Fungsi dan Tugas Pemasaran

Fungsi-dan-Tugas-Pemasaran

Fungsi Pemasaran

Di dalam marketing atau pemasaran ada rangkaian kegiatan yang harus dilakukan untuk memenuhi kebutuhan dan kepuasan konsumen. Kegiatan pemasaran dapat berupa menciptakan produk, menentukan harga jual, menentukan tempat penjualan, dan mempromosikan produk tersebut kepada konsumen. Adapun beberapa fungsi dan tugas pemasaran, sebagai berikut:

1. Fungsi Pertukaran

Pemasaran memiliki fungsi sebagai media menukar produk dengan uang atau produk dengan produk. Komunikasi pemasaran yang efektif akan membuat konsumen dapat mengetahui dan membeli sebuah produk yang dijual oleh produsen. Produk tersebut bisa digunakan untuk keperluan pribadi ataupun dijual kembali untuk mendapatkan keuntungan.

2. Fungsi Distribusi Fisik

Proses pemasaran juga berfungsi sebagai bentuk distribusi fisik terhadap suatu produk, dimana distribusi tersebut terjadi dengan cara menyimpan atau mengangkutnya. Sedangkan proses pengangkutan bisa melalui darat, air, dan udara. Kegiatan penyimpanan produk berjalan dengan cara menjaga pasokan produk agar tetap tersedia ketika dibutuhkan.

3. Fungsi Perantara

Proses penyampaian produk dari produsen ke konsumen dilakukan melalui perantara pemasaran atau marketing yang menghubungkan kegiatan pertukaran dengan distribusi fisik. Adapun proses aktivitas perantara seperti kegiatan pembiayaan, klasifikasi produk, pencarian informasi, dan lain-lain.

Baca Juga: Jenis-Jenis Pemasaran

Tugas Pemasaran

Sebagai ujung tombak setiap perusahaan untuk menghasilkan kesuksesan. Tetapi sebagus apapun produk yang kamu ciptakan, tentu tidak akan sukses tanpa strategi pemasaran yang baik.

Untuk dapat mencapai tujuan perusahaan kamu harus memahami tugas umum dari pemasaran, adapun beberapa tugas pemasaran adalah sebagai berikut:

1. Memperkenalkan Produk

Tugas pertama dan terpenting dari kegiatan pemasaran adalah untuk memperkenalkan produk yang diciptakan oleh sebuah perusahaan kepada masyarakat.

2. Mencapai Target Penjualan

Penetapan target penjualan produk harus dilakukan sejak awal. Manajemen pemasaran (Baca: Pengertian Manajemen Pemasaran) harus merancang strategi untuk mencapai target tersebut.

Baca Juga: Ruang Lingkup Pemasaran

3. Memastikan Kepuasan Konsumen

Kepuasan konsumen (Consumer Satisfaction) merupakan hal terpenting dan menjadi prioritas dari tim pemasaran. Salah satu tolak ukur keberhasilan pemasaran adalah dengan konsumen merasa puas terhadap produk yang dipasarkan.

4. Membuat Strategi Lanjutan

Strategi lanjutan dimaksudkan untuk mendapatkan target profit yang lebih besar dari strategi pemasaran sebelumnya, misalnya menawarkan produk lainnya dengan harga diskon.

5. Bekerjasama Dengan Mitra

Membangun kerjasama dengan mitra kerja lainnya serta menjalin hubungan baik dengan masyarakat, khususnya pelanggan, dan menjembatani hubungan perusahaan dengan lingkungan eksternal.

Baca Juga:

6. Membuat Laporan Penjualan

Selain menjalin kerjasama dengan pihak eksternal perusahaan, tim marketing juga harus membuat rekap data penjualan dengan benar dan terstruktur. Data penjualan sangat dibutuhkan untuk menentukan target dan strategi pemasaran di masa mendatang.

Tanggung jawab yang dipikul oleh manajer pemasaran antara lain:

  • Melakukan riset, menganalisa data, dan mengidentifikasi target pasar.
  • Merancang, mengembangkan dan mengawasi strategi pemasaran.
  • Merancang serta menyajikan ide pemasaran dengan strateginya.
  • Mengumpulkan dan mendistribusikan informasi statistik dan keuangan.
  • Update database serta memanfaatkan CRM (Customer Relationship Management).
  • Menyelenggarakan event dan pameran.
  • Melakukan aktivitas promosi.
  • Membuat dan menjalankan website perusahaan serta memikirkan strategi kampanye online.
  • Melakukan kampanye di sosial media.
  • Pengkoordinasian budaya marketing secara internal dan organisasi.
  • Mengawasi performa pemasaran.

Naah, dengan memahami fungsi dan tugas pemasaran dapat memberikan kamu pengetahuan dan wawasan seputar manajemen pemasaran. Semoga bermanfaat.

1 Shares:
1 comment
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *