Pengertian Akuntansi Manajemen Menurut Para Ahli

Pengertian-Akuntansi-Manajemen-Menurut-Para-Ahli

Definisi Akuntansi Manajemen

Mengulas akuntansi manajemen tidak lepas pengertiannya, perbedaan antara akuntansi manajemen dengan akuntansi keuangan, fungsi dan tujuan, dan ruang lingkupnya. Akuntansi manajemen adalah sistem akuntansi yang bertujuan untuk menyajikan laporan keuangan untuk kepentingan pihak internal organisasi atau perusahaan, seperti manajer produksi, manajer pemasaran, manajer keuangan, dan pihak internal lainnya.

Informasi ini digunakan sebagai pedoman dalam mengambil kebijakan untuk masa yang akan datang berdasarkan data historis dari laporan keuangan.

Baca Juga: Fungsi dan Tujuan Akuntansi Manajemen

Pengertian Akuntansi Manajemen Menurut Para Ahli

Mulyadi

Mulyadi mendefinisikan akuntansi manajemen adalah informasi keuangan dihasilkan oleh tipe akuntansi manajemen, yang dimanfaatkan oleh pemakai intern entitas.

Charles T. Homgren

Charles T. Homgren mengatakan akuntansi manajemen adalah proses identifikasi, pengukuran, akumulasi, analisa, penyiapan, penafsiran, dan komunikasi tentang informasi yang membantu masing-masing eksekutif untuk memenuhi tujuan organisasi.

Halim & Supomo

Menurut Halim & Supomo, akuntansi manajemen adalah kegiatan yang menghasilkan informasi keuangan untuk manajemen sebagai dasar pengambilan keputusan dalam menjalankan fungsi manajemen.

Chartered Institute of Management Accountants (CIMA)

CIMA mendefinisikan akuntansi manajemen sebagai proses identifikasi, pengukuran, akumulasi, analisis, penyusunan, interpretasi, dan komunikasi informasi yang digunakan oleh manajemen untuk merencanakan, mengevaluasi dan pengendalian dalam suatu entitas dan untuk memastikan sesuai dan akuntabilitas penggunaan sumber daya tersebut. Akuntansi manajemen juga meliputi penyusunan laporan keuangan untuk kelompok non-manajemen seperti pemegang saham, kreditur, badan pengatur dan otoritas pajak.

Baca Juga: Fungsi dan Tujuan Manajemen Keuangan

Perbedaan Akuntansi Manajemen dan Akuntansi Keuangan

Akuntansi Manajemen ditujukan untuk kepentingan internal perusahaan sedangkan akuntansi keuangan sistem informasinya ditujukan untuk kepentingan eksternal perusahaan, seperti pihak investor, pemegang saham, pemerintah, kreditor, dan pihak eksternal lainnya yang berkepentingan langsung terhadap data laporan keuangan perusahaan.

Secara umum sistem informasi (Baca: Sistem Informasi Manajemen) mengenai akuntansi keuangan menyajikan data secara garis besar sedangkan akuntansi manajemen yang bersifat lebih detail dan terperinci. Laporan diklasifikasikan berdasarkan produk, departemen, dan wilayah pemasaran.

Dengan mengulas pengertian akuntansi manajemen menurut para ahli dapat menambah wawasan kamu. Semoga bermanfaat.

1 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *