Konsep dan Ruang Lingkup Ilmu Ekonomi

Konsep-dan-Ruang-Lingkup-Ilmu-Ekonomi

Konsep Dasar Ilmu Ekonomi

Setelah kamu memahami definisi ilmu ekonomi (Baca: Pengertian Ilmu Ekonomi), dalam penerapannya ada beberapa konsep dasar ilmu ekonomi. Berikut ini penjelasannya:

1. Kegiatan Ekonomi

  • Produksi, adalah aktivitas yang berhubungan dengan kegiatan usaha untuk menambah nilai guna dari barang atau jasa. Kegiatan yang dimaksud adalah pengumpulan modal, sumber daya (manusia dan alam) dan keahlian.
  • Distribusi, adalah aktivitas yang berkaitan dengan penyebaran barang atau jasa yang telah diproduksi.
  • Konsumsi, adalah aktivitas yang berkaitan dengan penggunaan barang atau jasa. Tingkat penghasilan dan nilai kebudayaan masyarakat sangat menentukan tingkat konsumsi.

2. Tindakan Ekonomi

Ini adalah sebagai usaha manusia untuk memilih hal-hal terbaik dan menguntungkan baginya yang sesuai dengan kemampuannya. Tindakan ekonomi dibagi dalam 2 aspek, yaitu:

  • Tindakan Rasional. Berhubungan dengan cara manusia dalam menentukan pilihan terbaik dan menguntungkan dan sesuai dengan kenyataan.
  • Tindakan Irasional. Berhubungan dengan cara manusia dalam menentukan pilihan terbaik dan menguntungkan, namun tidak sesuai dengan kenyataan.

Baca Juga: Pengertian Efisiensi

3. Motif Ekonomi

Ini adalah alasan atau tujuan manusia dalam melakukan tindakan ekonomi. Dalam motif ekonomi terdapat dua aspek, yaitu:

  • Motif Intrinsik. Ini merupakan tujuan atau alasan yang bersumber dari diri sendiri untuk melakukan tindakan ekonomi.
  • Motif Ekstrinsik. Ini merupakan tujuan atau alasan yang bersumber dari orang lain untuk melakukan tindakan ekonomi.

4. Metodologi Ilmu Ekonomi

  • Metode Induksi merupakan metode yang didasari oleh berbagai kejadian ekonomi yang disusun secara sistematis sehingga mendapatkan kesimpulan secara umum.
  • Metode Deduksi merupakan metode yang didasari oleh teori ekonomi yang dianalisis dan dipelajari untuk mendapatkan kesimpulan khusus.

Ruang Lingkup Ilmu Ekonomi

Ruang lingkup ekonomi dapat dibagi menjadi 2 yaitu mikro dan makro. Tujuannya sebagai batasan dan asumsi yang jelas agar ilmu ekonomi dapat dipelajari dengan lebih mudah.

1. Ekonomi Mikro (Micro Economic)

Definisi ekonomi mikro adalah cabang dari ilmu ekonomi yang mempelajari perilaku konsumen dan perusahaan serta penentuan harga-harga pasar dan kuantitas faktor input, barang dan jasa yang diperjual-belikan.

Ekonomi mikro meneliti bagaimana berbagai keputusan dan perilaku tersebut memengaruhi penawaran dan permintaan atas barang dan jasa, penentuan harga, dan bagaimana harga, pada gilirannya, menentukan penawaran dan permintaan barang dan jasa selanjutnya (id.wikipedia).

Jadi, dapat disimpulkan bahwa ekonomi mikro adalah penentuan harga. Ini yang menjadi alasan kenapa mikro ekonomi disebut sebagai price theory (teori harga).

Baca Juga: Pengertian Efektivitas

2. Ekonomi Makro (Macro Economic)

Definisi ekonomi makro adalah studi tentang ekonomi secara keseluruhan. Makroekonomi menjelaskan perubahan ekonomi yang mempengaruhi pasar, perusahaan, dan masyarakat.

Ekonomi makro dapat digunakan untuk menganalisis cara terbaik untuk mempengaruhi target-target kebijaksanaan seperti pertumbuhan ekonomi, tenaga kerja, stabilitas harga, dan pencapaian keseimbangan neraca yang berkesinambungan (id.wikipedia).

Jadi, dapat disimpulkan bahwa ekonomi makro adalah penentuan tingkat kegiatan ekonomi yang diukur dari pendapatan. Ini yang menjadi alasan kenapa makro ekonomi dikenal sebagai income theory (teori pendapatan).

Baca Juga: Pengertian Operasional

Manfaat Ilmu Ekonomi

Ditinjau dari konsep dan ruang lingkup ilmu ekonomi, ternyata perannya sangat besar dalam pemenuhan kebutuhan manusia. Berikut ini adalah beberapa manfaat ilmu ekonomi:

  • Membantu manusia dalam memahami pola perilaku ekonomi suatu masyarakat.
  • Sebagai alat pengambilan keputusan terhadap tindakan-tindakan ekonomi.
  • Meningkatkan kesadaran terhadap masalah ekonomi dan global.
  • Menjadi dasar pengertian tentang potensi dan keterbatasan suatu kebijakan ekonomi.

Demikianlah penjelasan konsep dasar dan ruang lingkup ilmu ekonomi beserta manfaat mempelajari ilmu ekonomi. Semoga bermanfaat.

1 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *