Menu

Konsep Manajemen Pemasaran

Konsep-Manajemen-Pemasaran

Stanton (1978) mendefinisikan konsep manajemen pemasaran sebagai falsafah bisnis dimana pemuasan kebutuhan konsumen adalah syarat ekonomi dan sosial untuk kelangsungan pertahanan perusahaan. Tujuannya adalah untuk memberi kepuasan terhadap apa yang diinginkan konsumen.

Terdapat 3 elemen penting yang termasuk dalam konsep manajemen pemasaran, yaitu:

1. Orientasi Pada Konsumen (Customer Oriented)

Di dalam strategi marketing selalu mengedepankan konsumen. Berarti konsep pemasaran yang paling baik adalah menjadikan konsumen sebagai prioritas utama.

Konsumen adalah raja, maka produsen adalah pelayan yang memenuhi kebutuhan sang raja. Pelayanan produsen dilakukan dengan memberikan berbagai penawaran yang menarik, mulai dari produk yang berkualitas, harga yang kompetitif, hingga pelayanan terbaik.

Baca Juga: Pengertian Manajemen Pemasaran Menurut Para Ahli

2. Riset Pasar (Market Research)

Pengetahuan dan pemahaman tentang kebutuhan dan keinginan pelanggan sangat penting. Jadi, program riset pasar yang teratur dan sistematis diperlukan untuk mengikuti perkembangan pasar. Selain itu, dibutuhkan juga inovasi dan kreativitas dalam mengembangkan produk agar sesuai dengan ekspektasi pelanggan.

3. Membuat Perencanaan Pemasaran

Menyusun dan merancang berbagai kegiatan pemasaran secara menyeluruh. Semua aktivitas pemasaran, mulai dari strategi, implementasi, pengawasan, analisis, dan kegiatan lain yang berkaitan dengan pemasaran harus disusun secara terperinci.

Dengan begitu, proses analisis dan pengawasan dapat dilakukan dengan baik. Hal ini akan memudahkan dalam mengevaluasi dan tindakan perbaikan terhadap kegiatan pemasaran.

4. Pemasaran yang Sistematis

Penyelarasan tujuan organisasi dengan tujuan individu yang bekerja pada organisasi. Tujuannya agar kegiatan dan operasi terkoordinasi dengan benar untuk mencapai tujuan yang ditentukan.

Manajer pemasaran harus mengembangkan bauran pemasaran (marketing mix) yang paling tepat untuk mencapai tujuan yang diinginkan melalui kepuasan pelanggan.

Baca Juga: Fungsi dan Tujuan Manajemen Pemasaran

5. Kepuasan Konsumen

Kepuasan konsumen merupakan unsur paling penting di dalam pemasaran. Tingkat kepuasan tersebut tidak hanya diukur dari kualitas produk saja, tapi juga dari bagaimana strategi pemasaran yang dilakukan.

Memahami konsep manajemen pemasaran memudahkan perusahaan dalam melakukan penetrasi produk agar dapat diterima konsumen. Selain itu dengan penerapan konsep manajemen pemasaran yang baik secara efektif meningkatkan kepercayaan konsumen kepada perusahaan. Semoga bermanfaat.

Konsep Manajemen Pemasaran