Apa itu CEO? Tugas dan Peran Pentingnya Dalam Perusahaan

Apa itu CEO Tugas dan Peran Pentingnya Dalam Perusahaan
photo by unsplash/austindistel

Perusahaan yang memiliki CEO yang kompeten akan dengan cepat merebut dan memenangkan persaingan pasar. CEO merupakan ujung tombak perusahaan dalam menjalankan bisnisnya. Lalu, apa itu CEO? Apa arti CEO? Apa fungsi dan peran CEO di perusahaan? Dan, apa tugas dan tanggung jawab seorang CEO terhadap perusahaannya? Untuk menjawabnya, mari kita ulas satu persatu lebih rinci.

Arti CEO

CEO adalah Chief Executive Officer, yaitu sebuah jabatan di perusahaan sama seperti Direktur Eksekutif Tertinggi, di Indonesia. Mengacu pada definisi tersebut, arti CEO adalah posisi eksekutif tertinggi dalam perusahaan yang bertanggung jawab penuh atas jalannya perusahaan yang dinaunginya. Dengan kata lain, CEO juga sering disamakan dengan posisi presiden direktur atau Managing Director. Tetapi tidak sedikit perusahaan juga memiliki posisi Presiden dan CEO dengan orang yang berbeda. Secara umum, di perusahaan yang menggunakan dua posisi ini, presiden direktur bertindak sebagai mitra dalam mengevaluasi operasi perusahaan yang dikelola oleh CEO.

Secara umum, tugas seorang CEO meliputi semua kegiatan organisasi, dimulai dengan membentuk visi dan misi, menentukan strategi dan menentukan bagaimana keseluruhan manajemen perusahaan. Dari pemaparan arti CEO di atas, kita dapat memahami bahwa peran CEO sangat penting dan dia memiliki tanggung jawab yang sangat besar.

Baca Juga: Pengertian Wiraswasta dan Peran Wiraswasta Dalam Kegiatan Ekonomi

Peran Penting CEO dalam Perusahaan

Seorang CEO memainkan peran yang sangat penting dalam perjalanan perusahaan dan dapat menentukan apakah perusahaan berhasil atau mengarah pada kehancuran. Mengacu pada pengertian CEO, berikut ini beberapa peran CEO dalam perusahaan, yaitu sebagai berikut:

1. Perencanaan Tujuan Perusahaan (Planning)

CEO berperan penting dalam menyusun perencanaan bisnis suatu perusahaan, serta mengukur dan mengevaluasi profitabilitas rencana tersebut. Selain itu, CEO juga bertanggung jawab untuk memantau kinerja masing-masing departemen agar bekerja sesuai dengan visi dan misi perusahaan.

2. Membangun Tim Yang Solid dan Kompeten

Tim yang kuat dan solid tidak terbentuk begitu saja, tetapi peran CEO lah yang mempengaruhinya. Dalam hal ini, seorang CEO harus dapat melihat potensi karyawan serta menjadi jembatan antara karyawan dan dewan direksi perusahaan yang dikelolanya.

3. Membangun Budaya Kerja Yang Positif dan Efektif

Lingkungan kerja di suatu perusahaan juga merupakan sesuatu yang penting yang harus diperhatikan oleh seorang CEO. Budaya kerja yang dibangun oleh CEO merupakan salah satu variabel penting dalam kesuksesan perusahaan. Setiap pesan yang disampaikan oleh CEO kepada karyawannya akan sangat berarti dan akan mempengaruhi kinerja karyawannya. Selain itu, CEO juga harus tahu dan dapat memeriksa apa yang terjadi di perusahaan terkait masalah personalia karena akan mempengaruhi budaya kerja dan produktivitas perusahaan.

4. Representasi Perusahaan

Peran CEO menjadi sangat krusial dalam hal kualitas produk dan citra perusahaan yang diwakilinya. Bisa dibilang, CEO adalah wajah perusahaan, sehingga keberadaannya di publik akan mempengaruhi opini publik terhadap perusahaan atau produk.

5. Alokasi Anggaran Belanja Perusahaan

Dalam menjalankan rencana investasi keuangan perusahaan harus melalui proses analisis dan evaluasi yang ketat dan teliti, sehingga distribusi anggaran proyek sesuai dengan target yang telah ditetapkan. Tugas ini adalah tanggung jawab seorang CEO, sehingga risiko dan manfaat perusahaan di masa depan adalah tanggung jawab seorang CEO.

Tugas dan Tanggung Jawab CEO

Setelah membahas arti dan peran CEO dalam sebuah perusahaan, berikut adalah beberapa tugas dan tanggung jawab posisi CEO, diantaranya yaitu:

Tugas CEO

  • Merencanakan dan mengelola sumber daya manusia di lingkungan perusahaan .
  • Melakukan analisis terhadap semua lini fungsional di perusahaan yang dipimpin CEO.
  • Perencanaan anggaran, menganalisis posisi keuangan, dan menjalankan strategi pemasaran.
  • Memenej dan mengelola perusahaan sebaik mungkin untuk mencapai tujuan dengan mengalokasikan biaya seefektif mungkin.
  • Membuat rencana strategi bisnis berdasarkan visi dan misi perusahaan.
  • Menjaga keunggulan perusahaan terhadap persaingan.
  • Menganalisa semua masalah yang ada di lingkungan perusahaan di berbagai divisi.

Tanggung Jawab CEO

  • Mengelola perusahaan dengan kemampuan terbaiknya dan patuhi semua kebijakan yang sudah berlaku bagi perusahaan.
  • Memantau pekerjaan semua karyawan.
  • Menyetujui anggaran tahunan perusahaan yang disepakati.
  • Membuat laporan dan mempresentasikannya di depan pemegang saham (shareholder).

Baca Juga: Pengertian Biaya Produksi dan Cara Menghitung Biaya Produksi

3 Tips Menjadi CEO Yang Hebat

Saat CEO melaksanakan aktivitas manajerial yang lebih mekanis, kepemimpinan adalah keterampilan soft skill yang lebih sulit untuk dieksekusi oleh CEO. Berikut ini adalah tugas yang menjadikan CEO memiliki sifat kepemimpinan yang hebat bagi tim dan perusahaannya.

1. People Oriented

Ketika berbicara tentang orang (human resource), kita merujuk pada tiga rangkaian kegiatan:

  • Memberdayakan. Sebagai CEO perlu dengan cepat menyeleksi sumber daya manusia yang dibutuhkan oleh perusahaan. Dengan memiliki SDM yang kompeten perusahaan akan lebih mudah dalam mencapai tujuan yang telah ditetapkan. Hal ini juga harus berbanding lurus untuk segera mengeluarkan SDM yang tidak memiliki kinerja yang baik untuk perusahaan.
  • Peduli. Peduli dan memiliki empati terhadap masalah yang terjadi pada karyawan bagian terpenting dari kepemimpinan. Ketika seorang CEO peduli dengan karyawannya, maka karyawan akan peduli dengan pekerjaan, klien, dan perusahaannya.
  • Mendengarkan. Menjadi CEO yang baik adalah menjadi pendengar yang baik pula. CEO harus sering bertemu dengan karyawan, misalnya bertemu saat istirahat makan siang atau dalam meeting dan memungkinkan untuk memulai pembicaraan dan berbagi pendapat.

2. Memiliki Visi Yang Kuat

Visi adalah alasan “mengapa” keberadaan perusahaan ada. CEO perlu mengetahui bahwa pemangku kepentingan yang paling penting adalah karyawan karena mereka adalah aset yang paling berharga perusahaan. Sebagai CEO harus dapat membagi visinya kepada semua jajaran perusahaan, karena dengan cara itu karyawan mengetahui alasannya bekerja di perusahaan yang CEO pimpin. Bayangkan jika perusahaan memiliki karyawan yang tidak mengetahui visi perusahaan, bisa dipastikan karyawan tersebut tidak loyal dan tidak memiliki komitmen akan profesinya.

3. Budaya Kerja

Ada 4 hal penting yang CEO harus kuasai dalam membangun budaya kerja, yaitu:

  • Membangun budaya kerja yang kolaboratif adalah kunci keberhasilan perusahaan. Ini merupakan tugas utama CEO untuk menciptakan budaya kerja yang kolaboratif sehingga para karyawan dapat bekerja sama dalam membangun perusahaan.
  • Menciptakan transparansi agar setiap jajaran karyawan dan manajemen mengetahui permasalahan yang mungkin perusahaan alami. Transparansi merupakan cara yang paling tepat dalam mengetahui dan mencari solusi atas permasalah yang dihadapi.
  • Membangun kesadaran diri kepada semua karyawan. Seorang CEO harus dalam membangun kesadaran diri agar setiap karyawan dapat mengeluarkan semua potensinya dalam meraih tujuan perusahaan dan tujuan pribadinya.
  • Menyebarkan optimisme, ini merupakan hal harus dilakukan setiap hari agar para karyawan dapat menyerap energi positif pemimpinnya. Sebagai CEO haru optimis pada semua langkah dan strategi yang telah dijalankannya.

Baca Juga: Mengenal Pelaku Ekonomi dan Perannya Dalam Kegiatan Ekonomi

Contoh perusahaan terkenal

Di Indonesia ada banyak perusahaan yang dikelola oleh CEO yang kompeten. Berikut ini sederatan nama top CEO / Managing Director di Indonesia, yaitu sebagai berikut:

Nama CEOPerusahaan
William TanuwijayaTokopedia.com
Ferry UnardiTraveloka.com
George HendrataTiket.com
Kusumo MartantoBliBli.com
Muhammad Alfatih TimurKitabisa.com
Andre SoelistyoGojek
dan masih banyak lagi

Kesimpulan

Mengacu pada arti CEO, ternyata jabatan CEO adalah ujung tombak perusahaan dalam menjalankan aktivitas bisnisnya. Peran CEO sangat central, dimana CEO merupakan nahkoda yang mengendalikan kapan agar dapat mencapai tujuan dengan aman dan berhasil.

0 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *