Marketing Merupakan Kunci Penjualan dan Kesuksesan Perusahaan

Marketing Merupakan Kunci Penjualan dan Kesuksesan Perusahaan
Photo by Dominika Roseclay from Pexels

Salah satu sektor dalam bisni yang paling berkontribusi terhadap kesuksesan perusahaan yaitu marketing. Karena itu, marketing bisa disebut sebagai kunci penjualan besar. Marketing atau pemasaran juga berdampak besar pada kelangsungan hidup perusahaan di masa depan.

Definisi Marketing

Pemasaran atau marketing adalah kegiatan memenuhi berbagai kebutuhan dan kepuasan pelanggan dengan berbagai cara dan metode. Mulai dengan membuat produk, nilai jual, menentukan harga, dan mempromosikan produk atau jasa.

Dalam arti lain, marketing merupakan gabungan dari aktivitas yang saling berhubungan dalam upaya memenuhi kebutuhan konsumen. Oleh karena itu, perusahaan dapat mengembangkan harga, produk, layanan, dan promosi untuk memenuhi kebutuhan dan menghasilkan keuntungan.

Dengan adanya proses pemasaran, konsumen dapat memenuhi kebutuhannya dengan lebih mudah. Yang dilakukan konsumen hanyalah menukar berbagai produk dan layanan dari produsen dengan sejumlah uang yang mereka miliki. Jadi apabila pemasaran dapat berjalan dengan optimal maka dapat menghasilkan keuntungan yang sebesar-besarnya bagi perusahaan.

Dari penjelasan tersebut, pemasaran merupakan sesuatu yang harus selalu diperhatikan oleh sebuah perusahaan.

Fungsi-Fungsi Marketing

Pemasaran adalah bagian terpenting dari bisnis. Dengan metode pemasaran yang baik, perusahaan dapat mencapai tujuannya. Lantas apa sih fungsi dari marketing, berikut ini penjelasannya:

1. Fungsi distribusi fisik

Dalam upaya mendistribusikan produk, yang harus Anda lakukan adalah mengangkut dan menyimpannya. Dimana produk tersebut dapat memenuhi kebutuhan pelanggan dengan cara didistribusikan dengan berbagai cara. Produk tersebut kemudian disimpan untuk menjaga stok produk. Oleh karena itu, saat konsumen membutuhkannya, stoknya tetap ada dan tidak kekurangan.

2. Fungsi alat tukar

Dalam kegiatan pemasaran, konsumen dapat melakukan pertukaran pemasaran dengan produsen dan penjual untuk memenuhi kebutuhan mereka. Konsumen tentunya membeli produk dari produsen. Jika konsumen melakukannya dengan menukar uang untuk produk tertentu. Atau mungkin menukar produk yang dibutuhkan konsumen dengan produk lain untuk digunakan sendiri atau dijual kembali.

3. Fungsi perantara

Pemasaran menjadi sarana perantara terbaik untuk mengirimkan produk dari produsen ke konsumen. Dimana kegiatan pemasaran akan menghubungkan berbagai kegiatan pertukaran dengan distribusi fisik. Kegiatan pemasaran dalam peran perantara meliputi pencarian informasi, pengelompokan produk, pembiayaan, dan lain sebagainya.

Selain itu, pemasaran menjadi salah satu divisi dalam suatu perusahaan, yang mana terdapat fungsi lain, diantaranya seperti:

  • Tenaga penjualan perusahaan
  • Penggerak promosi
  • Penelitian dan pengembangan produk
  • Perwujudan konsep komunikasi pemasaran.

Jadi, dapat ditarik kesimpulan bahwa pemasaran tidak hanya sekedar menjual produk, namun juga tentang mendapatkan pelanggan baru dan mempertahankan pelanggan lama.

Empat Konsep Dasar Pemasaran

Dalam dunia bisnis, staf pemasaran sangat perlu memahami apa itu konsep marketing. Nah, untuk memahami pemasaran, berikut ini empat konsep dasar yang perlu dipahami:

1. Konsep produksi

Dalam hal ini, pengusaha perlu mengetahui produk mana yang saat ini banyak diminati konsumen. Sebagai gantinya, observasi langsung dilakukan di lapangan. Hal lain yang perlu diteliti adalah harga barang di pasaran. Oleh karena itu, dapat menjadi acuan dalam merencanakan produk perusahaan dimasa depan.

2. Konsep produk

Pada dasarnya konsumen menyukai produk yang berkualitas dan murah. Oleh karena itu, kualitas produk harus terus ditingkatkan. Dengan cara ini, produk perusahaan dapat bersaing dengan kompetitor. Berikan eksklusivitas produk dapat membedakannya dengan produk lain.

3. Konsep pemasaran

Tujuan pemasaran yaitu untuk memenuhi kebutuhan pasar. Oleh karena itu, Anda perlu memperhatikan kepuasan pelanggan. Dengan cara ini, secara tidak langsung perusahaan bisa memenuhi keinginan pasar.

4. Konsep penjualan

Dimana salah satu bagiannya dari konsep penjualan adalah promosi. Pengertian promosi adalah memperkenalkan suatu produk yang diminati oleh konsumen. Terapkan teknik penjualan yang menarik, seperti memberikan bonus kepada pembeli, selama memberikan informasi produk kepada orang lain. Oleh karena itu secara tidak langsung konsumen tertarik untuk membeli dan mempromosikan produk yang ditawarkan.

Strategi-Strategi Marketing

Untuk mencapai tujuan perusahaan, kegiatan pemasaran harus menerapkan strategi yang tepat dan akurat. Tentunya strategi pemasaran selalu berubah dari waktu ke waktu tergantung kondisi pasar. Beberapa jenis strategi pemasaran yang paling efektif saat ini adalah:

1. Iklan berbayar

Strategi pemasaran iklan telah dikenal efektif sejak lama. Karena Anda bisa mengenalkan produk secara lebih luas dan massive. Strategi ini dilakukan terutama dengan membayar platform penyedia ruang iklan untuk memamerkan produk Anda.

2. Pemasaran transaksional

Banyak strategi transaksional yang saat ini dipilih karena dapat meningkatkan penjualan. Anda dapat memberikan kupon belanja, diskon, promosi atau mengadakan acara penting. Metode ini terbukti efektif menarik konsumen.

3. Pemasaran interaktif

Cara melakukan pemasaran interaktif yaitu dengan melibatkan konsumen dalam proses pemasaran. Misalnya dengan mencantumkan nama konsumen pada produk dengan teknik personalisasi. Cara ini sangat efektif dalam membangun loyalitas konsumen.

4. Pemasaran media sosial

Jumlah pengguna media sosial di dunia sangat besar. Oleh karena itu, ini bisa menjadi pasar yang cukup menjanjikan. Selain itu, media sosial memiliki banyak keunggulan, seperti jangkauan yang tidak terbatas, kemudahan penggunaan, profitabilitas yang lebih besar, dan dapat menjangkau berbagai lapisan konsumen. Dengan memasarkan melalui media sosial, produk dapat lebih dikenal sehingga dapat meningkatkan omzet penjualan.

5. Pemasaran konten atau content marketing

Dalam dunia digital, konten memainkan peran penting. Pemasaran tidak dilakukan secara langsung, tetapi dengan berbagi konten yang berharga, informatif, dan diperlukan bagi konsumen.

Peran Pemasaran Dalam Menentukan Keberhasilan Produk

Pemasaran merupakan ujung tombak sebuah perusahaan. Dan itu menentukan keberhasilan suatu produk diluncurkan di pasar. Oleh karena itu, ada beberapa peran yang perlu dilakukan dengan baik, antara lain:

  1. Melakukan perencanaan produk
    Peran pemasaran dalam keberhasilan produk adalah merencanakan produk yang akan diproduksi, sehingga produk tersebut memiliki peluang besar untuk dipasarkan secara luas.
  2. Identifikasi kebutuhan dan keinginan konsumen
    Kualitas produk harus disesuaikan dengan harapan konsumen. Dengan cara ini, penjualan meningkat.
  3. Riset pasar
    Riset harus dilakukan untuk mengetahui apa yang dibutuhkan konsumen dan produk lain apa yang beredar di pasar.
  4. Melayani konsumen dengan baik
    Layanan perusahaan juga akan menentukan keputusan konsumen apakah akan menggunakan produk dan layanan ini atau tidak.
  5. Rancang strategi pemasaran
    Bahkan produk berkualitas tidak akan berhasil jika tidak ada strategi pemasaran yang spesifik. Strategi pemasaran telah dijelaskan pada poin sebelumnya.

Kesimpulan

Saat ini persaingan bisnis sangat ketat. Oleh karena itu, wirausahawan perlu membuat inovasi pemasaran yang lebih kreatif. Tentunya strategi pemasaran yang akan dilakukan harus sejalan dengan perkembangan zaman.

source: accurate.id/blog

1 Shares:
Leave a Reply