Manajemen Informatika: Pengertian, Fungsi, Ruang Lingkup, Fokus dan Prospek Kerja

Pengertian-Manajemen-Informatika

Pengertian Manajemen Informatika

Informatika adalah suatu disiplin ilmu yang mempelajari mengenai transformasi fakta berlambang yakni data ataupun informasi pada mesin berbasis komputasi (komputerisasi). Sedangkan manajemen adalah pemanfaat semua sumber daya yang dimiliki perusahaan secara efektif untuk dapat mencapai tujuan organisasi.

Pengertian manajemen informatika adalah segala pemanfaatan dan pemeliharaan atas sumber daya yang secara efektif untuk bidang informasi demi mewujudkan tujuan yang telah ditentukan agar dapat memperoleh hasil yang diharapkan secara maksimal.

Disiplin ilmu informatika mencakup beberapa macam bidang, yaitu:

  • Ilmu Komputer.
  • Teknik Komputer.
  • Ilmu Informasi.
  • Sistem Informasi.
  • Aplikasi Informasi.

Informatika mempelajari struktur, sifat, dan juga interaksi dari beberapa sistem yang dipakai untuk mengumpulkan data, memproses dan menyimpan hasil pemrosesan data, kemudian ditampilkan dalam bentuk informasi. Aspek dari informatika tidak hanya mencakup sistem informasi berbasis komputer saja, namun masih banyak informasi yang tidak serta belum diproses dengan komputer.

Informatika tersebut memiliki konsep dasar, teori, dan juga perkembangan aplikasi tersendiri. Hal tersebut berkaitan dengan aspek kognitif, aspek sosial, termasuk juga mengenai pengaruh dan akibat sosial dari implementasi teknologi informasi pada umumnya. Penggunaan informasi di dalam beberapa macam bidang, seperti bioinformatika, informatika medis, dan juga informasi yang mendukung ilmu perpustakaan.

Baca Juga: Tujuan dan Sasaran Manajemen

Fungsi Manajemen Secara Umum

Fungsi manajemen informatika terdiri dari 4 macam, yakni sebagai berikut:

1. Fungsi Perencanaan (Planning)

Fungsi perencanaan dalam manajemen informatika merupakan kegiatan menetapkan tujuan perusahaan kemudian merumuskan strategi untuk mencapainya. Planning ini bertujuan untuk mengarahkan tujuan secara menyeluruhan dan metode terbaik untuk memenuhinya dengan menentukan sumber daya teknologi yang diperlukan.

2. Fungsi Pengorganisasian (Organizing)

Fungsi pengorganisasian dalam manajemen informatika bertujuan untuk mengatur sumber daya manusia dan teknologi yang perusahaan miliki agar terlaksana secara efektif dan efisien.

Adapun kegiatan utamanya adalah merancang, menetapkan tugas dan prosedur yang dibutuhkan. Merekrut tenaga ahli, kemudian menempatkan SDM ke posisi yang tepat.

3. Fungsi Pengarahan (Directing)

Fungsi pengarahan dalam manajemen informatika merupakan fungsi manajerial dalam meningkatkan efektivitas sekaligus efisiensi kerja secara maksimal. Hal ini bertujuan untuk pengerjaan proyek dapat diselesaikan secara cepat, efektif, dan optimal.

4. Fungsi Pengendalian (Controlling)

Di dalam manajemen informatika fungsi pengendalian ini bertujuan untuk menilai kinerja berdasarkan standar dan tujuan yang telah dibuat. Dilakukan dengan cara mengevaluasi dan memberikan solusi atas berbagai masalah yang terjadi.

Baca Juga:

Ruang Lingkup Informatika

Ruang lingkup manajemen informatika meliputi beberapa aspek:

  • Ilmu komputer dan teknik komputer yang mempelajari mengenai pemrosesan, pengarsipan, dan juga penyebaran informasi dengan menggunakan teknologi informasi serta alat lain yang berbasis komputer (komputerisasi).
  • Teori informasi yang mempelajari mengenai konsep matematis dari suatu informasi.
  • Ilmu informasi yang mempelajari mengenai cara pengumpulan, klasifikasi, pengaksesan, manipulasi informasi, dan juga penyebarluasan informasi untuk dapat keperluan sosial dan juga kemasyarakatan secara menyeluruh.
  • Sistem informasi yang mempelajari mengenai teknik pengembangan suatu sistem untuk dapat mengolah berbagai macam informasi yang ada.

Di dalam manajemen informatika terdapat suatu pemrograman yang artinya adalah proses menulis (coding), menguji (running) dan juga memperbaiki (debug), serta memelihara kode yang membangun sebuah program komputer. Kode tersebut ditulis dalam berbagai bahasa pemrograman.

Tujuan dari pemrograman adalah untuk membuat suatu program yang dapat melakukan suatu perhitungan atau juga pekerjaan sesuai dengan keinginan si programer. Untuk dapat membuat suatu program komputer tersebut, diperlukan keterampilan dalam algoritma, logika, bahasa pemrograman, dan juga di beberapa kasus harus memiliki pengetahuan lain seperti misalkan matematika.

Pemrograman adalah suatu seni atau cara dalam menggunakan satu atau lebih algoritma yang saling berhubungan dengan menggunakan suatu bahasa pemrograman tertentu sehingga menjadi suatu program komputer. Bahasa pemrograman yang berbeda akan mendukung gaya pemrograman yang berbeda juga. Gaya pemrograman tersebut biasa dikenal dengan paradigma pemrograman.

Fokus dan Konsentrasi Manajemen Informatika

Jika kamu ingin mendalami ilmu manajemen informatika sangatlah mudah. Sekarang sudah banyak sekali perguruan tinggi ataupun kursus online yang menyediakan jurusan ini. Nah dalam nantinya kamu akan belajar mengenai semua hal yang berkaitan dengan manajemen informatika.

Manajemen informatika memiliki dua konsentrasi pembelajaran yaitu pemrograman dan desain. Dalam manajemen kamu akan belajar beberapa bahasa pemrograman (programming language) seperti Python, Ruby, Go lang, PHP, Delphi, C, C#, C++, Java dan lain-lain. Bahasa pemrograman ini nantinya yang digunakan untuk membuat desain web, aplikasi mobile ataupun aplikasi dekstop yang dapat mengoptimalkan informasi yang kita peroleh.

Kita juga akan belajar mengenai basis data seperti Oracle, MongoDB, MySQL dan yang lainnya yang biasa digunakan dalam website atau aplikasi mobile. Selain belajar tentang pemrograman kamu juga akan belajar mengenai desain grafis, animasi, dan multimedia komputer yang akan mendukung penyajian informasi.

Desain ini juga berkaitan dengan pembuatan dan memanipulasi gambar, video editing, dan pembuatan animasi. Sehingga informasi dapat disajikan secara menarik melalui berbagai media teknologi.

Baca Juga:

Prospek Kerja Manajemen Informatika

Berikut ini beberapa bidang pekerjaan yang dapat kamu pilih jika menguasai manajemen informatika :

  • Entrepreneur di Bidang Digital
  • Freelancer
  • Administrator Sistem dan Web
  • Web dan Mobile Programmer
  • IT Support
  • IT Security
  • Konsultan Desain
  • Junior dan Senior Programmer
  • Grafis Desainer
  • UI Expert (User Interface)
  • UX Expert (User Experience)

Dengan memahami pengertian, fungsi, ruang lingkup manajemen informatika bisa menambah wawasan dan pengetahuan kamu. Semoga artikel ini bermanfaat.

0 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *