Menu

Jenis-Jenis Pemasaran

Jenis-Jenis-Pemasaran

Jenis-Jenis Pemasaran Untuk Perusahaan

Setelah memahami definisi pemasaran (Baca: Pengertian Pemasaran Menurut Para Ahli), fungsi dan tugasnya, selanjutnya adalah kamu juga perlu mengetahui jenis-jenis pemasaran. Ternyata pemasaran tidak hanya terbatas pada pengenalan produk saja, pembagiannya juga sangat luas dan efeknya juga bermacam-macam.

Seperti contohnya memasarkan produk kecantikan. Dengan memaksimalkan strategi pemasaran via sosial media misalnya melakukan iklan di Instagram akan menghasilkan efek yang berbeda dibanding hanya memasang baliho di seberang jalan.

Baca Juga: Ruang Lingkup Pemasaran

Untuk dapat merancang dan menjalankan strategi pemasaran yang tepat sebaiknya kamu mengenali jenis-jenis marketing yang berkembang sekarang. Adapun jenis-jenis pemasaran diantaranya adalah:

1. Word of Mouth Marketing (WoMM)

Word of mouth marketing adalah calon konsumen mendapatkan informasi produk dari customer lain secara verbal dan langsung. Promosi dari mulut ke mulut disampaikan secara oral dan ia sangat ingin membagikan informasi penting tersebut pada orang lain. Strategi sangat ampuh untuk beberapa jenis produk seperti produk-produk makanan (id.wikipedia).

2. Public Relation Marketing (PR Marketing)

Public Relations merupakan jenis pemasaran yang paling penting. Banyak sekali perusahaan yang bekerjasama dengan media untuk meningkatkan brand awareness (kesadaran produk) produk mereka dan benefit yang dimiliki saat produk ini dimiliki oleh konsumen.

3. Relationship Marketing

Membangun hubungan dengan konsumen sebagai cara paling efektif untuk memasarkan produk. Banyak yang berpendapat bahwa relationship marketing adalah cara yang sangat efektif. Alasannya, ketika loyalitas pelanggan telah terbangung maka ketika perusahaan meluncurkan produk baru pelanggan tersebut dengan sukarela membeli produk tersebut.

Baca Juga: Fungsi dan Tugas Pemasaran

4. Digital Marketing

Digital marketing memanfaatkan semua sumber daya dan asetnya melalui online. Dengan platform internet marketing memaksimalkan segala potensi yang ada untuk dapat mencapai target perusahaan. Selain itu digital marketing juga cara yang efektif untuk membangun brand dengan biaya yang rendah.

Dengan memahami jenis-jenis pemasaran secara lengkap kamu akan mudah dalam menentukan platform pemasaran apa yang tepat untuk bisnis kamu. Jadi, alokasi biaya pemasaran lebih terukur dan efektif serta tujaun perusahaan dapat tercapai. Semoga bermanfaat.

Jenis-Jenis Pemasaran