Pengertian Analisis Data, Fungsi, Tujuan, Jenis dan Prosedur

Pengertian-Analisis-Data-Fungsi-Tujuan-Jenis-dan-Prosedur
img by fiverr.com

Secara umum, pengertian analisis data adalah proses atau upaya mengolah data menjadi informasi baru sehingga ciri-ciri data tersebut lebih mudah dipahami dan berguna untuk penyelesaian masalah khususnya yang berkaitan dengan penelitian. Selain itu, analisis data juga dapat diartikan sebagai kegiatan yang dilakukan untuk mengubah data hasil penelitian menjadi informasi baru yang dapat digunakan sebagai kesimpulan.

Adapun tujuan dari analisis data adalah menjelaskan data untuk memudahkan pemahaman, dan kemudian disusun dalam kesimpulan yang telah dicapai. Kesimpulan dari analisis data diperoleh dari sampel yang secara umum didasarkan pada bukti hipotesis atau asumsi.

Untuk lebih lengkapnya mengenai pembahasan ini, berikut adalah penjelasan menurut para ahli.

Pengertian Analisis Data Menurut Para Ahli

Para ahli telah menjelaskan secara rinci mengenai apa itu analisis data.

  • Taylor (1975)

Yang dimaksud dengan analisis data adalah suatu proses yang secara formal merinci upaya untuk menemukan topik dan merumuskan hipotesis (gagasan) seperti yang dikemukakan dan sebagai upaya untuk memberikan bantuan dan topik untuk hipotesis.

  • Lexy J. Moleong (2002)

Pengertian analisis data adalah proses menyusun urutan data, mengorganisasikannya ke dalam pola dasar, kategori, dan satuan uraian.

Jenis dan Macam Analisis Data

Jenis analisis data dapat dibedakan kedalam beberapa cara atau metode. Berikut ini adalah jenis-jenis analisis data:

  • Analisis data deskriptif

Yang dimaksud analisis data deskriptif adalah teknik analisis yang digunakan dalam analisis data dengan membuat deskripsi data yang dikumpulkan, tanpa membuat generalisasi dari hasil penelitian. Beberapa yang termasuk dalam analisis data deskriptif disajikan dalam bentuk:

  1. Grafik
  2. Presentasi
  3. Table
  4. Frekuensi
  5. Diagram
  6. Dan lain-lain
  • Analisis data inferensial

Yang dimaksud analisis data inferensial yaitu teknik analisis data yang menggunakan statistik diterapkan untuk membuat kesimpulan umum. Analisis inferensial menggunakan rumus statistik tertentu. Hasil perhitungan rumus tersebut akan menjadi dasar untuk menggeneralisasikan sampel ke populasi. Jadi, analisis inferensial ini berfungsi untuk menggeneralisasi hasil studi sampel untuk suatu populasi.

Langkah dan Prosedur Analisis Data

Saat menganalisis data, peneliti harus didasarkan pada prosedur dan langkah tertentu. Berikut adalah beberapa tahapan analisis data:

  • Pengumpulan data (data mining), yaitu tahapan awal dari kegiatan analisis data.
  • Tahap editing, merupakan proses pengecekan kejelasan dan kelengkapan sumber terkait dengan kelengkapan instrumen pendataan.
  • Tahap pengkodean (encoding), yaitu proses mengidentifikasi dan mengklasifikasikan semua pernyataan dalam instrumen pengumpulan data berdasarkan variabel yang diteliti.
  • Tahap pengujian, merupakan proses pengujian kualitas data, baik dari segi validitas maupun reliabilitas instrumen dari pengumpulan data.
  • Tahap pendeskripsian data, merupakan proses pembuatan uraian data dengan cara menyajikannya dalam bentuk tabel atau diagram frekuensi dengan berbagai ukuran tendensi sentral dan ukuran dispersi. Tujuannya untuk memahami karakteristik sampel data dari suatu penelitian.
  • Tahapan pengujian hipotesis, adalah proses pengecekan apakah suatu proposisi dapat diterima atau ditolak, ada makna atau tidaknya. Berdasarkan tahapan ini, suatu kesimpulan atau keputusan akan dibuat.

Keuntungan Analisis Data

Ada beberapa keuntungan atau manfaat melakukan analisis data dalam sebuah kegiatan penelitian. Berikut adalah beberapa manfaat analisis data:

  • Mendapatkan hasil pengukuran yang lebih jelas.
  • Proses identifikasi lebih andal atau reliable.
  • Ini memungkinkan Anda untuk mengidentifikasi hal-hal penting.
  • Ini dapat dilihat secara visual untuk membantu peneliti membuat keputusan dengan cepat dan akurat.
  • Dalam aktivitas bisnis, analisis data membantu proses mengidentifikasi masalah yang memerlukan tindakan atau keputusan.
  • Memiliki kesadaran yang lebih baik tentang potensi pelanggan.

Kesimpulan

Demikian penjelasan tentang pengertian analisis data, jenis analisis data, langkah-langkah analisis data dan keunggulannya. Dalam suatu penelitian, kita harus memahami secara fundamental konsep-konsep yang ada dalam kegiatan riset agar menghasilkan output yang diinginkan.

2 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *