Kenali Penyebab Ketiak Hitam, dan Bagaimana Cara Penanganannya?

Kenali Penyebab Ketiak Hitam dan Bagaimana Cara Penanganannya?
Photo by Billie on Unsplash

Secara alami, warna ketiak kita harus memiliki warna yang sama dengan kulit yang lain. Namun terkadang, kulit di ketiak bisa berubah warna menjadi lebih gelap atau menghitam. Ketiak yang gelap umumnya bukanlah pertanda sesuatu yang serius, tetapi bagi sebagian orang mungkin hal ini dianggap sebagai hal memalukan, terutama bagi kaum hawa yang suka memakai tank top atau pakaian berlengan pendek. Tentunya kondisi ini tidak terjadi begitu saja, ada beberapa faktor penyebab ketiak hitam yang membuat kamu menjadi tidak percaya diri.

Penggelapan ini sering kali disebabkan oleh kondisi kulit yang disebut Acanthosis Nigricans (AN). Kondisi tersebut menyebabkan kulit menebal dan menggelap di lipatan di sekitar tubuh. Adapun bagian kulit yang umum menghitam, seperti di area:

  1. Ketiak
  2. Belakang leher/pundak
  3. Selangkangan
  4. Siku dan lutut

Selain itu, kondisi seperti ini akan membuat kulit terasa gatal atau menimbulkan bau khas di area tersebut.

Menurut dari data PubMed Central yang diterbitkan 2014, memaparkan bahwa 7 hingga 74 persen orang mengalami kondisi Acanthosis Nigricans (AN). Ada beberapa kemungkinan faktor penyebab ketiak hitam seringkali yaitu seperti ras, riwayat kesehatan, dan genetik.

Apa Penyebab Utama Kulit Ketiak Hitam, dan Siapa Saja Yang Bisa Mengalaminya?

Warna kulit manusia ditentukan oleh sel pigmen yang bernama melanosit. Ketika sel tersebut berkembang biak lebih banyak dari normalnya, maka hal ini dapat mengubah warna kulit menjadi lebih hitam.

Ketiak hitam dapat dialami oleh siapa saja, tetapi beberapa orang memiliki risiko yang lebih tinggi. Orang yang memiliki kulit lebih gelap lebih cenderung mengalami penggelapan di ketiak mereka daripada orang dengan kulit lebih terang.

Acanthosis Nigricans (AN) terkadang dapat diturunkan dalam keluarga. Seseorang dapat diwariskan kondisi ini melalui struktur gen. Cenderung memiliki bercak hitam di kulit dapat diwariskan dari orang tua, saudara kandung, atau kerabat dekat lainnya.

Walaupun bersifat genetik atau terkait dengan kondisi kesehatan yang mendasarinya, ada beberapa bukti yang menunjukkan bahwa kebiasaan mencukur di bagian ketiak juga bisa menjadi penyebabnya. Diperkirakan bahwa iritasi akibat pencukuran atau pencabutan berulang dapat merangsang produksi melanosit berlebih.

Cara yang cukup ampuh untuk menghindari iritasi pada area ketiak, lumasi kulit dengan sabun lembut atau krim cukur sebelum bercukur. Oleskan krim pelembab tanpa pewangi setelah mencukurnya.

Selain faktor-faktor penyebab ketiak hitam yang telah dijelaskan sebelumnya, ada kondisi lain yang bisa menyebabkan penggelapan di area kulit, diantaranya:

1. Obesitas (kegemukan)

Memiliki berat badan ekstra membuat tubuh kamu lebih tahan terhadap efek insulin. Hormon ini membantu mengatur gula dalam darah manusia. Nah, kadar insulin yang tinggi dalam darah tersebut dapat menyebabkan peningkatan produksi sel pigmen kulit.

Berdasarkan data dari Indian Journal of Dermatology, menjelaskan bahwa lebih dari setengah orang dewasa yang memiliki berat badan 200% atau lebih di atas berat badan ideal, mereka mengalami penggelapan di area ketiak dan lipatan kulit lainnya. Selain itu obesitas juga dapat menyebabkan penyakit diabetes

2. Gangguan hormon

Beberapa kondisi lain yang akan mengganggu kadar insulin yang menyebabkan meningkatnya produksi sel pigmen kulit, yaitu:

  • Sindrom ovarium polikistik
  • Sindrom Cushing
  • Akromegali (kelebihan hormon pertumbuhan)
  • Hipotiroidisme (kekurangan hormon tiroid)

3. Diabetes tipe 2

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, obesitas juga merupakan salah satu faktor penyebab diabetes tipe 2 (penyakit gula darah tinggi). Orang yang mengidap diabetes tipe 2 juga memiliki resiko peningkatan acanthosis nigricans (an).

4. Penyakit kanker

Kasus ini memang jarang ditemui, kulit yang menggelap secara tiba-tiba bisa menjadi tanda adanya kanker. Jika kondisi ini terjadi, sering kali akan mempengaruhi perut, hati, atau usus besar. Tumor ini memicu meningkatnya tingkat faktor pertumbuhan yang merangsang sel pigmen kulit.

Ketika AN disebabkan oleh kanker, dalam dunia kedokteran kondisi disebut malignant acanthosis nigricans. Akan ada bercak-bercak hitam di sekitar bagian mulut.

5. Efek samping dari penggunaan obat-obatan

Penggunaan obat-obatan tertentu dapat meningkatkan kadar insulin dalam tubuh, yang hal ini akan menyebabkan ketiak hitam. Berikut ini beberapa yang termasuk kedalam obat-obat yang menyebabkan AN:

  • Suntik insulin
  • Kortikosteroid, seperti prednison (Rayos)
  • Hormon pertumbuhan
  • Pil KB
  • Niasin dosis tinggi (Niacor)

Bagaimana Cara Mencerahkan Kulit Ketiak Hitam?

Pada prinsipnya, dengan mengobati kondisi medis yang menyebabkan ketiak hitam akan memperbaiki masalahnya. Dengan kombinasi obat-obatan dan pengobatan rumahan dapat membantu mencerahkan kembali warna kulit ketiak kamu. Berikut ini beberapa treatment yang dapat kamu lakukan dengan mudah dan efektif.

1. Memutihkan kulit ketiak hitam dengan pengobatan alami

Beberapa pengobatan alami yang dapat meringankan pigmentasi kulit, diantaranya yaitu:

  • Ekstrak teripang
  • Minyak kelapa
  • Kunyit yang mengandung kurkumin
  • Lemon
  • Soda kue
  • Ekstrak milk thistle

Pengobatan alami memang belum terbukti ampuh dapat mencerahkan kembali kulit ketiak yang hitam, dan beberapa diantaranya mungkin akan menyebabkan efek samping. Konsultasikan ke dokter kulit sebelum menggunakan obat-obat tersebut.

2. Merubah gaya hidup dan menggunakan obat rumahan

Obesitas sebagai salah satu penyebab utama ketiak hitam. Dengan menurunkan berat badan maka dapat mengatasi masalah ini. Menurunkan berat badan merupakan cara yang ampuh untuk menghindari penyakit diabetes. Konsultasikan dengan dokter mengenai strategi diet untuk membantu kamu menurunkan berat badan agar ideal kembali.

Jika kamu menyadari bahwa obat yang dikonsumsi sebagai penyebab ketiak hitam, maka kamu bisa bicarakan dengan dokter untuk beralih ke obat yang lain.

3. Menggunakan obat dari dokter spesialis kulit

Umumnya dokter kulit akan meresepkan obat untuk membantu mencerahkan kulit ketiak. Berikut ini diantaranya:

  • Krim atau pil retinoid. Tretinoin (Retin-A) dianggap sebagai pengobatan awan untuk kondisi AN. Jika digunakan secara teratur, maka dapat membantu mencerahkan kulit di area yang menghitam.
  • Pengelupasan kimiawi. Kulit yang mengandung asam trikloroasetat (TCA) dapat membantu pengelupasan kulit. Proses ini membantu menghilangkan kulit yang lebih tebal dan rusak untuk menampilkan kulit baru yang halus dan cerah.
  • Kalcipotriol (Daivonex). Krim dengan kandungan vitamin D ini dapat mengurangi sel pigmen kulit.
  • Dermabrasi, yaitu melapisi kembali kulit
  • Terapi laser, yang juga umum digunakan untuk mencerahkan dan merawat kulit gelap di bagian ketiak.

Jika kamu menderita kanker, maka dokter akan melakukan operasi pengangkatan tumor. Setelah tumor diangkat, maka kulit yang menghitam akan kembali bersih.

Kapan Kamu Harus Datang ke Dokter Kulit?

Ketiak yang hitam umumnya tidak berbahaya, ketiak yang gelap perlu diperiksa oleh dokter kulit, terutama ketika kamu telah merasa memiliki kondisi seperti diabetes atau kelenjar tiroid yang bermasalah. Mengobati kondisi kesehatan yang menyebabkannya biasanya akan membuat kulit hitam memudar dengan sendiri.

Nah, jika tiba-tiba kamu melihat bercak hitam di bawah lengan atau di bagian lain kulit, segera ke dokter kulit atau dokter umum. Bisa jadi itu merupakan pertanda kondisi kesehatan yang lebih serius, seperti kanker atau lainnya.

Selain itu, menjaga kesehatan dengan menerapkan gaya hidup sehat dan bersih akan menghindarkan kamu dari berbagai macam penyakit. Mengkonsumsi makanan bergizi, kaya vitamin, dan rajin berolahraga akan meningkatkan imunitas tubuh yang berdampak positif bagi kesehatan.

2 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *