Menu

Peluang Bisnis Online Terbaru Yang Patut Anda Coba

Peluang Bisnis Online Terbaru

Pengguna internet berkembang sangat signifikan dan juga mempengaruhi perkembangan ekonomi di setiap negara, salah satunya Indonesia. Perkembangan ini terlihat melonjak pada bidang usaha online dan juga usaha offline go online.

Peluang bisnis online terbaru yang saat ini cenderung meningkat dan menjadi trend karena memang tak perlu mengeluarkan modal yang besar. Namun keuntungan yang didapat bisa berlimpah karena akses menyebarkan sebuah produk bisa dilakukan tanpa batas kota, wilayah, bahkan negara.

Usaha online juga dikerjakan oleh mereka yang memiliki skill di bidang tertentu dan ingin menghasilkan uang dari keahliannya tersebut. Singkatnya berbagai peluang usaha online untuk tahun-tahun yang akan datang semakin terbuka lebar dan bisa dilakukan oleh mereka yang ingin mulai usaha online.

Bisakah Semua Orang Menjalankan Peluang Bisnis Online Terbaru?

Sebelum kamu memulai usaha online, alangkah baiknya memahami definisi dari usaha online itu sendiri. Usaha online adalah bisnis yang dijalankan secara online, hanya bisa dijalankan bila ada koneksi internet dan perangkat komputer/ mobile. Jadi, setiap orang yang ingin menjalankan usaha online harus memiliki koneksi internet dan perangkat komputer/ mobile.

Usaha online bisa dikerjakan oleh siapa saja, tidak perduli apa pekerjaan kamu saat ini. “Bagaimana jika saya gaptek?” Jangan khawatir, saya akan menjelaskan secara mudah beberapa usaha online yang bisa kamu kerjakan dan sukses bila serius menjalankannya.

Sebelum kita masuk ke pembahasan peluang bisnis online terbaru tanpa modal besar, mungkin beberapa dari kamu bertanya-tanya, apa ada usaha online yang bisa menguntungkan hanya dengan modal kecil? Munurut pengalaman saya dan juga informasi yang saya dapat mengenai usaha online, berikut ini adalah beberapa peluang usaha online yang menjanjikan dengan modal kecil, dan enaknya lagi bisnis ini bisa kita kerjakan dari rumah.

Baca Juga: Contoh Rencana Bisnis UKM

1. Usaha Offline Go Online

Bisnis offline adalah bisnis pada umumnya yang melakukan kegiatan usaha mulai dari produksi, hingga produk didistribusikan, entah itu sebagai distriburot, sebagai produsen, sebagai pengecer dan lain sebagainnya. Bisnis offline ini ada di dunia dan fisiknya dapat dilihat secara nyata.

Seperti yang sudah saya dijelaskan di awal, model usaha offline juga dapat dipasarkan secara online untuk menambah penjualan dan branding. Ada banyak bisnis UKM yang berhasil mengembangkan bisnisnya dan meningkatkan keuntungan berlipat ganda setelah mempromosikan bisnisnya secara online. Tentu kamu harus memiliki sebuah bisnis atau produk yang akan dijual.

Untuk membuat bisnis offline kamu dipasarkan secara online tidak membutuhkan modal yang besar. Kamu hanya membutuhkan sebuah website dan juga media sosial sebagai pendukung dalam memasarkan produk secara online.

Berikut contoh usaha offline go online:

  • Menjual sepatu via Instagram
  • Menjual pakaian via Facebook
  • Menjual kerajinan via Marketplace
  • Menjual merchandise via YouTube
  • Dan lain-lain

Tentu masih sangat banyak ide usaha online yang bisa dikerjakan dari rumah. Dalam menjalankan usaha online tersebut, tentunya kamu harus memiliki perangkat komputer/mobile dan akses internet yang baik. Untuk media pemasaran, kamu bisa memanfaatkan media sosial, website/blog pribadi, media iklan, email marketing, dan lain-lain

Baca Juga: Bisnis Konsinyasi Yang Menguntungkan

2. Bisnis Online Menjual Produk Orang Lain

Berdasarkan yang saya ketahui, yang satu ini adalah salah satu bisnis online yang paling menguntungkan saat ini. Alasannya adalah, konsumen di Indonesia banyak yang mulai beralih ke online, dan menjalankan usaha online tidak perlu modal besar, bahkan nyaris tanpa modal.

Keuntungan menjual produk orang lain (reseller/ dropshiper/ affiliate) adalah kamu tidak perlu banyak berinvestasi dalam penyediaan produk, namun kamu masih dapat menawarkan ribuan item kepada pelanggan, dan juga proses pengirimannya akan di lakukan oleh distributor. Terdapat banyak toko online yang menawarkan program ini, tentunya kamu juga harus mempelajari riwayat transaksi dari toko online tersebut. Pastikan bahwa kamu bekerjasama dengan orang yang bertanggung jawab dan bisa dipercaya.

Toko online yang menawarkan program reseller dan dropship biasanya bersedia mengirimkan barang kepada pembeli dimana dalam kemasan barang tersebut nama atau toko online kamu yang menjadi pengirimnya. Sehingga kamu tidak akan kehilangan pembeli tersebut apabila ingin melakukan pembelian di kemudian hari. Produk yang dijual dengan cara reseller/ dropship biasanya adalah barang berbentuk.

Selain menjual produk berbentuk fisik, kamu bisa menjual produk orang lain dalam bentuk digital seperti ebook, video, dan membership. Biasanya program ini disebut dengan affiliasi dimana kamu mendapatkan komisi sekian persen dari total harga produk digital yang berhasil kamu jual melalui link affiliasi kamu sendiri.

Kamu bisa menemukan berbagai produk yang bisa dijual di situs marketplace berikut:

  • Tokopedia.com (produk fisik/ dropship)
  • Bukalapak.com (produk fisik/ dropship)
  • Dropshipaja.com (produk fisik/ dropship)
  • Supplier.id (produk fisik/ dropship)
  • Ratakan.com (produk digital/ affiliate)
  • Idaff.com (produk digital/ affiliate)

Baca Juga: Pembudidayaan Ulat Sutera

3. Bisnis Online Menjual Plugin dan Template WordPress

WordPress adalah aplikasi website berbasis open source. WordPress saat ini tengah menjadi primadona dikalangan pebisnis online. Dari wordpress tersebut para pebisnis online bisa meraup keuntungan yang berlimpah dari iklan yang dipasang di situs tersebut.

Seiring dengan meningkatnya pengguna wordprees, banyak situs-situs yang menjual plugin wordpress dengan tujuan untuk meningkatkan penghasilan. Harga yang ditawarkan tidak terlalu mahal hanya berkisar $15-$60. Namun harga tersebut tidak seberapa apabila dibandingkan dengan pengguna situs wordpress yang mencapai lebih dari 74 juta tersebar di seluruh dunia.

Artinya kamu akan mendapatkan peluang dan keuntungan besar dari jumlah pengguna situs wordpress tersebut, apabila menjual plugin dan juga templatenya. Para penjual tersebut bisa melakukan transaksi dalam seminggu dengan keuntungan puluhan juta hingga miliyaran rupiah dengan menjual lebih dari 1.500 kopi dalam seminggunya.

Kamu bisa mengunjungi penjualan template wordpress sendiri di:

  • codecanyon.net
  • themeforest.net
  • RocketTheme.com
  • ElegantThemes.com

4. Usaha Online Menjual Jasa Membuat Konten Website/ Menulis Artikel

Jasa menulis adalah salah satu jenis usaha online yang cukup laris di Indonesia saat ini.Jawabannya adalah efisiensi waktu. Para webmaster atau blogger menyukai jasa penulis content sebab mereka dapat diandalkan dalam menyediakan artikel untuk website tanpa harus kesulitan memikirkan ide-ide apa yang dibutuhkan dalam membuat sebuah artikel yang menarik.

Konten website bisa dalam bentuk teks, gambar, dan video. Namun dari kebanyakan konten website yang saya lihat rata-rata menggunakan teks atau artikel. Jika kamu atau orang di sekitar kamu memiliki kemampuan dalam menulis artikel, membuat video, dan gambar, maka peluang usaha online inilah yang harus kamu kerjakan.

Ada banyak pemilik website atau pemilik bisnis yang tidak dapat meluangkan waktu atau tidak memiliki skill yang baik dalam membuat konten, logo, dan video untuk website dan bisnis mereka. Jika kamu serius ingin membangun usaha online di bidang bisnis jasa penulis artikel website, mereka inilah target market ideal kamu.

Kamu bisa menemukan klien di beberapa situs ini:

  • Projects.co.id
  • Seribu.com
  • Sribulancer.com

Baca Juga: Pengertian Promosi Menurut Para Ahli

5. Menjadi Blogger Profesional

Mungkin beberapa dari kamu mempunyai bakat menulis namun bingung untuk menyalurkannya. Jika demikian cobalah untuk menjadi seorang blogger profesional. Karena disini kamu bisa menyalurkan bakat serta mendapatkan pundi-pundi uang.

Tentu model usaha online yang satu ini pasti hampir semua orang bisa mengerjakannya. Sudah sangat banyak pemilik blogger yang sukses dengan pendapatan yang fantastis. Salah satunya adalah blogger asal Inggris, dimana awalnya blog WordPress-nya yang bertopik tentang media sosial akhirnya menjadi sebuah situs besar dengan penghasilan mencapai empat ratus ribu dollar lebih per bulan.

Kalau dirupiahkan penghasilannya adalah empat miliar lebih per bulan. Nama situsnya adalah mashable.com, awalnya dibuat dengan CMS WordPress.org tapi sekarang sudah dibangun dengan rubyonrails.org.

Penghasilan dari blog bisa berasal dari program PPC (pay per click) Google Adsense, review produk, space iklan, dan lain-lain. Untuk menjadi seorang blogger tentunya bukan hal yang sangat sulit bukan? Jujur saja, saat pertama kali saya juga kesulitan untuk menulis sebuah artikel. Namun saya percaya ketekunan dalam mengerjakan sesuatu akan menghasilkan yang di inginkan.

“Seseorang akan menjadi ahli dalam suatu bidang tertentu yang diinginkan setelah dia melakukan atau mempelajarinya dalam waktu 10.000 jam”

Malcolm Gladwell

Demikian penjelasan 5 peluang bisnis online terbaru yang dapat membantu kamu membangun bisnis dari sekarang. Semoga bermanfaat.

Peluang Bisnis Online Terbaru Yang Patut Anda Coba