Cara Menganalisis Peluang Bisnis Yang Menguntungkan

Cara Menganalisis Peluang Bisnis Yang Menguntungkan
photo by unsplash/socialcut

Sering kita mendengar istilah peluang bisnis ada dimana saja. Sebagai entrepreneur, kita selalu mencari peluang bisnis apa yang dapat menguntungkan serta yang dapat bertahan lama. Lalu, bagaimana sih memanfaatkan peluang usaha sebaik mungkin? apa sebenarnya definisi peluang bisnis? Dan, apa saja karakteristik peluang usaha yang menguntungkan? Untuk memahaminya lebih dalam, mari kita ulas satu persatu secara rinci.

Definisi Peluang Bisnis

Kata “peluang usaha” terdiri dari dua kata, yaitu “peluang” yang berarti kesempatan dan bisnis yang berarti segala aktivitas dan upaya dengan memanfaatkan berbagai kekuatan dan sumber untuk mencapai tujuan yang diinginkan, umumnya dalam bentuk keuntungan finansial.

Sederhananya, definisi peluang bisnis adalah peluang yang dimiliki seseorang untuk mencapai tujuan (laba, uang, kekayaan) dengan melakukan bisnis menggunakan berbagai sumber daya yang dimiliki.

Menganalisis peluang bisnis ini menjadi hal yang paling penting sebelum memulai bisnis. Kita harus memikirkan beberapa langkah ke depan tentang masa depan bisnis yang kita jalankan. Faktanya adalah, kebanyakan pebisnis lebih memikirkan tren saat ini. Akhirnya, ketika pasar mudah jenuh, mereka menghadapi resiko kerugian besar.

Baca Juga: Analisis SWOT : Pengertian, Fungsi, Manfaat, Dan Contonya

Ciri dan Karakteristik Peluang Bisnis Yang Menguntungkan

Ada banyak peluang bisnis di sekitar kita, tetapi tidak semua memiliki potensi untuk menghasilkan keuntungan dalam jangka panjang. Berikut ini adalah beberapa karakteristik peluang bisnis yang potensial:

  • Memiliki nilai jual
  • Tidak hanya ambisi keuntungan semata, tetapi juga bersifat riil
  • Dapat bertahan lama dan berkelanjutan (sustainable)
  • Bukan jenis bisnis musiman
  • Skala bisnis dapat diperluas (scalable)
  • Tidak memerlukan modal yang terlalu besar
  • Bisnis ini menguntungkan

Dalam buku yang berjudul “Menangkap Peluang Usaha 2” karangan Almaizar Z, menjelaskan bahwa ada beberapa faktor penting yang harus dipertimbangkan agar perusahaan yang di bangun memiliki umur yang panjang. Salah satunya adalah melakukan serangkaian analisis seperti berikut:

A. Analisa Parsial

Analisis ini juga disebut analisis anggaran parsial (Partial Budgeting Analysis), yang digunakan untuk mengukur serangkaian perubahan yang terjadi dalam dunia bisnis. Secara umum, variabel yang diteliti hanya variabel dengan probabilitas perubahan tinggi, seperti biaya produksi, pendapatan, dan laba.

Ini merupakan analisis yang sangat penting untuk mengukur potensi peningkatan laba dan rugi bisnis. Idenya adalah bahwa pemilik bisnis harus melakukan proyeksi anggaran terlebih dahulu sehingga berbagai kerugian dan hambatan dapat dihilangkan di masa depan.

B. Analisis Komprehensif

Dalam pemaparan definisi peluang usaha di atas, analisis komprehensif sangat diperlukan. Analisis ini dilakukan secara mendalam. Tahapannya adalah sebagai berikut:

1. Analisa Kelayakan Produk

Produk harus dapat memenuhi kualifikasi dan standar pasar. Sebagai contoh, jika kita ingin menjual makanan frozen, maka mepertimbangkan kemasan, rasa setelah diawetkan merupakan hal yang sangat penting. Di sisi lain, analisis kelayakan produk ini juga penting jika Anda ingin menentukan daya tarik pelanggan. Analisa kelayakan Ini juga dapat digunakan sebagai referensi untuk mengidentifikasi sumber daya untuk keperluan produksi.

Yang paling penting adalah mencari data konsumen secara langsung, apa yang mereka inginkan dan apa yang belum sepenuhnya terpenuhi. Anda juga harus melihat sisi produksi, seberapa sulit dan berapa banyak bahan baku yang dibutuhkan. Hal Ini sering dikaitkan dengan tes kegunaan (usability testing) dan bukti konsep (concept testing) yang membahas ide, pangsa pasar, deskripsi produk, manfaat produk bagi konsumen, diferensiasi karakter yang membedakan produk dari produk pesaing, dan distribusi pemasaran.

Cara mudah untuk melakukan tes ini adalah membuat sejumlah kecil produk dan meminta orang-orang terdekat Anda untuk mengujinya dan kemudian mengevaluasinya. Lebih baik tidak diberitahu bahwa ini adalah produk Anda untuk mendapatkan umpan balik dan komentar yang jujur.

Baca Juga: Pengertian Strategi Pemasaran, Konsep, Ciri, Fungsi dan Tujuan

2. Analisa Kelayakan Industri

Nilai dari semua tampilan produk. Pahami juga kemungkinan lain, seperti pesaing yang siap mengungguli produk Anda, apakah mereka pendatang baru atau lama. Selain itu, daya tawar pembeli dan daya tawar supplier (pemasok) menjadi sangat penting.

Sekarang karakteristik industri yang menarik memiliki faktor:

  • Dapat tumbuh dan besar
  • Konsumen membutuhkannya
  • Industri masih muda
  • Margin keuntungan besar
  • Pesaing masih kecil
  • Jangkauan pasa yang luas

Tetapi tidak sedikit produk gagal mengalahkan pesaing karena mereka tidak membuat inovasi yang brilian.

3. Anaisa Kelayakan Organisasi

Dalam hal ini, Anda harus memikirkan hal-hal seperti, keterampilan manajemen, kompetensi organisasi Anda dari karyawan hingga manajer dan juga mempertimbangkan apakah Anda memiliki sumber daya manusia yang cukup.

4. Analisa Faktor Keuangan

Untuk menentukan peluang bisnis yang tepat, tentu saja diperlukan analisis finansial. Berapa banyak modal yang Anda butuhkan? Apa jenis kinerja keuangannya? Apakah bisnis ini memungkinkan untuk meningkatkan laba?

Nah, bagi wirausaha pemula, memahami definisi peluang bisnis sangat penting. Ada banyak peluang bisnis di luar sana. Tetapi apakah itu semua menguntungkan? Tergantung.

Banyak penjaja nasi pecel, penjual sepatu, kerudung, dll. Namun, dengan banyak penjual seperti ini, tentu saja, mereka memiliki pendapatan yang berbeda. Ini disebabkan oleh banyak faktor.

Bisa jadi salah satu melakukan analisis mendalam sebelum membuka bisnis, dan yang lain hanya menginginkan margin keuntungan dalam perdagangannya. Intinya adalah asal dapat keuntungan.

Baca Juga: Mengenal Pelaku Ekonomi dan Perannya Dalam Kegiatan Ekonomi

Contoh Peluang Bisnis Yang Menguntungkan Saat ini

Ada banyak contoh peluang bisnis yang dapat kita temukan hari ini. Salah satunya adalah bisnis online yang saat ini sedang tumbuh di Indonesia.

Ketika dijelaskan secara rinci, saat ini ada banyak peluang bisnis online. Yang pasti adalah bahwa penjualan layanan dan produk secara online di marketplace dan jejaring sosial sangat umum saat ini.

Beberapa peluang bisnis online yang sangat menguntungkan saat ini, diantaranya yaitu:

  • Menjadi reseller atau dropshiper
  • Content creator youtube
  • Menciptakan produk digital
  • Menjual design (artwork)
  • Jasa virtual assistant
  • Agensi web dan app developer
  • Berjualan di pasar digital (marketplace)
  • dan layanan lainnya

Kesimpulan

Memaksimalkan peluang bisnis online merupakan salah satu solusi bisnis yang bisa Anda terapkan saat ini. Dengan jangkauan yang sangat luas, Anda dapat menghasilkan income yang besar dari teknologi informasi internet yang sangat mudah kita akses. Selain itu, terjun kedunia bisnis online tidak mengharuskan kita mengeluarkan modal yang besar, namun keuntungan besar tetap dapat dirasakan.

1 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *