Memulai Bisnis Tanpa Modal Dengan Keuntungan Berlimpah, Mungkinkah?

Memulai Bisnis Tanpa Modal Dengan Keuntungan Berlimpah, Mungkinkah?
Photo by Daria Shevtsova from Pexels

Mungkin saat ini kamu sedang mencari-cari ide bisnis tanpa modal? Topik ini memang memang menjadi pembahasan yang menarik bagi kamu yang ingin ke dunia bisnis. Yang menjadi pertanyaan klasik, apakah ada dan mungkin menjalankan sebuah bisnis baru tanpa modal tapi bisa meraih keuntungan yang besar?

Mungkin pertanyaan tersebut sering terlintas kepala kita. Pada saat ini dengan pesatnya kemajuan teknologi di semua lini kehidupan terutama teknologi komunikasi, mempermudah jalan kita dalam membuka sebuah bisnis. Dengan fasilitas internet, kamu bisa menjalankan bisnis dimana saja, kapan saja, dan modal yang relatif lebih kecil.

Pada prinsipnya, untuk menjalankan sebuah bisnis memang dibutuhkan untuk mengeluarkan modal walaupun tidak besar. Agar lebih jelasnya kamu akan disajikan beberapa contoh bisnis tanpa modal besar yang bisa kamu kerjakan untuk mendapatkan penghasilan tambahan, bahkan bisa menjadi kran pendapatan utama, baik secara online maupun offline.

Berikut ini beberapa contoh bisnis yang dijalankan tanpa modal yang relatif besar:

Membuka Agensi Dengan Menjual Jasa

Profesi pekerja lepas (freelance) merupakan salah satu contoh usaha tanpa modal besar yang bisa kamu dikerjakan dimana saja secara online. Saat ini banyak sekali dari generasi milenial dan z menjadi seorang pekerja lepas pada beberapa website internasional dengan berbagai jenis bisnis. Kamu akan mendapatkan pekerjaan yang nominal pembayarannya terbilang besar, mulai dari pekerjaan desain grafis, menulis artikel, mengelola website, app developer, web developer, pemasaran digital, dan banyak pekerjaan lainnya.

Dalam menjalankan profesi ini, yang kamu membutuhkan hanya koneksi internet dan sebuah laptop. Setiap bulannya atau setiap periodenya pemilik projek akan mengirimkan pembayaran atas pekerjaan yang kamu selesaikan. Kamu akan dibayar dengan dollar atau euro, keren kan?.

Jika saat ini kamu sedang mencari bisnis yang bermodal kecil, maka menjadi pekerja lepas bisa menjadi pilihan utama kamu. Freelancer sangat cocok loh untuk para mahasiswa dan ibu rumah tangga yang ingin mencari penghasilan tambahan.

Menjual Produk Orang Lain (Reseller atau Dropship)

Bisnis reseller juga termasuk dalam kategori usaha bermodal kecil dengan keuntungan besar. Keuntungan menjadi seorang reseller, yaitu kamu tidak dipusingkan dalam memproduksi produk yang akan dijual. Kamu hanya perlu fokus pada proses pemasaran dan penjualan produk, pastikan bahwa produk yang kamu jual memang diminta oleh pasar.

Salah satu contoh bisnis reseller offline misalnya menjual pakaian ke orang lain. Kamu bisa mengasah skill menjual dengan menjalani bisnis ini. Kamu bisa mendapatkan keuntungan bersih yang sangat besar per bulannya. Reseller merupakan salah satu contoh bisnis tanpa modal uang yang besar.

Selain reseller offline, kamu juga bisa menjalankan bisnis reseller online. Namun untuk bisa menjalankan bisnis dropship, kamu harus memiliki sebuah website ecommerce yang akan kamu gunakan sebagai etalase atau katalog barang yang kamu jual. Website tersebut bisa dibuat dengan layanan gratis seperti WordPress, atau jika ingin terlihat lebih profesional dan handal kamu bisa menggunakan layanan ecommerce seperti Shopify, WooCommerce, Magento, BigCommerce, atau yang lainnya.

Pilihlah nama domain yang mengesankan untuk produk kamu, karena ini akan menjadi merek dagang. Bisnis ini terbilang jenis bisnis yang membutuhkan modal yang kecil, selain itu kamu juga menjalankan usaha ini dimana saja, tanpa harus menyewa ruko atau tempat usaha.

Menjadi Produk Kreator dan Content Creator

Menjadi fulltime konten kreator merupakan salah satu jenis bisnis tanpa modal besar. Saat ini banyak yang mempunyai penghasilan rutin dari media sosial, channel youtube, dan website yang mereka kelola. Dengan membangun website dengan trafik pengunjung yang tinggi, atau memiliki subscriber channel youtube yang banyak maka sangat bisa dipastikan bahwa bisnis ini bisa memberikan penghasilan.

Ada banyak cara untuk mendapatkan penghasilan dari bisnis internet salah satunya melalui program periklanan, paid promote, endorsement, dan lainnya. Jika pengunjung website dan viewers youtube kamu tinggi dengan sendirinya uang akan mendekat kepada kamu, money magnet

Namun perlu digaris bawahi, bahwa untuk menjadi content creator dibutuhkan mental dan kreativitas yang tinggi. Kamu harus bisa menyajikan konten yang berkualitas, menghibur, bermanfaat, dan mendidik.

Conclusion

Ada banyak lagi jenis bisnis yang bisa kamu jalani hanya dengan bermodal smartphone dan laptop saja. Dalam menjalankan bisnis diperlukan ketekunan, konsistensi, fokus, dan kreatif agar memberikan hasil yang maksimal untuk kamu. Selain itu diharapkan dari bisnis yang kamu jalankan dapat menjadi lapangan pekerjaan untuk orang lain.

1 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *