Menu

Manfaat Mempelajari Ilmu Komunikasi

Komunikasi memegang peran penting dalam kehidupan manusia baik dalam sosial ataupun pribadi. Karena itu mempelajari teori komunikasi dan penerapannya sangat penting bagi kita. Komunikasi yang efektif dapat membantu kita memecahkan permasalahan yang ada dalam kehidupan sosial, profesional, dan pribadai serta dalam memperbaiki hubungan bermasyarakat.

Para ilmuan meyakini bahwa akar dari berbagai permasalahan yang muncul dalam kehidupan adalah karena buruknya komunikasi. Komunikasi yang efektif sebagai solusi dalam mengatasi problematika tersebut bahkan dapat mencegah permasalahan yang akan muncul.

Manfaat Mempelajari Komunikasi

Dalam buku “Human Communication” (2000) Person, et.al menyatakan, ada 7 manfaat yang akan diperoleh dengan mempelajari komunikasi. Mari kita ulas satu per satu.

Memperbaiki Cara Pandang Terhadap Diri Sendiri

Mendalami ilmu komunikasi membuat kita belajar untuk lebih mengenal diri sendiri. Proses pembelajaran dapat kita peroleh melalui komunikasi intrapersonal maupun dari interaksi dengan orang lain. Dengan memahami bagaimana komunikasi memberikan dampak terhadap persepsi mengenai diri sendiri, dapat membantu kita untuk lebih bisa menghargai diri sendiri.

Baca Juga:

Selain itu, mempelajari keterampilan komunikasi bermanfaat dalam memperbaiki cara pandang kita terhadap diri kita sendiri. Berbagai riset menunjukan bahwa komunikasi yang efektif dapat membantu pembentukan kepercayaan diri seseorang.

Jadi, keberhasilan kita dalam berinteraksi dengan orang lain dalam berbagai situasi sosial dan pencapaian kita dalam dunia profesional akan membentuk perasaan positif terhadap diri sendiri.

Memperbaiki Cara Pandang Orang Lain Terhadap Diri

Secara psikologi, setiap manusia lebih suka berkomunikasi pada orang lain yang juga dapat berkomunikasi dengan baik. Jika kita berkomunikasi dengan orang lain yang memiliki kemampuan, maka secara alamiah kita juga akan bergerak untuk meningkatkan kemampuan yang kita miliki. Semakin seseorang dipandang memiliki kemampuan yang mumpuni, maka orang lain ingin berinteraksi dengan orang tersebut.

Meningkatkan Pengetahuan Mengenai Hubungan Antar Manusia

Komunikasi tidak hanya mempelajari tentang bagaimana cara berkomunikasi secara efektif dengan orang lain, tapi juga tentang cara bagaimana membangun hubungan dengan orang lain dan tipe komunikasi yang sesuai dengan kondisi dan situasi yang terjadi. Melalui hubungan antar manusia seperti pertemanan, hubungan cinta, hubungan keluarga, dan hubungan dalam suatu organisasi, kita belajar tentang kepercayaan, kedekatan, dan hubungan timbal balik.

Mengajarkan Keterampilan Yang Penting Dalam Kehidupan

Mempelajari komunikasi berarti mempelajari berbagai macam keterampilan yang berguna oleh setiap orang dalam satu fase kehidupannya. Keterampilan tersebut adalah kemampuan berpikir kritis, kemampuan pemecahan masalah, kemampuan dalam mengatasi konflik, kemampuan dalam membangun sebuah tim, kemampuan dalam literasi media, dan publik speaking.

Baca Juga:

Membantu Kita Untuk Melatih Kebebasan Berpendapat Yang Dijamin Konstitusi

Indonesia yang menganut sistem demokrasi, kebebasan memperoleh informasi, kebebasan berpendapat dan kebebasan berbicara didepan umum dijamin dan diatur oleh konstitusi. Dengan pesatnya perkembangan informasi yang terjadi, kita dapat mengetahui berbagai macam isu hangat yang sedang diperbincangkan dan kita dapat dengan bebas membahasnya dengan orang lain. Tidak hanya itu, kita juga dapat mendiskusikannya dalam sebuah forum terbuka atau melalui media massa. Kita juga dapat dengan bebas mengkritisinya.

Membantu Kita Meraih Kesuksesan Secara Profesional

Sebagai seorang yang berlatarbelakang pendidikan komunikasi, kita dapat meraih berbagai macam perkerjaan yang kita inginkan. Beberapa profesi yang memerlukan keterampilan komunikasi misalnya publik relation.

Membantu Kita Meningkatkan Kemampuan Berbahasa

Mempelajari dan mendalami bahasa asing atau bahasa daerah lokal akan membantu kita berkomunikasi dengan orang lain uang berbeda bahasa dan budaya. Jika hal ini kita topang dengan pemahaman konsep-konsep komunikasi dasar dan menerapkannya dalam interaksi kita dengan orang lain, maka kemampuan bahasa kita dengan sendirinya akan berkembang.

Demikian beberapa manfaat mempelajari ilmu komunikasi, semoga dengan mempelajari ilmu komunikasi dapat memperkaya wawasan dan wacana kamu dibidang ilmu komunikasi.

Manfaat Mempelajari Ilmu Komunikasi