fbpx
Fungsi-dan-Tujuan-Sistem-Informasi-Manajemen

Fungsi dan Tujuan Sistem Informasi Manajemen

Fungsi Sistem Informasi Manajemen

Fungsi dan tujuan dari sistem informasi manajemen yang setiap organisasi atau perusahaan harus ketahui untuk menghadapi kompleksitas bisnis yang tinggi. Tanpa informasi yang tepat, sulit bagi organisasi untuk mengambil langkah yang benar dalam proses pengambilan keputusan.

Berdasarkan faktor diatas, berikut ini fungsi dan tujuan sistem informasi manajemen pada setiap entitas bisnis.

1. Pengambilan Keputusan

Sistem ini berperan penting dalam proses pengambilan keputusan di perusahaan. Karena dalam organisasi keputusan apapun dibuat berdasarkan informasi yang relevan dihasilkan dari sistem informasi.

Baca Juga: Pengertian Sistem Informasi Manajemen Menurut Para Ahli

2. Koordinasi antar Departemen

Sistem informasi juga membantu dalam membangun hubungan antara setiap orang dari departemen ke departemen melalui pertukaran informasi yang tepat dan efektif.

3. Menemukan Masalah

Sistem informasi memberikan informasi yang relevan tentang setiap aspek kegiatan. Jadi, jika ada kesalahan yang dibuat oleh manajemen maka sistem informasi manajemen membantu dalam mencari solusi dari masalah yang terjadi.

4. Membandingkan Kinerja Bisnis

Sistem informasi menyimpan semua history data dan informasi dalam basis data-nya. Itu sebabnya sistem informasi sangat berguna untuk membandingkan kinerja bisnis.

Dengan bantuan sistem informasi yang terintegrasi, perusahaan dapat menganalisis kinerjanya, apapun yang dilakukan tahun lalu atau tahun-tahun sebelumnya, dan kinerja bisnis pada tahun berjalan. Hal lainnya adalah mengukur pengembangan dan pertumbuhan perusahaan.

Baca Juga: Kategori dan Manfaat Sistem Informasi Manajemen

Tujuan Sistem Informasi Manajemen

Sesuai dengan definisi para ahli, sebagai salah satu bentuk strategi di dalam internal perusahaan maka penerapan sistem informasi manajemen memiliki beberapa tujuan, sebagai berikut:

  • Pengumpulan data dapat menyediakan informasi yang bisa mendukung pengambilan keputusan.
  • Informasi sebagai perencanaan, pengendalian, evaluasi dan juga perbaikan lanjutan.
  • Sistem informasi sebagai dasar untuk perhitungan harga produk, jasa maupun untuk tujuan lainnya sesuai yang diinginkan manajemen.

Setelah memahami definisi sistem informasi manajemen (Baca: Pengertian Sistem Informasi Manajemen) penting untuk kamu juga pahami tujuan dan fungsi sistem informasi manajemen. Semoga bermanfaat.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *