6+1 Pekerjaan Dengan Gaji Tinggi Untuk Lulusan SMA Sederajat

Pekerjaan-Dengan-Gaji-Tinggi-Untuk-Lulusan-SMA-Sederajat

Mungkin saat ini kamu telah dinyatakan lulus atau sedang menuju kelulusan dari sekolah menengah atas (SMA, SMK, MA sederajat). Ketika telah tulus, kamu akan dihadapkan pada 2 pilihan yang berdampak pada masa depanmu yaitu kuliah atau bekerja.

Jika orang tua kamu memiliki taraf ekonomi yang cukup (berkecukupan) baik pasti akan memilih untuk melanjutkan ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi. Tetapi, jika kamu yang taraf ekonominya sangat minim, pas-pasan atau biasa saja, bekerja adalah pilihan sangat yang baik. Dengan bekerja setidaknya kamu bisa meringankan beban ekonomi keluarga dan dapat ditabung jika kedepannya ingin melanjutkan kuliah. Namun, seringkali para lulusan SMA/SMK/MA kesulitan mendapatkan pekerjaan dengan gaji yang cukup baik.

Tenang! tidak usah khawatir ataupun risau, kamu tetap layak mendapat pekerjaan yang bergaji tinggi bagi lulusan SMA. Berikut ini beberapa profesi atau pekerjaan dengan gaji tinggi bagi lulusan SMA/SMK/MA sederajat yang bisa kamu coba.

Profesi Masinis, Pilot & Pramugari Yang Bergaji Tinggi

Untuk menggeluti profesi sebagai pilot atau pramugari pesawat atau masinis kereta api ternyata tidak membutuhkan gelar sarjana. Profesi-profesi ini memang paling banyak diincar para lulusan sekolah SMA/SMK sederajat. Selain gajinya yang cukup tinggi, pilot, pramugari dan juga masinis memiliki gengsi yang cukup tinggi di pandangan masyarakat Indonesia.

Jika kamu ingin bekerja sebagai masinis kereta api caranya pun tidak terlalu susah, apalagi di beberapa daerah Indonesia sedang mengembangkan jalur kereta api baru serta penambahan rute-rute baru. Sehingga kesempatan ini akan membuka lapangan pekerjaan sebagai masinis yang dapat kamu coba. Untuk profesi pilot dan pramugari caranya juga tidak terlalu sulit, banyak perusahaan aviasi (penerbangan) yang membuka pelatihan pilot maupun pramugari dan kemudian kamu dapat berkarir di perusahaan-perusahaan penerbangan.

Baca Juga: Terlengkap! 25+ Contoh CV Lamaran Kerja Yang Menarik

Pekerjaan Sales Marketing Yang Bergaji Fantastis

Sering sekali orang meremehkan profesi sales marketing yang dianggap sebagai pekerjaan rendahan. Eits jangan salah, ternyata jika kamu dapat mengesampingkan egomu, kamu akan melihat sendiri bahwa menjadi sales marketing adalah profesi yang sangat menjanjikan.

Selain dapat menikmati gaji tetap bulanan, kamu akan mendapatkan bonus setiap penjualan yang kamu hasilkan yang nilai jauh lebih besar dari gaji bulanan kamu loh. Ada banyak profesi sales marketing yang bisa kamu geluti seperti, sales mobil, motor, rumah/properti, tiket perjalanan, asuransi, produk perbankan, dan banyak lagi.

Bayangkan jika setiap kendaraan ataupun rumah yang berhasil kamu jual, bonus yang akan kamu dapatkan pasti besar. Profesi sales marketing ini merupakan pekerjaan yang paling mudah untuk diterima oleh perusahaan karena setiap perusahaan membutuhkan tenaga ahli penjual. Tunggu apa lagi coba sekarang juga.

Baca Juga: Contoh Surat Lamaran Kerja Untuk Marketing Yang Baik dan Benar

Menjadi Polisi dan Tentara Layak Dicoba

Setelah tamat dari tingkat sekolah menengah atas dan kamu memilih untuk tidak melanjutkan pendidikan ke jenjang perkuliahan, Kamu bisa mengabdi pada negara dengan menjadi tentara atau polisi. Tidak perlu kuatir dengan level pendidikan kamu, karena jika kamu sudah dinyatakan lolos menjadi tentara atau polisi, akan ada pendidikan khusus yang harus kamu jalani.

Gaji seorang tentara atau polisi juga tergolong lumayan. Terlebih lagi jika kamu dapat berprestasi dan mendapatkan tugas untuk misi khusus, biasanya kamu akan diberi bonus besar.

Berlayar Keliling Dunia dengan Menjadi Anak Buah Kapal

Meskipun kamu lulusan sekolah menengah atas, kamu juga berhak berkeliling dunia dengan menjadi anak buah kapal. Ke wilayah manapun kapal berlayar, anak buah kapal (ABK) selalu dibutuhkan untuk membantu perjalanan kapal hingga menuju tujuan.

Bekerja menjadi anak buah kapal bisa dipastikan kamu akan jarang pulang (bang toyib), tetapi gaji yang diberikan cukup besar dan sangat menjanjikan masa depan yang cerah. Bahkan tidak jarang para ABK jika pulang akan membawa segumpal harta yang tergolong mewah. Cukup menarik bukan, jadi bekerja sebagai ABK bisa menjadi pilihan kamu, silahkan dicoba.

Baca Juga: Tips & Trik Memaksimalkan Peluang Bisnis Konsinyasi

Bekerja Di Sektor Tambang dan Perminyakan yang Basah

Untuk bekerja di sektor ini kamu tidak dituntut untuk memiliki segudang gelar sarjana, ada banyak sekali posisi diberikan untuk para tamatan sekolah menengah atas. Sebelum terjun langsung kelapangan, biasanya kamu akan melewati proses training untuk membekali kamu dengan skill khusus lapangan dan walaupun begitu pada masa training tersebut kamu telah diberikan gaji yang cukup lumayan.

Dikarenakan pertambangan merupakan jenis pekerjaan yang memiliki resiko cukup tinggi, maka kamu harus super teliti dan patuh terhadap seluruh prosedur yang ada. Tetapi resiko tersebut pastilah sepadan dengan besar gaji yang kamu terima, bahkan seringkali mengalahkan gaji rata-rata para sarjana-sarjana itu looh.

Pekerjaan Driver Taksi atau Ojek Online Juga Menjanjikan

Memang pekerjaan ini menjadi pilihan terakhir jika kamu telah mencoba banyak pekerjaan tetapi hasilnya masih nol. Berkecimpung di profesi ini tidaklah sulit dan membutuhkan modal yang tidak begitu besar. Dengan modal sepeda motor atau mobil dan juga smartphone kamu sudah bisa mendaftar menjadi mitra Gojek atau Grab.

Pendapatan driver atau supir taksi atau ojek online tergolong lumayan, jika kamu rajin perharinya kamu bisa mengantongi Rp. 200.000 hingga Rp. 500.000, berarti perbulannya kamu bisa berpenghasilan Rp. 6 jutaan. Tapi, sebelum menjadi mitra Gojek atau Grab kamu harus melengkapi surat-surat penting terlebih dahulu seperti, SIM yang masih Aktif, KTP, SKCK, dan yang lainnya. Berminat! Silahkan dicoba.

Baca Juga: 7+ Peluang Bisnis Online Terbaru

Menjadi Golongan 1% yaitu Membuka Usaha Sendiri (Wirausaha)

Jika kamu jenis manusia yang langka, atau jika tingkat keuletan dan kerja keras kamu diatas rata-rata manusia normal, nah tidak ada salahnya untuk memulai usaha sendiri (wirausaha). Kamu bisa memulainya dengan usaha kecil yang tidak memerlukan modal besar.

Walaupun dalam perjalanan membangun usaha tersebut kamu pasti dan harus jatuh bangun, tapi percayalah semua akan terbayarkan jika kamu tidak putus asa dan selalu bangkit ketika kegagalan menerpa. Jika kamu bersungguh-sungguh saya yakin bahwa kamu bukan hanya orang yang ingin mencari pekerjaan tetapi orang yang akan membuka lapangan pekerjaan untuk orang lain, dan kamulah golongan 1% itu. Selamat!

Demikianlah ulasan 6+1 pekerjaan dengan gaji tinggi untuk lulusan SMA sederajat, semuanya kembali ke kamu mau pilih karir yang mana, selamat mencoba. Semoga bermanfaat.

0 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *