fbpx

Hambatan Komunikasi Dalam Manajemen

Hambatan komunikasi dalam manajemen yang menyebabkan buruknya kinerja dan produktivitas karyawan di perusahaan. Dengan jalur komunikasi yang baik pesan atau informasi akan menstimulasi semua lini dalam organisasi untuk menjalankan fungsi-fungsi manajemen dengan efektif. Komunikasi yang didefinisikan sebagai suatu proses berbagi informasi dan pesan diantara 2 orang atau lebih untuk mencapai pengertian yang sama.

Hambatan Komunikasi di Dalam Proses Manajemen

Dilansir dari ilmu-ekonomi-id.com ada 4 hambatan komunikasi dalam organisasi dimana akan dijabarkan seberapa efektif proses komunikasi dalam manajemen.

1. Hambatan Proses

Setiap tahapan dalam proses komunikasi adalah hal yang penting untuk mencapai komunikasi yang efektif. Langkah yang terhambat atau terhalang akan memutuskan jalur komunikasi. Kompleksitas dari proses komunikasi itu sendiri merupakan permasalah tersebesar sebagai penyebab penghalang komunikasi.

Baca Juga:

2. Hambatan Fisik

Hambatan fisik adalah penghalang komunikasi yang berbentuk objek fisik. Seperti, jarak yang terlalu jauh, perbedaan zona waktu untuk komunikasi global. Permasalah ini dapat diminimalisir dengan bantuan ekologis organisasi, misalnya dengan mendesain ulang sistem komunikasi yang digunakan.

3. Hambatan Psikologis

Hambatan psikologis dan sosial budaya ini cukup banyak terjadi pada proses manajemen. Contoh kasusnya seperti, mood seseorang yang kurang baik saat komunikasi terjadi, latarbelakang pendidikan yang berbeda, persepsi, kebutuhan, nilai yang dianut, harapan, bahkan kecenderungan pada salah satu pihak yang sedang bermasalah.

4. Hambatan Semantik

Hambatan ini terjadi karena penggunaan atau pemilihan kata-kata yang kurang tepat. Kata-kata yang digunakan haruslah sesuai agar komunikasi berjalan efektif, walaupun itu sedikit menyulitkan. Kasus yang sering terjadi adalah ketika seorang manajer produksi yang kesulitan berkomunikasi dengan bagian diluar spesialisasinya karena penggunaan kata-kata yang bersifat teknis. Perilaku dan reaksi orang lain dapat menunjukan adanya penghalang semantik.

Naaah sudah pahamkan penyebab hambatan komunikasi dalam manajemen yang mungkin terjadi. Semoga artikel ini bermanfaat.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *