Pengertian Efektivitas Menurut Para Ahli

Pengertian-Efektivitas-Menurut-Para-Ahli

Definisi Efektivitas

Pengertian Efektivitas dapat diartikan sebagai suatu keadaan dimana menunjukkan tingkat keberhasilan atau pencapaian suatu tujuan yang ditinjau dan diukur dengan kualitas, kuantitas, dan waktu, sesuai dengan rencana yang telah ditetapkan sebelumnya.

Definisi lain dari efektivitas adalah suatu tingkat keberhasilan yang diraih oleh orang atau organisasi/perusahaan dengan cara dan metode tertentu sesuai dengan tujuan yang hendak dicapai. Jadi, semakin banyak rencana yang berhasil dicapai maka kegiatan tersebut dianggap efektif.

Rumus Efektivitas
Efektivitas = (Output Actual / Output Target) ≥ 1

1. Jika hasil perbandingan output aktual dengan output target < 1 maka efektivitas tidak tercapai.
2. Jika hasil perbandingan output aktual dengan output target ≥ 1 maka efektivitas tercapai.

Pengertian Efektivitas Menurut Para Ahli

Untuk memahami lebih mendalam apa itu efektivitas, ada beberapa ahli yang telah mendefinisikan efektivitas dengan lengkap.

1. Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI)

KBBI mengartikan efektivitas adalah daya guna, keaktifan, serta adanya kesesuaian dalam suatu kegiatan antara seseorang yang melaksanakan tugas dengan tujuan yang ingin dicapai.

2. Prasetyo Budi Saksono

Prasetyo Budi Saksono menjelaskan bahwa efektivitas adalah seberapa besar tingkat kelekatan antara keluaran (output) yang dicapai dengan keluaran yang diharapkan dari jumlah masukan (input) dalam suatu perusahaan atau seseorang.

Baca Juga: Pengertian Manajemen

3. Ravianto (2014: 11)

Menurut Ravianto mendefinisikan efektivitas adalah seberapa baik pekerjaan yang dilakukan, sejauh mana orang menghasilkan keluaran sesuai dengan yang diharapkan. Jadi, jika suatu pekerjaan dapat diselesaikan sesuai dengan perencanaan, baik dalam waktu, biaya, maupun mutunya, maka dapat dikatakan efektif.

4. Sondang P. Siagian

Sondang P. Siagian mendefinisikan efektivitas sebagai suatu pemanfaatan sarana prasarana, sumber daya dalam jumlah tertentu yang sebelumnya telah ditetapkan untuk menghasilkan sejumlah barang atau jasa kegiatan yang akan dijalankan oleh seseorang atau suatu perusahaan.

5. Schemerhon John R. Jr.

Schemerhon John R. Jr. menjelaskan bahwa efektivitas adalah pencapaian target keluaran (output) yang akan diukur dengan cara membandingkan output anggaran atau OA (seharusnya) dengan output realisasi atau OS (sesungguhnya). Jika OA > OS maka akan dinilai efektif.

Baca Juga: Pengertian Manajemen Pemasaran

6. Gibson (Bungkaes 2013: 46)

Gibson mengatakan bahwa efektivitas merupakan penilaian yang dibuat sehubungan dengan prestasi individu, kelompok, dan organisasi. Semakin dekat prestasi mereka terhadap prestasi yang diharapkan (standar), maka mereka dinilai semakin efektif.

Dengan memahami pengertian efektivitas menurut para ahli bisa menjadi rujukan kamu dan menambah wawasan kamu. Semoga bermanfaat.

1 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *