Analisis adalah: Pengertian, Jenis-Jenis, dan Turunannya

Analisis adalah Pengertian, Jenis-Jenis, dan Turunannya
photo by pexels/goumbik

Pengertian analisis (analysis) adalah suatu aktivitas atau usaha yang didalamnya terdiri dari serangkaian proses seperti, membedakan, mengurai, dan memilah sesuatu yang kemudian dikelompokan atau dikategorikan menurut kriteria-kriteria tertentu, lalu ditafsirkan makna-maknanya. Ada juga yang mendefinisikan analisis sebagai suatu usaha untuk mengamati sebuah objek secara detail dan menyeluruh dengan cara menguraikan komponen-komponen pembentuknya untuk dikaji lebih dalam.

Istilah kata analisis sering digunakan pada berbagai bidang ilmu pengetahuan, seperti bidang pendidikan, ekonomi bisnis dan manajemen, matematika, kedokteran, bahasa, sosial, dan lainnya. Hal ini terjadi karena analisis merupakan salah satu unsur pengembangan ilmu pengetahuan di dalam bidang-bidang tersebut. Jadi, untuk memahaminya lebih dalam, mari kita bahas satu persatu.

Pengertian Analisis Menurut Kajian Para Ahli

Para ahli telah memaparkan kajiannya mengenai pengertian analisis, diantaranya yaitu:

1. Rifka Julianty

Pengertian analisis (analysis) adalah “aktivitas penguraian pada pokok dari berbagai bagiannya serta penelaahan bagian itu sendiri, dan hubungan antara bagian untuk merumuskan pengertian yang tepat serta pemahaman arti keseluruhan.”

2. Komaruddin

Definisi analisis adalah “aktivitas berpikir untuk menguraikan suatu keseluruhan menjadi bagian-bagian kecil sehingga dapat dikenali bagian-bagian tersebut, hubungan masing-masing bagian, serta fungsi setiap bagian dalam satu keseluruhan yang utuh.

3. Syahrul

Arti analisis dalam akuntansi adalah “kegiatan melakukan evaluasi terhadap beberapa kondisi dari ayat-ayat atau pos-pos yang berhubungan dengan akuntansi dan alasan-alasan yang memungkinkan mengenai perbedaan yang muncul.”

4. Wiradi

Arti analisis adalah “aktivitas yang berisi kegiatan membedakan, mengurai, dan memilah sesuatu objek yang kemudian dikelompokkan, dan dikategorikan menurut kriteria tertentu kemudian dicari makna serta kaitannya masing-masing.”

5. Husein Umar

Pengertian analisis yaitu “suatu proses kerja dari rangkaian tahapan pekerjaan sebelum melakukan riset, didokumentasikan dengan tahapan pembuatan laporan.”

6. Minto Rahayu

Definisi analysis adalah “cara dalam membagi suatu subjek ke dalam beberapa komponen, yang meliputi menguraikan, menanggalkan, melepaskan sesuatu yang terikat.”

7. Efrey Liker

Makna analisis adalah “aktivitas dalam mengumpulkan bukti-bukti, untuk menemukan sumber masalahnya.”

8. Robert J Schreiter

Pengertian analysis adalah “membaca teks yang melokalisasikan berbagai bentuk dan tanda serta menempatkannya dalam interaksi yang dinamis.”

9. KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia)

Analisis adalah “penyelidikan terhadap suatu peristiwa untuk mengetahui keadaan yang sebenarnya.”

Baca Juga: Pengertian Statistik Menurut Para Ahli, Jenis, Fungsi, dan Tujuan

Turunan Kata Analisis

Seperti kata-kata baku lainnya, kata analisis juga memiliki beberapa turunan yang sering digunakan dalam karya ilmiah, diantaranya sebagai berikut:

  • Menganalisis, pengertian menganalisis adalah suatu proses analisis.
  • Penganalisis, pengertian penganalisis adalah orang yang menganalisis.
  • Penganalisisan, pengertian penganalisisan adalah metode, cara, dan proses melakukan analisis.

Penggunaan Kata-Kata Analisis Dalam Berbagai Macam Istilah

Berdasarkan pengertian analisis yang telah dibahas sebelumnya, istilah kata analisis banyak digunakan dalam berbagai macam bidang ilmu pengetahuan, berikut ini beberapa contoh penggunaan istilah analisis:

1. Penggunaan Istilah Analisis Dalam Ilmu Bahasa

  • Analisis Deduktif
    Penelitian mengenai kebenaran sebuah pernyataan, dengan menunjukan bahwa pernyataan tersebut telah tercakup dalam pernyataan lain yang telah memiliki kebenaran.
  • Analisis Wacana
    Metode menguraikan wacana ke beberapa bagian-bagian yang memiliki fungsi analisis.
  • Analisis Bahasa
    Penelaahan yang dilakukan untuk menggarap data kebahasaan yang didapatkan dari penelitian lapangan dan pustaka untuk menemukan kesimpulan.

2. Penggunaan Istilah Analisis Dalam Ilmu Kesehatan

  • Analisis Lambung
    Pemeriksaan yang dilakukan pada isi lambung untuk mengetahui pola makan.
  • Analisis Kekebalan
    Menguji sistem kekebalan tubuh menggunakan antigen antibodi.
  • Analisis Pencernaan
    Pemeriksaan sistem pencernaan untuk mengetahui asupan nutrisi yang dapat diserap oleh tubuh.

3. Penggunaan Istilah Analisis Dalam Bidang Bisnis

  • Analisis Pasar
    Menganalisis ciri-ciri, lokasi, segmentasi, dan potensi pasar.
  • Analisis SWOT
    Metode dalam mengevaluasi kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman yang mungkin dihadapi di dalam bisnis.
  • Analisis Kinerja
    Evaluasi kemampuan seseorang dalam menjalankan tugas yang diberikan.

4. Penggunaan Istilah Analisis Dalam Bidang Ilmu Kimia

  • Analisis Endapan
    Cara pemisahan partikel berdasarkan tingkat endapan dalam cairan.
  • Analisis Ayak
    Metode pemisahan zat-zat padat menurut ukurannya menggunakan alat pengayak.

Di dalam karya ilmiah umumnya penulis akan memaparkan berbagai analisa yang telah dilakukannya. Pemaparan tersebut harus bersifat objektif dan logis, jika penulis tidak mampu melakukan pemaparan analisis yang logis maka penelitiannya tidak akurat.

Baca Juga: Pengertian Metode Penelitian, Jenis-Jenis dan Contohnya

Perbedaan Umum Kata Analisis dan Analisa

Mengacu pada KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia), kata analisis merupakan kata baku dan benar. Namun, sebagian orang menganggap kata analisa merupakan kata yang tepat. Hal ini merupakan kekeliruan yang sering terjadi di dalam karya ilmiah. Jadi, sebaiknya kamu telaah lagi dengan baik, berdasarkan sumber bahasa dan pemakaian kata yang tepat agar karya ilmiah kamu tidak ada kerancuan pada penggunaan kata.

Kesimpulan

Semua bidang ilmu pengetahuan dalam pengembangannya selalu melalui tahap analisis yang mendalam sehingga dapat diterima keakuratannya. Dalam bidang ekonomi bisnis, istilah analisis menjadi hal utama dalam merancang perencanaan agar dapat diimplementasikan secara tepat.

1 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *