Barang Komplementer: Pengertian, Fungsi dan Contohnya

Barang Komplementer Pengertian, Fungsi dan Contohnya
Photo by JESHOOTS.com from Pexels

Pengertian barang komplementer (pelengkap) adalah barang yang penggunaannya serupa atau berpasangan dengan penggunaan barang lain. Jika penggunaan item A mengharuskan penggunaan item B, dua produk (A dan B) saling melengkapi.

Kita berasumsi bahwa produk tersebut saling bergantung dan ada hubungan di antara mereka. Akibatnya, permintaan barang pelengkap akan saling terkait, dan penggunaannya akan mempengaruhi tinggi rendahnya permintaan pasar akan barang.

Fungsi Barang Komplementer

Barang komplementer biasanya memiliki nilai yang lebih rendah atau sama dari barang yang kita gunakan. Namun, jika dipasangkan dengan produk lain, ini meningkatkan nilai total transaksi.

Misalnya, permintaan untuk satu item seperti printer hampir selalu memerlukan permintaan untuk item lain yaitu kartrid tinta. Ketika harga suatu benda turun dan pelanggan membeli lebih banyak, mereka cenderung membeli pelengkap juga. Demikian pula, jika harga satu barang naik karena permintaan turun, permintaan barang berpasangan atau pelengkap bisa turun juga.

Tentunya Anda memiliki pendamping sebagai item pelengkap agar bisa digunakan secara maksimal. Hasilnya, mereka yang memilikinya merasa puas. Barang pelengkap tidak dapat beroperasi tanpa adanya barang lain; agar dapat berfungsi dengan baik dan benar, ia membutuhkan keberadaan barang lain.

Contoh-Contoh Barang Komplementer

Ada beberapa contoh barang pelengkap yang kami gunakan secara rutin. Kami menggunakan hal-hal pujian dalam hobi kami sepanjang waktu, meskipun kami tidak menyadarinya. Berikut ini beberapa contoh hal-hal yang cocok:

Kopi dan gula

Saat Anda menginginkan secangkir kopi yang manis tetapi tidak memiliki gula di rumah. Apa yang salah? Meskipun Anda masih bisa membuat secangkir kopi, rasanya sangat pahit. Pekerjaan gula sebagai pelengkap kopi sekarang lebih penting dari sebelumnya. Namun, jika kita mencampur kopi atau menambahkan gula, rasanya enak dan kita bisa meminumnya sambil bersantai.

Smartphone dan data internet

Mungkin Anda memang memiliki ponsel cerdas, tetapi ini hanya berfungsi sebagai media kontak. Jika ponsel Anda diberi kuota internet, Anda dapat menggunakannya untuk mengakses internet dan berkomunikasi melalui media sosial. Anda juga dapat menonton YouTube atau video streaming langsung, serta bermain games online.

Begini cara paket data berfungsi sebagai barang pelengkap untuk smartphone. Namun, jika kita masih memiliki ponsel, kita juga dapat menggunakannya dengan cara yang mirip dengan bagaimana kita tidak dapat menggunakan internet jika kita masih memiliki paket data. Dalam hal ini, fitur paket data merupakan pelengkap konektivitas internet smartphone.

Remote untuk televisi

Kita bisa menonton televisi tanpa remote karena merupakan gadget interaktif di rumah kita. Tapi bagaimana jika yang kita punya hanyalah remote? Kami jelas tidak akan dapat menggunakan hal-hal ini. Akibatnya, gunakan remote sebagai pelengkap televisi.

Kita dapat dengan cepat mengatur saluran televisi dengan remote control, dan kita dapat melakukannya saat berbaring tanpa harus berhadapan langsung dengan televisi.

Kompor dengan gas

Tentu saja, kita  akan menggunakan kompor dan gas saat kami memasak. Jika kita hanya punya gas, misalnya, kita tidak akan bisa memasak makan malam kita, begitu pula sebaliknya. Kompor dan gas ini dirancang untuk saling melengkapi satu sama lain.

Kesimpulan

Itulah beberapa contoh objek yang saling melengkapi. Barang pelengkap atau barang komplementer pada hakikatnya merupakan barang kebutuhan pokok yang banyak diminati.

1 Shares:
Leave a Reply