Pengertian Metode Penelitian, Jenis-Jenis dan Contohnya

Pengertian Metode Penelitian, Jenis-Jenis dan Contohnya
photo by pexels/pixabay

Pengertian metode penelitian adalah suatu cara yang digunakan secara khusus untuk menyelesaikan suatu permasalahan yang diajukan dalam sebuah penelitian (riset). Adapun definisi metodologi penelitian yaitu suatu bidang ilmu yang menjelaskan bagaimana seharusnya suatu riset (research) dilakukan. Definisi lain dari metodologi penelitian adalah serangkaian langkah-langkah yang terstruktur atau sistematis yang digunakan peneliti untuk menjawab secara tepat atas pertanyaan pada objek-objek penelitian.

Secara umum, ada beberapa langkah dalam melakukan penelitian:

  1. Proses identifikasi
  2. Perumusan masalah
  3. Menyusun kerangka berpikir
  4. Merumuskan hipotesa/hipotesis
  5. Pembahasan masalah
  6. Membuat kesimpulan
  7. Membuat saran

Tujuan peneliti menggunakan metodologi penelitian adalah agar peneliti dapat menemukan hasil dari penelitian secara tepat, dapat dipertanggungjawabkan, dan bisa menyelesaikan permasalahan yang diteliti.

Baca Juga: Pengertian Statistik Menurut Para Ahli, Jenis, Fungsi, dan Tujuan

Metode Penelitian Menurut Pendapat Para Ahli

Para ahli telah menjelaskan secara spesifik pengertian metode riset, diantaranya yaitu:

1. Muhammad Nasir

Definisi metode penelitian adalah “cara pokok yang digunakan oleh peneliti untuk mencapai tujuannya serta menemukan jawaban atas masalah-masalah yang diajukan.”

2. Prof. M. E. Winarno

Definisi metodologi penelitian adalah “kegiatan ilmiah yang dilakukan dengan cara dan teknik yang sistematik dan teliti.”

3. Muhiddin Sirat

Pengertian metode penelitian adalah “sebuah cara untuk memilih topik masalah serta menentukan judul suatu riset.”

4. Prof. Dr. Sugiyono

Definisi metode riset yaitu “suatu cara ilmiah untuk mendapatkan sejumlah data dengan kegunaan dan tujuan tertentu.”

5. Heri Rahyubi

Pengertian metode penelitian adalah “suatu model cara yang dapat dilakukan dalam kegiatan belajar-mengajar dengan tujuan tercapainya suatu proses pembelajaran yang efektif.”

Baca Juga: Arti Implementasi, Fungsi dan Tujuan, Serta Contohnya

Jenis-Jenis Metode Penelitian

Berikut ini macam-macam metode riset, yaitu:

1. Metode Kuantitatif

Metode riset kuantitatif yaitu salah satu bentuk riset yang dilakukan secara terstruktur, sistematis, dan terperinci. Pada implementasinya, cara ini berfokus pada penggunaan angka, grafik, diagram, dan tabel dalam menyajikan hasil data dan informasi penelitian yang diperoleh peneliti.

2. Metode Kualitatif

Metode kualitatif merupakan salah satu research method yang bersifat memberikan penjelasan dengan menggunakan fungsi-fungsi analisis. Metode kualitatif bersifat subjektif yang pada prosesnya lebih berfokus pada landasan teori. Metode ini disebut juga dengan metode etnografi.

3. Metode Deskriptif

Metode ini digunakan untuk tujuan menjelaskan atau mendeskripsikan suatu peristiwa atau kejadian yang sedang berlangsung saat ini dan masa lampau. Metode deskriptif dibagi menjadi 2 bagian, yaitu Cross Sectional (waktu tertentu) dan Longitudinal (sepanjang waktu).

4. Metode Ex-Post Facto

Method ini adalah metode penelitian untuk meriset hubungan sebab-akibat suatu kejadian atau peristiwa. Dari keterkaitan tersebut akan ditemukan kemungkinan-kemungkinan baru yang dapat dijadikan indikator dalam proses penelitian.

5. Metode Survey

Metode survey merupakan suatu cara yang digunakan untuk mendapatkan hasil riset dalam bentuk pendapat atau opini subjek riset. Cara ini bertujuan untuk mendapatkan gambaran umum dari sampel beberapa orang.

Baca Juga: Pengertian Sistem, Jenis-Jenis, Elemen dan Unsur-Unsur di Dalamnya

Contoh-Contoh Metode Penelitian

Berikut ini beberapa contoh metode riset berdasarkan jenis-jenisnya:

Kesimpulan

Dengan mempelajari metode penelitian dan metodologi riset akan memudahkan kamu dalam menyusun karya ilmiah seperti skripsi, tesis, atau disertasi.

1 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *