Pengaruh dan Permasalahaan Ekonomi Makro

Pengaruh-dan-Permasalahaan-Ekonomi-Makro

Pengaruh Ekonomi Makro Terhadap Perkembangan Bisnis

Ekonomi makro sebagai bagian dari kegiatan ekonomi yang menjelaskan perubahan ekonomi dalam skala besar yang akan memberi pengaruh terhadap masyarakat dan perusahaan dan pasar. Ekonomi makro juga berkaitan dengan segala permasalahan keuangan negara.

Di dalam bisnis, ekonomi makro memiliki peran untuk menganalisis cara-cara atau metode terbaik yang akan berpengaruh pada kebijakan target seperti pertumbuhan ekonomi, tenaga kerja, stabilitas harga dan pencapaian keseimbangan ekonomi.

Beberapa komponen ekonomi makro akan berpengaruh secara langsung terhadap pembuatan keputusan suatu perusahaan termasuk perkembangan perusahaan tersebut.

Baca Juga: Pengertian Ekonomi Makro Menurut Para Ahli

Permasalahan Ekonomi Makro Terhadap Perkembangan Bisnis

1. Pertumbuhan Ekonomi

Pertumbuhan ekonomi yang diartikan sebagai perubahan ekonomi negara dari periode satu ke periode selanjutnya. Hal ini mempengaruhi tingkat produksi suatu bisnis perusahaan karena laju inflasi yang tak terkendali.
Tidak terkendalinya laju inflasi menyebabkan kenaikan harga bahan baku yang akan berimbas pada pembengkakan biaya produksi. Tidak hanya itu, pengangguran adalah bagian dari pertumbuhan ekonomi yang mengurangi permintaan produksi perusahaan.

Dalam skala yang lebih kompleks, ekonomi makro berpengaruh terhadap kelangsungan suatu bisnis. Perkembangan bisnis tidak bisa dilepaskan dari dinamika ekonomi makro di Indonesia baik bisnis yang sedang dirintis maupun yang sudah berlangsung lama.

Baca Juga: Pengertian Organisasi Menurut Para Ahli

2. Masalah Pengangguran dan Kemiskinan

Banyak perusahaan yang memasarkan produknya ke masyarakat kelas menengah kebawah sebagai sasaran penjualan. Realitanya, di Negara Indonesia tingkat kemiskinan masih tinggi dan diprediksi akan semakin tinggi.

Sebagai sasaran penjualan produk perusahaan maka ekonomi masyarakat menengah kebawah dapat menjadi penyebab terhambatnya kenaikan pendapatan. Hal Ini bisa menjadi pertimbangan perusahaan agar juta menargetkan masyarakat menengah atas.

Selain itu permasalahan ekonomi yang Indonesia hadapi adalah tingkat pengangguran yang tinggi. Kedua permasalahan ini masalah abadi bagi negara Indonesia. Hal ini menjadikan pasar perusahaan semakin mengerucut. Persaingan di pasar sangat ketat untuk mendapatkan pelanggan.

Baca Juga: Tujuan dan Manfaat Literasi

3. Krisis Nilai Tukar terhadap Utang Luar Negeri

Sebagai permasalahan ekonomi makro bagi Indonesia, nilai tukar mempengaruhi devisa negara, dampak buruk yang paling bisa dirasakan oleh sektor swasta yang mengadakan pinjaman luar negeri. Bagi perusahaan besar yang menjalin kerjasama ekspor dan impor penjualan dengan pihak luar negeri akan menjadi masalah serius.

Misalnya saja modal didapatkan dari sumber dana oleh investor bisnis yang berasal dari luar negeri, dan jika terjadi penurunan nilai tukar rupiah maka akan berakibat pada pengembalian dana yang lebih besar. Utang terhadap luar negeri tidak mendapatkan perlindungan dari negara (hedging), sehingga ketika terjadi depresiasi nilai tukar menyebabkan pembengkakan utang dalam sekejap.

Baca Juga: Pengertian Ilmu Ekonomi Menurut Para Ahli

4. Permasalah Perbankan dan Kredit Macet

Faktor tingkat inflasi yang tinggi dan utang luar negeri menyebabkan gangguan terhadap sistem perbankan di Indonesia. Perbankan seringkali mengalami kesulitan likuiditas akibat banyaknya usaha yang macet karena beban utang negara.

Investor atau Perusahaan yang mendapatkan dana dari perbankan menjadi sasarannya. Hal ini akan menguras aset perusahaan, terlebih lagi pada perusahaan yang sedang berkembang yang umumnya mendapatkan modal dari bank.

UKM pun terkena imbasnya karena kesulitan menambah modal akibat perbankan yang mengalami kredit macet, sehingga sulit untuk mengembangkan bisnisnya.

Dengan memahami pengaruh dan permasalahan ekonomi makro terhadap perkembangan bisnis dapat menjadi rujukan yang tepat. Semoga bermanfaat.

1 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *