Pengertian Efisiensi Menurut Para Ahli

Pengertian-Efisiensi-Menurut-Para-Ahli

Definisi Efisiensi

Efisiensi dapat didefinisikan sebagai suatu ukuran keberhasilan sebuah kegiatan atau proyek yang dinilai berdasarkan besarnya biaya beserta sumber daya yang digunakan atau dikeluarkan untuk mencapai hasil yang diinginkan. Bisa disimpulkan bahwa semakin sedikit sumber daya atau biaya yang digunakan untuk mencapai hasil yang diinginkan maka prosesnya dapat dikatakan semakin efisien.

Maka, suatu kegiatan dapat dikatakan efisien apabila ada perbaikan pada prosesnya, misalnya menjadi lebih murah atau lebih cepat.

Baca Juga: Pengertian Efektivitas

Pengertian Efisiensi Menurut Para Ahli

Pengertian efisien telah dijelaskan oleh para ahli secara lengkap. Agar kamu lebih memahami definisi efisiensi, berikut ini adalah penjelasan efisiensi menurut para ahli:

1. S. P. Hasibuan (1984: 233-4)

S. P. Hasibuan berpendapat bahwa efisiensi adalah perbandingan yang terbaik antara masukan (input) dan hasil antara biaya dan keuntungan (output), seperti halnya juga hasil optimal yang dicapai dengan penggunaan sumber yang terbatas. Dengan kata lain hubungan antara apa yang telah diselesaikan.

2. Mulyamah (1987: 3)

Menurut Mulyamah mendefinisikan efisiensi sebagai suatu ukuran yang digunakan untuk membandingkan rencana penggunaan masukan dengan penggunaan yang direalisasikan atau penggunaan yang sebenarnya

3. Mulyadi (2007: 63)

Mulyadi mengemukakan bahwa efisiensi adalah ketepatan cara (usaha, kerja) dalam menjalankan sesuatu dengan tidak membuang-buang waktu, tenaga dan biaya. Efisiensi juga berarti rasio antara input dan output atau biaya dan keuntungan.

Baca Juga: Tujuan dan Manfaat Efisiensi beserta Contoh

Pengertian Efisiensi dalam Ekonomi

Pada KBBI, efisiensi tidak dijelaskan secara lebih detail untuk keperluan ekonomi atau bisnis. Ditinjau dari topik skala produksi (Baca: Pengertian Manajemen Produksi) arti efisiensi masih kabur dan sulit untuk dipahami. Arti yang nyaris mengena adalah pada arti kata umum dari KBBI yang menekankan “tanpa membuang” yang merupakan definisi umum ke dua.

Dari segi ekonomi, efisiensi selalu dikaitkan dengan proses produksi. Secara umum proses produksi adalah tahap-tahap yang harus dilalui barang atau produk sebelum dipasarkan. Proses produksi meliputi proses input (bahan, resource, pekerja dan modal) yang kemudian akan dibentuk menjadi output (barang jadi atau produk) setelah melalui proses-proses tertentu.

Definisi efisiensi di dalam proses produksi adalah hal yang ingin dicapai untuk mendapatkan keuntungan yang besar. Fokus pada penggunaan input secara minimalis namun tetap menghasilkan target output yang diinginkan.

Baca Juga: Pengertian Manajemen Operasional

Tujuan dari meminimalkan input adalah untuk menekan atau memangkas besaran biaya yang akan dikeluarkan dalam proses-proses produksi. Untuk menghasilkan produk atau barang tentu diperlukan unsur-unsur pendukung, seperti modal, pekerja yang memproses, bahan baku (material), mesin. Semua hal tersebut akan ditekan seminimal mungkin untuk menghasilkan keuntungan maksimal.

Dengan memahami pengertian efisiensi menurut para ahli dapat membantu kamu dalam membedakan arti efisiensi dan efektivitas. Semoga bermanfaat.

1 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *