Pengertian Belajar Menurut Para Ahli, Tujuan, Jenis dan Ciri-Ciri

Pengertian Belajar Menurut Para Ahli
Photo By Pexels.com/137666

Pengertian belajar secara umum adalah sebuah upaya atau proses yang dilakukan oleh setiap individu untuk mendapatkan banyak pengetahuan, keterampilan, merubah perilaku, sikap serta nilai positif sebagai pengamalan dari berbagai macam materi yang sudah dipelajari. Selain itu definisi belajar artinya segala aktivitas psikis yang individu lakukan sehingga ada perbedaan perilaku atau tingkah laku antara sebelum dan setelah belajar.

Perubahan sikap, tingkah laku, tanggapan tersebut terbentuk karena adanya pengalaman baru, memiliki keilmuan khusus, menguasai suatu keterampilan setelah belajar dan aktivitas berlatih yang terus menerus. Jadi dapat disimpulkan dari 2 penjelasan diatas, arti belajar adalah proses perubahan perilaku dan kepribadian seorang individu yang dimana perubahan tersebut adalah peningkatan peningkatan, daya pikir, sikap, pemahaman, keterampilan serta berbagai kemampuan lainnya.

Baca Juga: Pengertian Pancasila Menurut Para Ahli

Pengertian Belajar Menurut Para Ahli Pendidikan

Para ahli telah menjelaskan secara khusus mengenai pengertian belajar, diantaranya sebagai berikut:

Thursan Hakim

Pengertian belajar menurut Thursan Hakim adalah sebuah proses perubahan dalam kepribadian seorang manusia yang ditunjukan dalam bentuk peningkatan kuantitas dan kualitas tingkah laku seperti meningkatnya pengetahuan, pemahaman, daya pikir, kecakapan, kebiasaan, sikap, keterampilan dan kemampuan lainnya.

M Sobry Sutikno

M Sobry Sutikno menjelaskan definisi belajar adalah suatu proses upaya/usaha yang dilakukan oleh individu untuk mendapatkan suatu perubahan yang baru sebagai hasil pengalamannya sendiri dalam bersosialisasi dalam lingkungannya. Perubahan tersebut merupakan sesuatu yang dilakukan secara sadar dan bertujuan untuk memperoleh sesuatu yang lebih baik dari sebelumnya.

Hilgard dan Bower

Arti belajar adalah perubahan tingkah laku individu terhadap sebuah situasi tertentu yang disebabkan oleh pengalaman yang berulang-ulang dalam situasi dan kondisi tersebut.

Skinner

Definisi belajar adalah suatu proses penyesuaian atau adaptasi tingkah laku yang berlaku secara progresif.

C T Morgan

C T Morgan telah menjelaskan bahwa pengertian belajar adalah suatu proses perubahan yang relatif dalam menetapkan tingkah laku sebagai hasil atau akibat dari pengalaman yang telah lalu.

Baca Juga: Ruang Lingkup Manajemen Pendidikan

Ciri-Ciri atau Karakteristik Belajar

Mengacu pada definisi diatas maka belajar memiliki karakteristiknya sendiri, berikut ini ciri-ciri belajar.

  1. Perubahan tingkah laku dari hasil belajarkan yang bersifat menetap dan permanen.
  2. Proses belajar membutuhkan waktu yang lama dimana akan menghasilkan tingkah laku yang positif.
  3. Terjadinya perubahaan perilaku baik yang diamati atau yang tidak diamati secara langsung.
  4. Proses belajar dapat terjadi dalam lingkup interaksi sosial dalam lingkungan masyarakat dimana tingkah laku seseorang dapat berubah karena lingkungan.
  5. Beberapa perubahan yang tidak termasuk dalam proses belajar adalah karena adanya hipnosis, pertumbuhan, mukjizat, hal ghaib, kematangan, kerusakan fisik, dan penyakit.

Slameto menjelaskan bahwa ciri-ciri perubahan tingkah laku sebagai hasil belajar ada beberapa hal, diantaranya:

  1. Bersifat aktif dan positif.
  2. Bersifat fungsional, menetap, dan bekelanjutan.
  3. Perubahan terjadi secara sadar.
  4. Meliputi segala aspek tingkah laku seseorang.
  5. Memiliki arah dan tujuan yang jelas.

Tujuan Belajar

Menurut Sardiman (2011), ada 3 (tiga) tujuan belajar secara umum, diantaranya sebagai berikut:

  1. Untuk memperoleh pengetahuan secara lebih spesifik.
  2. Menanamkan konsep dan keterampilan yang khusus.
  3. Membentuk karakter, mental dan sikap seseorang menjadi lebih positif.

Baca Juga: Fungsi dan Tujuan Sistem Informasi Manajemen

Jenis-Jenis Belajar

Dikutip dari laman maxmanroe.com ada 8 (delapan) jenis belajar yang dilakukan oleh seseorang, diantaranya sebagai berikut:

  1. Belajar Rasional. Proses belajar yang menekankan pada kemampuan berpikir sesuai dengan akal sehat yang logis dan rasional dalam memecahkan suatu masalah.
  2. Belajar Abstrak. Proses belajar yang menggunakan pemikiran abstrak dalam pemecahan masalah yang tidak nyata.
  3. Belajar Keterampilan. Proses belajar yang menggunakan kemampuan gerak motorik urat syaraf dan otot-otot dalam menguasai keterampilan jasmaniah tertentu.
  4. Belajar Pengetahuan. Proses belajar berbagai ilmu pengetahuan baru yang terencana untuk menguasai materi pelajaran melalui proses kegiatan investigasi dan eksperimen.
  5. Belajar Sosial. Proses belajar dalam memahami fenomena yang terjadi dalam lingkungan masyarakat. Seperti masalah organisasi, keluarga, persahabatan, dan masalah sosial masyarakat.
  6. Belajar Pemecahan Masalah. Proses belajar yang sistematis, teliti, dan teratur dengan menggunakan metode-metode ilmiah dalam menyelesaikan masalah tertentu.
  7. Belajar Kebiasaan. Proses perbaikan kebiasaan dan perilaku kearah yang lebih positif.
  8. Belajar Apresiasi. Proses belajar kemampuan dalam mempertimbangkan arti dan nilai suatu objek tertentu sehingga individu dapat menghargainya.

Baca Juga: Pengertian dan Teori Manajemen Konflik Menurut Para Ahli

Kesimpulan

Pengertian belajar yang memiliki cakupan luas dan sangat spesifik dapat dijadikan landasan yang tepat dalam menyusun perencanaan manajemen pendidikan yang diterapkan oleh instansi pendidikan. Dengan memahaminya maka akan terjadi sinergitas yang baik dalam ekosistem pendidikan suatu bangsa. Semoga pembahasan ini bermanfaat.

1 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *