Barang Substitusi: Pengertian, Fungsi, dan Contohnya

Barang Substitusi - Pengertian, Fungsi, dan Contohnya
Photo by Maria Orlova from Pexels

Secara umum, barang substitusi atau produk pengganti adalah barang yang dapat diperjualbelikan atau diganti dengan barang lain tanpa kehilangan nilai atau fungsinya. Dengan kata lain, produk pengganti adalah komoditas serupa yang dapat diganti dengan barang lain dengan sedikit atau tanpa perbedaan.

Produk substitusi, berbeda dengan barang pelengkap atau barang komplementer, merupakan alternatif. Barang substitusi adalah produk atau jasa yang oleh pelanggan dianggap sama atau setara dengan produk lain, menurut teori ekonomi.

Sederhananya, ini adalah barang fungsional yang melakukan tujuan yang sama tetapi dibentuk atau diberi merek berbeda. Dalam terminologi ekonomi formal, x dan y adalah substitusi jika permintaan untuk barang x naik saat harga barang y naik, atau jika elastisitas silang permintaan positif.

Fungsi Barang Substitusi

Daftar Isi

Produk pengganti sangat penting di pasar dan dianggap bermanfaat bagi pelanggan. Mereka memberi pelanggan lebih banyak pilihan, yang memungkinkan mereka membantu memenuhi kebutuhan mereka.

Ketika item yang dipilih telah berubah atau item asli tidak lagi dapat diakses, item ini dipilih. Alternatifnya, mengganti lebih nyaman atau menguntungkan dalam penggunaannya.

Perubahan harga, kemudahan, atau struktur adalah contoh umum dari perubahan ini. Meskipun kedua produk tersebut tidak memiliki performa yang sama, keduanya memiliki tujuan umum yang sama dan memenuhi kebutuhan konsumen yang sama. Misalnya nasi dan jagung atau singkong.

Rekomendasi Editor

Contoh-Contoh Barang Substitusi

Berdasarkan pengertian barang  substitusi diatas, berikut ini beberapa contoh barang pengganti yang bisa kita ketahui:

Beras diganti dengan jagung atau singkong

Kita tidak punya nasi, dan jika kita tidak bisa mendapatkan beras karena terlalu jauh atau kita tidak mampu membelinya, kita bisa mengganti jagung atau singkong, yang mungkin tersedia di rumah Anda. Sebagai makanan pokok, Anda bisa memasak jagung atau singkong. Beras, ubi kayu, dan jagung semuanya memiliki fungsi yang sama sebagai sumber energi untuk menjalankan tugas.

Pensil diganti dengan pulpen atau sebaliknya

Mungkin Anda ingin menulis tetapi pulpen Anda penuh dengan tinta, dan Anda memiliki pensil yang juga dapat digunakan sebagai alat tulis. Alhasil, tintanya sudah diganti dengan pensil. Anda juga harus menulis dan menyelesaikan tugas Anda. Meskipun kedua elemen ini berbeda, semuanya memiliki tujuan yang sama: membuat.

Mie instan menggantikan nasi

Nasi bisa ditambah dengan mie instan jika Anda terlalu lelah untuk menanak nasi atau jika Anda tinggal di rumah kos yang tidak mampu menanak nasi. Mie juga cepat disiapkan.

Laptop menggantikan komputer desktop

Misalnya, apakah Anda menjadi pembicara atau pergi ke kampus, Anda mungkin tidak ingin membawa komputer karena ukurannya besar, rumit, dan sulit untuk dibawa. Anda kemudian harus membawa laptop Anda. Laptop dan komputer menjalankan fungsi yang sama, jadi laptop sebaiknya digunakan sebagai pengganti komputer.

Santan kelapa diganti denga santan dalam kaleng

Ada juga santan kemasan yang bisa digunakan sebagai pengganti santan. Sebaiknya langsung beli santan kemasan karena tidak mau masak lama-lama. Peran santan dan santan dalam kaleng sama saja. Sehingga jika salah satu dari keduanya tidak mungkin dilakukan atau hanya satu yang terbuka, kita dapat memilih di antara keduanya.

Bahan bakar premium diganti dengan pertalite

Karena ketersediaan premium saat ini sangat buruk di suatu wilayah, jika Anda perlu mengisi ulang kendaraan Anda dan premium tidak tersedia di SPBU, Anda dapat menggunakan pertalite.

Cangkir dengan gelas

Gelas harus digunakan sebagai pengganti cangkir dan sebaliknya. Misalnya, gelas rumah Anda semuanya rusak. Anda bisa minum dari cangkir kapanpun Anda mau.

Kursi diganti dengan tikar atau karpet

Contoh barang subtitusi lain yaitu jika Anda memiliki kursi yang tidak sesuai untuk digunakan di rumah, meskipun Anda hanya memiliki sedikit kursi, Anda dapat menggunakan alas seperti tikar atau karpet untuk diduduki pengunjung saat mereka berkunjung. Karpet ini disebut sebagai barang pengganti sehingga bisa digunakan sebagai pengganti kursi.

Bus dan transportasi umum diganti dengan ojek online

Anda harus naik angkot atau taksi ke kantor atau sekolah jika Anda melewatkan bus yang menuju ke sekolah atau tempat kerja Anda dapat diganti dengan ojek online.

Kesimpulan

Penggunaan produk pengganti dilakukan dengan sejumlah faktor dalam pikiran. Misalnya, ketika harga satu produk naik, tidak ada yang mampu membelinya. Karena tidak ada dua barang yang persis sama, definisi ini seperti filosofi ekonomi, tetapi akan menggantikan keunggulan barang-barang tersebut. Dalam suatu perusahaan, penggunaan bahan pengganti dalam proses manufaktur merupakan cara yang wajar untuk meningkatkan kinerja produksi.

source: cpssoft.com/blog

1 Shares:
Leave a Reply