Fungsi dan Tujuan Akuntansi Manajemen

Fungsi Akuntansi Manajemen

Setelah memahami pengertian akuntansi manajemen (Baca: Pengertian Akuntansi Manajemen Menurut Para Ahli), ada beberapa fungsi dan tujuan dari akuntansi manajemen. Fungsi utamanya adalah penyajian data dan informasi penting yang berkaitan dengan data historis dalam melakukan proses manajemen, di antaranya yaitu:

  • Perencanaan (Planning)
  • Pengorganisasian (Organizing)
  • Pengendalian (Controlling)
  • Pengarahan (Directing)
  • Evaluasi Kinerja (Performance Evaluating)

Manajer keuangan akan membutuhkan informasi aktivitas keuangan perusahaan, seperti pendanaan modal kerja, beban biaya cost of fund terhadap modal kerja yang dibutuhkan perusahaan, tingkat pengembalian modal (ROI), investasi, rasio keuangan (Financial Ratio) dan lain-lain.

Selain itu, manajemen produksi (Baca: Pengertian Manajemen Produksi) membutuhkan data rincian harga pokok produksi (HPP) atau dikenal juga sebagai cost of good sold. Termasuk juga di antaranya adalah total biaya produksi, biaya per unit produk, biaya overhead, beban tenaga kerja dan lain-lain dalam proses produksi.

Manajemen pemasaran (Baca: Pengertian Manajemen Pemasaran) juga membutuhkan data dari seluruh komponen biaya dalam penetapan harga jual produk, penentuan sistem penjualan, beban komisi penjualan, biaya pemasaran (marketing fee) dan informasi nilai diskon produk tertentu. Semua data tersebut berpengaruh pada peningkatan volume penjualan dan data tersebut bersumber dari akuntansi manajemen.

Baca Juga: Fungsi dan Tujuan Manajemen Persediaan

Top level manajemen juga membutuhkan rangkaian data dan informasi di atas dalam pengambilan keputusan strategis bagi perusahaan, seperti dalam penyusunan anggaran, ekspansi usaha, diversifikasi produk, serta aneka kebijakan investasi.

Dapat disimpulkan bahwa fungsi akuntansi manajemen sebagai penyedia data-data internal perusahaan yang akan mempengaruhi pada peningkatan volume penjualan perusahaan. Sementara itu ruang lingkup akuntansi manajemen hanya terbatas pada internal perusahaan, tidak seperti akuntansi keuangan yang menjangkau lingkungan eksternal perusahaan.

Tujuan dan Manfaat Akuntansi Manajemen

Membahas akuntansi manajemen berarti membahas manfaatnya. Ada beberapa manfaat yang didapatkan perusahaan dan manajer perusahaan serta oleh perusahaan secara keseluruhan. Berikut ini manfaatnya, sebagai berikut:

1. Menyusun perencanaan anggaran yang efektif

Setiap bisnis membutuhkan perkiraan dana agar kegiatan bisnis bisa terus berjalan. Jadi, setiap aktivitas bisnis harus disertai estimasi anggaran dana yang dibutuhkan. Anggaran dana tersebut biasanya disiapkan per tahun dan setiap perusahaan berbeda dengan perusahaan lain.

2. Sebagai proses pengawasan serta pengendalian

Dalam manajemen bisnis, praktik penyimpangan sangat rentan terjadi seperti pengeluaran dana bisnis di atas anggaran, kesalahan prosedur kerja, manajemen operasional (Baca: Pengertian Manajemen Operasional) tak sesuai standar, dan lainnya. Beberapa masalah tersebut menyebabkan kegiatan usaha menjadi terhambat dan mengakibatkan kerugian materiil. Proses pengawasan dan pengendalian sangat dibutuhkan untuk menghindari permasalah tersebut terjadi. Manfaat akuntansi manajemen akan menyajikan suatu sistem informasi (Baca: Sistem Informasi Manajemen) untuk mengatasi permasalahan atas penyimpangan-penyimpangan tersebut.

Baca Juga: Tahapan dan Karakteristik Manajemen Proyek Beserta Contohnya

3. Sebagai Acuan Operasional Perusahaan

Sebagai acuan operasional untuk menciptakan sistem kerja efektif dan efisien. Hal ini akan terbantu dengan adanya akuntansi manajemen. Manajer membutuhkan informasi yang disediakan akuntan dalam memimpin dan menjalankan operasional perusahaan.

4. Akuntansi Manajemen Sebagai Acuan Pengambilan Keputusan

Akuntansi manajemen sebagai acuan dalam proses pengambilan keputusan terkait penyelesaian masalah operasional perusahaan. Standar Operasional Prosedur (SOP) yang diterapkan pihak manajemen umumnya tidak selalu berjalan mulus. Manajer dituntut dalam menyelesaikan permasalahan yang muncul meminimalisir kerugian yang timbul. Dengan informasi dari akuntansi manajemen dapat membantu pengambilan keputusan. Tanpa data dan informasi tersebut, manajer akan kesulitan dalam menentukan keputusan yang tepat.

Dengan memahami fungsi dan tujuan akuntansi manajemen akan memudahkan manajer dalam membuat keputusan atas operasional perusahaa. Semoga bermanfaat.

1 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *