Manfaat Perdagangan Internasional

Manfaat-Perdagangan-Internasional

Manfaat Perdagangan Internasional

Setelah mendapat jawaban atas pengertian perdagangan internasional (Baca: Pengertian Perdagangan Internasional), timbul satu pertanyaan lagi yaitu “Apa manfaat perdagangan internasional?”. Terjalinnya hubungan kerjasama internasional di bidang perdagangan dan ekonomi akan memberikan beberapa manfaat dan keuntungan bagi masing-masing negara yang melakukan kerja sama dalam bidang perdagangan.
Adapun manfaat tersebut, diantaranya adalah:

  • Memenuhi kebutuhan barang atau jasa domestik karena tidak bisa dihasilkan atau diproduksi sendiri disebabkan karena adanya keterbatasan modal, sumber daya alam, sumber daya manusia, teknologi dan lainnya.
  • Perluasan pasar untuk tujuan menambah keuntungan dari spesialisasi.
  • Memungkinkan transfer teknologi modern untuk memahami teknik produksi yang lebih efisien dan modern dalam hal manajemen (Baca: Pengertian Manajemen).
  • Membantu mempercepat pertumbuhan ekonomi suatu negara.
  • Menambah devisa negara dari hasil kegiatan ekspor.
  • Membuka lapangan pekerjaan di sebuah negara.
  • Menjalin persahabatan dengan negara lain.
  • Meningkatkan penyebaran sumber daya alam suatu negara.

Baca Juga: Pengertian Ekonomi Makro

Faktor Pendorong Perdagangan Internasional

Ada beberapa faktor pendorong yang mengharuskan suatu negara menjalin kerja sama di bidang perdagangan. Berikut ini faktor-faktor pendorong terjadinya perdagangan internasional, diantaranya:

1. Pasar Bebas

Liberalisasi di sektor ekonomi adalah salah satu faktor pendorong terjadinya perdagangan internasional. Siapa saja berhak memperluas pasar dan meningkatkan penjualan produk melalui lintas negara.
Dengan adanya pasar bebas akan membuka peluang menambah pendapatan negara. Kebebasan ekonomi menjadi pemicu individu dan perusahaan untuk bersaing di pasar global untuk meningkatkan pendapatan.

Baca Juga: Pengertian Ekonomi Mikro

2. Perbedaan Kondisi Geografis

Keadaan geografis yang berbeda suatu negara dengan negara lain menyebabkan perbedaan pada sumber daya yang dihasilkan. Contoh, dahulunya rempah-rempah hanya didapatkan di wilayah tropis seperti negara-negara asean, sehingga negara-negara asean menjadi pemasok rempah-rempah terbesar untuk beberapa negara barat.

3. Perkembangan Teknologi dan Informasi

Perkembangan teknologi digital dan peralatan komunikasi mendorong setiap negara untuk meningkatkan produksinya untuk dipasarkan ke negara lain dengan asumsi bahwa di negara sasaran penjualan tidak dapat menyediakan barang atau jasa tersebut.

4. Perbedaan Teknologi

Perbedaan sumber daya manusia dapat menyebabkan perbedaan kemampuan dalam hal teknologi. Perbedaan teknologi ini menyebabkan suatu negara yang hanya bisa menghasilkan barang mentah kemudian harus mengekspor ke negara lain untuk diolah lalu diimpor kembali dengan harga lebih mahal.

Begitu juga sebaliknya, jika negara yang memiliki teknologi membutuhkan bahan mentah untuk diproduksi menjadi bahan jadi atau siap pakai. Dari sinilah terjadi hubungan perdagangan internasional yang saling menguntungkan.

Baca Juga: Pengertian Ilmu Ekonomi

5. Menghemat Biaya

Dengan menjalankan perdagangan internasional dapat menghasilkan pasar yang lebih luas dan pendapatan lebih banyak daripada hanya dipasarkan di dalam negeri saja. Sehingga produksi dalam skala besar dapat menghemat biaya yang harus dikeluarkan untuk produksi (fixed cost).

Demikian penjelasan manfaat perdagangan internasional dan faktor-faktor pendorong timbulnya perdagangan internasional. Semoga bermanfaat.

1 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *