fbpx
Contoh Surat Pribadi

Contoh Surat Pribadi

Surat pribadi merupakan surat yang digunakan sebagai media menyampaikan informasi atau berita yang dibuat dan dikirim oleh seseorangan secara pribadi. Secara umum, surat pribadi lebih bersifat personal, informal atau tidak resmi, bebas, penggunaan bahasa sehari-hari, dan isi mengenai masalah-masalah pribadi.

Untuk lebih mendalaminya, sebaiknya kamu memahami terlebih dahulu unsur-unsur surat pribadi. Unsur-unsur yang terdapat didalam surat pribadi berbeda dengan surat dinas, surat resmi, atau surat perintah tugas. Adapun sistematika penulisan surat pribadi terdiri dari bagian pendahuluan, isi, dan bagian penutup.

Unsur-unsur utama dalam penulisan surat pribadi, sebagai berikut:

  • Tempat dan tanggal, contoh: “Yogyakarta, 21 Januari 2020”
  • Tujuan, alamat surat, contoh: “Sahabat karibku Fahmi, di kota Bandung”
  • Salam pembuka, contoh: “Assalamualaikum, Salam kangen, Salam rindu, Salam manis”
  • Pembuka surat, paragraf pembuka, contoh: “Halo, bagaimana keadaan kamu sekarang?”
  • Isi surat, paragraf isi, contoh: “hmm, ternyata sudah 11 bulan akun pindah ke Yogyakarta”
  • Penutup surat, paragraf penutup, contoh: “Fahmi, suratku sampai disini dulu, ya
  • Salam penutup, contoh: “Waalaikumsalam, salam”
  • Nama pengirim dan tanda tangan, contoh: “Lovely, Ainun”

Baca Juga: Contoh Surat Lamaran Kerja Tulis Tangan

Contoh Surat Pribadi

Setelah kamu memahami struktur dan unsus-unsur dalam penulisan surat pribadi, selanjutnya adalah beberapa contoh surat pribadi yang bisa kamu jadikan referensi.

Surat Pribadi Untuk Sahabat Yang Pindah Sekolah

Surat Pribadi Untuk Sahabat Yang Pindah Sekolah

Bandung, 21 Januari 2020

Untuk Zulfikar Akbar
Di tempat

Assalamualaikum Zul
Apa kabar kamu disana? Sudah lama kita tidak bertemu, ya. Semenjak lulus SMP, kita tidak pernah bertemu laig. Zul, bagaimana keadaanmu di SMA Swasta Harpan? Apakah kamu bahagia bersekolah di sana? Pasti disana kamu banyak teman ya.

Alhamdullillah, Aku sekolah di SMA Negeri 2. Aku sangat senang! Walaupun hanya 8 orang dari SMP kita yang berhasil masuk SAMDU. Disini aku mendapatkan banyak teman baru yang baik-baik dan juga kakak kelas yang sayang pada adiknya. Apalagi dengan kakak OSIS dan MPK. Aku sangat kagum sekali dengan Putri Haula Natasha! Kalau kamu mau mendengarkan pengalamanku selama di SMANDU, aku bersedia menceritakannya. Atau, main saja ke rumahku nanti.

BTW, aku rindu banget pada SMP kita dan teman-teman kita waktu SMP. Apakah ada acara reunian angkatan 2019? Kalau tidak ada, kita buat acara sendiri aja, yuk. Kita undang semua teman-teman kelas 4A. Di bulan Juni kan banyak hari libur. Oh, iya kak Bima angkatan 2018 yang ganteng itu mencalonkan diri sebagai ketua OSIS lo!

Sekian dulu, ya zul! Sampai jumpa dilain hari!

Sahabatmu,
Annisha Veronica

Baca Juga: Contoh Daftar Riwayat Hidup Tulis Tangan

Surat Pribadi Bahasa Inggris

Surat Pribadi Bahasa Inggris

Klaten, January 21st, 2020

To my best friend Nur Markonah,
in Depok

Hi there, how are you doing? I hope you and your family healthy and cheerfuly. Here, me and my family also healthy anyway. It’s been a long tome we don’t meet, it’s about 5 years we never meet. I reallu miss would like to meet and play you again. I’m very pleased to be sending longing to this letter.

Markonah, what about your school? You would not have difficulty to get good grades because you are smart. Soon we confront the UN, how your preparation? Here I was busy all have so follow lessons and try out to get good grades. How about yourself?

Soon, the holidays. Do you have plan to vacation? where is it? If you has not plan to vacation, you can come here. We can play together here like before. If you want to play here, please let me know.

I wait for your reply. 

Your best friend,

Idrus

 

Baca Juga: Contoh Surat Perintah Tugas

Surat Pribadi Untuk Keluarga

Surat Pribadi Untuk Keluarga

Kalideres, 21 Januari 2020

Bima Sakti
di Kuala Lumpur

Assalamualaikum, Wr, Wb.

Gimana kabarnya disana bang? Semoga selalu diberikan kesehatan dan keselamatan oleh Allah SWT. Kabar keluarga disini sehat semua. Keluarga disini kangen berat bang. Kapan pulang? Si Nani nanyain abang terus tuh. Minta oleh-olehnya yang banyak katanya. Hehehe

Bang, Alhamdulillah adek dapat peringkat satu minggu lalu. Nilai ade juga yang paling tinggi disekolahan. Bahkan nilai matematika adek dinobatkan sebagai nilai matematika tertinggi se kabupaten, bang. Hebat bukan. Hehehe. Rencananya bulan depan adek mau ikut study tour ke Jogja. Ya, itung2 refreshing setelah berjuang belajar buat ujian nasional minggu lalu.

Ibu sama bapak titip pesan, sholat lima waktu dan ngajinya jangan ditinggal, istirahat yang cukup serta makan yang teratur. Sampai disini dulu ya bang, nanti dilanjut lagi. Oiya, awas kalau gak bales surat ini. Adek bakal ngambek. Jaga diri baik-baik disana ya bang. Keluarga bangga.

Adekmu tersayang,

Maya Sari

Surat Pribadi Untuk Orang Tua

Baca Juga: Contoh Surat Pribadi Bahasa Inggris

Hal hal yang perlu diperhatikan saat menulis surat pribadi:

  1. Dalam penulisan tanggal di dalam surat, kamu harus cantumkan juga kota tempat kamu menulis surat, tanggal, bulan, dan tahun.
  2. Penulisan alamat surat, sebaiknya kamu cantumkan nama orang penerima surat.
  3. Kalimat pembuka surat atau paragraf pembuka, gunakan kata sapaan khusus, seperti hai, halo, temanku, sahabatku, kakakku.
  4. Gunakan kata yang biasa kamu gunakan, tidak harus kalimat atau kata-kata yang formal, tetapi kamu tetap memperhatikan etika dan sopan santun dalam berbahasa yang baik.

Demikianlah contoh surat pribadi berbagai keperluan yang bisa kamu jadikan referensi dalam menulis surat pribadi yang baik dan benar. Semoga bermanfaat.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *