Peluang Bisnis Konsinyasi Terbaru

Bisnis-Konsinyasi

Banyak orang yang mendambakan hidup layak dengan kebebasan finansial yang baik yang salah satu cara untuk meraihnya adalah dengan memulai berwirausaha. Tetapi, tidak sedikit orang yang akhirnya harus mengurungkan diri untuk berwirausaha karena yang sangat klasik yaitu alasan modal. Kurangnya modal seakan menjadi momok menakutkan bagi setiap orang yang ingin memulai berbisnis.

Untuk memulai sebuah usaha sebenarnya tidak selalu membutuhkan modal yang besar. Ada banyak peluang bisnis tanpa modal seperti peluang bisnis online, usaha jasa, bisnis Konsinyasi dan yang lainnya. Pada kesempatan kali ini kotakpintar.com akan membahas tentang salah satu peluang usaha dengan modal yang relatif kecil yaitu bisnis konsinyasi. Jika ditinjau dari sistem bisnisnya, konsinyasi tidak membutuhkan biaya besar. Jenis bisnis ini bisa menjadi solusi bagi kamu yang ingin berwirausaha namun tidak memiliki modal besar.

Definisi bisnis konsinyasi adalah sebuah sistem bisnis berbasis kerja sama, di mana ada pihak yang berfungsi sebagai produsen dan pihak lainya sebagai penyalur (distributor). Biasanya konsinyasi diperuntukan untuk jenis bisnis berskala kecil dimana seseorang memproduksi sebuah produk seperti: sepatu, pakaian, aksesoris dan lainnya, kemudian menyalurkan produk-produk tersebut kepada toko (penyalur) yang telah bekerja sama.

Dengan menerapkan sistem konsinyasi ini maka hasil penjualan akan di bagi 2 kepada penyalur dan produsen dengan kesepakatan yang telah ditentukan sejak awal. Bisnis konsinyasi juga sering disebut dengan istilah titip barang dagangan kepada penjual, sehingga membantu anda menghemat biaya pemasaran seperti sewa ruko, promosi, periklanan dan yang lainnya.

Baca Juga: 5+ Peluang Bisnis Online Terbaru

Penerapan bisnis konsinyasi ini tidaklah terlalu susah, kamu hanya harus mencari partner toko yang bersedia menjadi tempat menitipkan produk kamu dan tunggu hasilnya. Meskipun begitu kamu juga harus jeli dan cermat dalam hal menentukan toko mana yang akan menjadi partner kamu. Karena jika kamu salah pilih bisa saja produk yang dititipkan justru tidak terjual sama sekali.

Berikut ini beberapa tips & trik yang bisa kamu lakukan untuk memaksimalkan peluang bisnis konsinyasi ini, mari simak ulasannya:

Pilih Partner Konsinyasi Yang Cocok Dengan Produk dan Bisnis Kamu

Daftar Isi

Menemukan partner yang tepat merupakan hal yang harus kamu lakukan dalam bisnis ini, kamu harus pastikan bahwa partner kamu cocok dengan strategi pemasaran yang ingin diterapkan. Maksudnya kamu harus memperhatikan sebelum memilih partner tersebut, apakah kamu ingin menyalurkan barang atau produk kepada toko yang memiliki jenis pasar yang sama atau berbeda dengan produk kamu.

Baca Juga: +25 Contoh CV Presentasi Yang Menarik dan Profesional

Ada 2 cara mendapatkan partner yang tepat yang akan mempengaruhi bagaimana hasil penjualan produk kamu. Cara pertama adalah pilihlah partner yang memiliki segmen pasar sama dengan produk anda. Contohnya jika anda menjual pakaian wanita muslim maka carilah partner toko yang menjual pakaian wanita muslim juga, sehingga pastinya orang-orang yang datang ke toko tersebut tujuannya adalah mencari pakaian wanita muslim dan peluang membeli produk sangat tinggi. Pemilihan partner dengan segmen pasar yang sama memang menguntungkan, tetapi pastikan produk yang kamu jual memiliki kelebihan dan kualitas yang baik, karena tentunya kamu akan bersaing dengan produk lain yang ada di dalam toko partner konsinyasi.

Cara kedua adalah mencari partner dengan produk yang saling melengkapi, dengan menggunakan cara kedua ini kamu tidak perlu takut akan adanya persaingan produk dengan produk lain di dalam toko konsinyasi. Karena produk yang ada di dalam toko dengan produk yang anda miliki saling melengkapi. Contohnya toko sepatu olahraga sangat cocok menjadi partner konsinyasi produk alat-alat olahraga.

Kedua cara diatas memiliki plus minusnya tersendiri tergantung jenis produk seperti apa yang kamu jual. Kamu juga bisa mengkombinasikan kedua cara tersebut untuk mendapatkan hasil yang maksimal atau kamu ingin melakukan validasi pasar sasaran kamu.

Baca Juga: Manajemen Pemasaran

Cari Toko Yang Memiliki Kredibilitas Yang Baik

Sebelum memutuskan untuk menjalin kerjasama dengan partner kamu, pastikan toko partner konsinyasi kamu memiliki kredibilitas yang baik. Kamu dapat mengetahui kredibilitas toko tersebut dari informasi dan pengalaman pelanggan atau produsen lain yang telah menjalin kerjasama dalam bisnis konsinyasi dengan toko tersebut. Kamu juga dapat melihat dari website resmi toko tersebut, di kamu dapat mereview secara visual kualitas toko tersebut.

Hal ini dilakukan untuk meminimalisir risiko kecurangan dan menjaga citra merek yang kamu bangun tetap baik dimata konsumen. Jika partner yang kamu pilih memiliki reputasi buruk hal tersebut akan berdampak buruk pada produk kamu karena akan dianggap pasar berkualitas buruk pula, maka sebelum memutuskan menjalin kerjasama pastikan kredibilitas dari partner konsinyasi telah terbukti baik.

Baca Juga: Manajemen Iklan

Buat Kesepakatan Kerjasama Konsinyasi Sejak Awal

Meskipun menjalankan bisnis konsinyasi bersama toko milik teman kamu, tetaplah buat kesepakatan yang jelas sejak awal dengan partner kamu. Hal ini untuk meminimalisir terjadinya kesalahpahaman, terutama dalam sistem bagi hasil. Adapun beberapa kesepakatan kerjasama yang umum dilakukan adalah berkaitan dengan aturan penitipan, sistem bagi hasil dan harga, jangka waktu dan kapan pembayaran dilakukan.

Semoga dengan tips & trik memaksimalkan bisnis konsinyasi ini, kamu dapat belajar dan lebih siap terjun ke dunia bisnis. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

0 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *