Chariman

Management Associate (Pvt) Ltd.

North Jakarta, Indoneisa

Sub; Resigning from the post of Juniour Accountant

Sir,

It is now four (4) years since I was appointed in your esteemed Company. I have been working as a junior Accountant for this long period and holding grade IV when I joined your Company, I was ensured to be promoted to senior Accountant after one (1) year but nothing happened at all.

Since I do not see any promotional scope here, I have decided to leave for a better future. Hence I am submitting my resignation from the post of Junior Accountant. I request you to kindly accept my resignation and give me relief from service at an early date before 30th August, 2019.

Yours faithfully,

Kurniawan Edy Yustisiyo

4. Contoh Surat Resign Yang Profesional

Contoh Surat Resign Yang Profesional

Medan, 20 Oktober 2019

Kepada Yth,

Manajer PT. Gold Mine Tbk.

Jl. SM Raja No.45a

Medan

Dengan hormat,

Bersama surat ini saya sebagai Head Marketing di PT. Gold Mine Tbk, sesuai dengan Surat Kesepakatan Bersama (SKB) mengenai ketenagakerjaan dan UU Tenaga Kerja, oleh sebab itu saya yang bertanda tangan dibawah ini:

  • Nama : Melly Apriani

  • Departemen : Pemasaran

  • Jabatan : Head Marketing

  • ID. Karyawan : GEMP-1312

Bertujuan untuk mengajukan surat pengunduran diri kerja dari PT. Gold Mine Tbk, karena faktor kesehatan yang sudah tidak memungkinkan lagi untuk bekerja dengan optimal. Untuk itu saya berharap jika perusahaan dapat mengerti dan memahami kondisi saya serta memberikan hak-hak yang sesuai dengan perundang-undangan ketenagakerjaan.

Demikian surat pengunduran diri ini saya tulis, terimakasih atas segala bentuk bantuan dan dukungan saat saya bekerja, saya ucapkan terimakasih sebesar-besarnya.

Hormat saya,

Melly Apriani

5. Contoh Surat Resign Bahasa Inggris Yang Profesional

6. Contoh Surat Pengunduran Diri Polisi

7. Contoh Surat Pengunduran Diri Staf PT

Baca Juga: Contoh Surat Lamaran Kerja Terlengkap

8. Contoh Surat Pengunduran Diri Dari Alfamart

9. Contoh Surat Resign Dari Indomaret

10. Contoh Surat Pengunduran Diri Dari GURU

Demikianlah contoh surat pengunduran diri atau surat resign yang baik dan benar, dengan beberapa contoh diatas dapat memudahkan kamu dalam menulis surat resign yang baik. Semoga bermanfaat.

1 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *