Menu

Fungsi Manajemen Menurut Ahli

Manajemen merupakan serangkaian tahap kegiatan mulai dari awal melakukan kegiatan sampai akhir tercapainya tujuan kegiatan. Berikut ini pembagian fungsi manajemen menurut para pakar manajemen.

1. Fungsi Manajemen Menurut Dalton E.M.C. Farlan (1990)

Dalam buku “Management Principles and Management” Dalton E.M.C. Farlan membagi fungsi manajemen menjadi 3, yaitu:

  1. Perencanaan (Planning)
  2. Pengorganisasian (Organizing)
  3. Pengawasan (Controlling)

2. Fungsi Manajemen Menurut George R. Ferry (1990)

Dalam buku “The Principles of Management” George R. Ferry membagi fungsi manajemen menjadi 4, yaitu:

  1. Perencanaan (Planning)
  2. Pengorganisasian (Organizing)
  3. Pengawasan (Controlling)
  4. Pelaksanaan (Actuating)

3. Fungsi Manajemen Menurut H. Koontz & O’Donnel (1991)

Dalam buku “The Principles of Management” George R. Ferry membagi proses dan fungsi manajemen menjadi 4, yaitu:

  1. Perencanaan (Planning)
  2. Pengorganisasian (Organizing)
  3. Pengawasan (Controlling)
  4. Pengarahan (Directing)

Baca Juga:

Penjelasan Fungsi-Fungsi Manajenen

Berikut ini penjelasan fungsi-fungsi manajemen.

1. Fungsi Perencanaan (Planning)

Fungsi yang pertama adalah perencanaan. Secara harfiah perencanaan adalah proses pengambilan keputusan yang digunakan sebagai dasar kegiatan-kegiatan ekonomis serta efektif pada masa mendatang. Pada fungsi perencanaan, tim manajemen harus menetapkan tujuan organisasi atau perusahaan, menentukan langkah-langkah yang akan diambil, merumuskan risiko dan hambatan yang akan ditemui.

Poin terpentinya adalah pada fungsi perencanaan ini manajemen harus memiliki visi kedepan mengenai arah organisasi atau perusahaan yang akan dijalankan.

2. Fungsi Pengorganisasian (Organizing)

Fungsi pengorganisasian diartikan sebagai proses menciptakan hubungan-hubungan antar fungsi, personalisasi serta faktor fisik dengan tujuan kegiatan terlaksana, disatukan dan diarahkan pada pencapaian tujuan yang telah ditetapkan sebelumnya.

3. Fungsi Pengarahan (Directing)

Fungsi ini yang menstlimulir tindakan-tindakan agar benar-benar telaksana. Fungsi pengarahan termasuk dalam bagian dari Leading. Manajemen dituntut dapat memberikan pengarahan terkait visi dan misi perusahaan, langkah-langkah, prinsip-prinsip yang dianut, serta agar tugas setiap departemen dan divisi dalam organisasi lebih terarah dan selaras dengan tujuan yang telah ditetapkan.

4. Fungsi Pengawasan (Controlling)

Seluruh kegiatan organisasi yang telah dilakukan harus diawasi dengan tujuan agar tetap pada arah yang telah ditentukan sebelumnya. Fungsi pengawasan pada hakekatnya mengatur apakah aktivitas organisasi sesuai dengan persyaratan-persyaratan yang telah direncanankan.

Pada Tahap ini juga dilakukan pengawasan untuk menghindari resiko-resiko yang mungkin terjadi. Pengawasan dimaksudkan untuk mengukur sejauh mana hasil yang telah dicapai perusahaan dan membandingkan dengan apa yang telah direncanakan sebelumnya.

5. Fungsi Pengkoordinasi (Coordinating)

Fungsi koordinasi dalam manajemen bertujuan agar setiap usaha-usaha yang dilakukan anggota terlaksana dengan harmonis dan terintegrasi dengan baik untuk mencapai tujuan perushaan atau organisasi.

Dalam fungsi koordinasi dibutuhkan adanya interaksi dan saling tukar informasi, agar roda organisasi dapat terus berjalan.

6. Fungsi Penganggaran (Budgeting)

Sebenarnya fungsi penganggara bagian dari perencanaan, tetapi lebih spesifik pada perencanaan keuangan. Setelah manajemen membuat perencanaan mengenai langkah-langkah yang akan dilakukan, selanjutnya adalah pembuatan perencanaan keuangan untuk menjalankan roda perusahaan. Manajemen perlu membuat rencana anggaran dasar seperti, pengeluaran, arus kas, serta proyeksi mengenai sumber pemasukan perusahaan.

7. Fungsi Pelaporan (Reporting)

Yang terakhir adalah pelaporan kepada stakeholder atau pihak yang berkepentingan. Seluruh tahapan organisasi mulai dari planning sampai coodinating haris dilaporkan. Stakeholder disini biasanya adalah pemegang saham, komisioner, dan pemerintah.

Tujuan Manajemen

Menurut George R. Terry tujuan manajemen ialah sesuatu yang ingin dicapai yang meliputi jangkauan tertentu. Dan untuk menunjukan arah kegiatan yang harus dilakukan. Dalam sebuah perusahaan atau organisasi, biasanya mempunyai beberapa tujuan, diantaranya sebagai berikut:

  • Tujuan jangka pendek (proximate). Misalnya, tujuan pekerjaan, tujuan gerak dan tujuan tugas.
  • Tujuan jangka menengah (intermediate). Misalnya, tujuan produksi, tujuan pemasaran, tujuan keuangan dan lainnya.
  • Tujuan jangka panjang (ultimate). Misalnya, perekrutan karyawan dan penyedian lapangan pekerjaan.

Demikian pembahasan fungsi manajemen & tujuan manajemen. Semoga bermanfaat.

Fungsi Manajemen Menurut Ahli