Pengertian Ekonomi Menurut Para Ahli, Prinsip, Motif, Kegiatan Ekonomi

Pengertian Ekonomi Menurut Para Ahli, Prinsip, Motif, Kegiatan Ekonomi
photo by pexels/belart84

Pasti kamu pernah mendengar istilah “ekonomi”, tapi apa pengertian ekonomi? Secara umum ekonomi adalah suatu cabang ilmu sosial yang mempelajari mengenai perilaku manusia yang berhubungan dengan aktivitas produksi, distribusi, serta konsumsi terhadap suatu barang ataupun jasa. Namun, ada juga yang mengartikan ekonomi yaitu semua yang berkaitan dengan upaya dan daya manusia untuk memenuhi kebutuhan hidupnya dalam mencapai suatu tingkat kemakmuran di dalam kehidupan sosial.

Secara bahasa, kata “ekonomi’ berasal dari bahasa yunani kuno, yaitu “oikos” yang maknanya rumah tangga atau keluarga, dan “nomos” artinya hukum atau peraturan. Sehingga arti ekonomi secara tata bahasa adalah suatu manajemen rumah tangga, atau peraturan dalam keluarga.

Selain penjelasan umum mengenai definisi ekonomi, ada juga yang dikenal dengan motif ekonomi. Motif ekonomi adalah sebuah alasan seseorang dalam melakukan aktivitas ekonomi. Ada beberapa motif ekonomi, berikut diantaranya:

  • Motif untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Yang umumnya dilakukan oleh pembeli/konsumen, seperti membeli kebutuhan pokok.
  • Motif untuk mendapatkan keuntungan. Ini merupakan motif yang dilakukan oleh penjual, seperti pedagang menjual bahan-bahan pokok.
  • Motif sosial.
  • Motif penghargaan.
  • Motif meraih kekuasaan.

Baca Juga: Konsep dan Ruang Lingkup Ilmu Ekonomi

Definisi Ekonomi Menurut Para Ahli

Para ahli dalam bidang sosial dan ekonomi telah menjelaskan pengertian ekonomi secara mendalam dan jelas, berikut diantaranya:

Hermawan Kartajaya

Arti ekonomi yaitu “suatu wadah dimana sektor-sektor industri melekat diatasnya.”

John Adam Smith

Definisi ekonomi adalah “penyelidikan tentang suatu keadaan dan sebab-sebab adanya kekayaan negara”

Robbins

Pengertian ekonomi adalah “studi tentang perilaku manusia sebagai hubungan antar tujuannya yang dihadapkan dengan ketersediaan sumber daya untuk meraih tujuannya.”

John Stuart Mill

Definisi ekonomi yaitu “ilmu yang berfokus pada penciptaan nilai tukar barang & jasa yang dapat meningkatkan kemakmuran dan kekayaan suatu negara.”

Alfred Marshall

Pengertian ekonomi adalah “studi tentang perilaku manusia sebagaimana mereka menjalani hidup, berpikir, dan bergerak dalam konteks keseharian.”

Baca Juga: Pengertian Pembangunan Ekonomi

Motif-Motif Ekonomi

Motif ekonomi merupakan segala sesuatu yang menjadi alasan yang membuat seseorang melakukan kegiatan ekonomi. Ada 2 motif ekonomi, diantaranya sebagai berikut:

Motif Ekonomi Berdasarkan Asalnya

Ada 2 motif ekonomi berdasarkan asalnya, diantaranya yaitu:

1. Motif intrinsik

Motif intrinsik adalah dorongan atau alasan dari dalam diri manusia untuk melakukan aktivitas ekonomi. Contohnya, saat lapar manusia akan mencari makanan.

2. Motif Ekstrinsik

Motif ekstrinsik adalah pengaruh atau dorongan yang berasal dari faktor luar manusia dalam melakukan aktivitas ekonomi. Contohnya, seseorang ingin membeli kendaraan karena melihat orang lain membeli kendaraan.

Baca Juga: Pengertian Ekonomi Mikro Menurut Para Ahli

Motif Ekonomi Berdasarkan Pertimbangan Ekonomi

Ada 3 macam motif ekonomi berdasarkan pertimbangan ekonomi, diantaranya yaitu:

  • Motif untuk bertahan hidup, ini merupakan dorongan dalam diri manusia untuk mempertahankan hidup, sehingga berupaya melakukan berbagai hal. Contohnya, bekerja agar mendapatkan uang untuk membeli makanan.
  • Motif untuk mendapatkan keuntungan, ini adalah dorongan atau keinginan manusia untuk meraih keuntungan dari aktivitas ekonomi. Contohnya, menjual barang kepada orang lain dengan tujuan untuk mendapatkan keuntungan dari perdagangan tersebut.
  • Motif untuk meraih penghargaan, ini merupakan dorongan dari dalam diri manusia dalam melakukan aktivitas ekonomi, karena ingin meraih penghargaan dari orang lain.

Macam-Macam Kegiatan Ekonomi

Secara umum ada 3 macam kegiatan ekonomi, yaitu kegiatan produksi, distribusi, dan konsumsi. Berikut ini penjelasannya:

  1. Kegiatan produksi bertujuan untuk menghasilkan produk, baik itu barang atau jasa. Adapun pelaku aktivitas produksi disebut produsen. Produk barang dan jasa yang dihasilkan produsen nantinya akan disalurkan kepada konsumen yang dikenal dengan kegiatan distribusi. Jadi, salah satu fungsi dari kegiatan produksi adalah untuk memenuhi kebutuhan para konsumen.
  2. Kegiatan distribusi bertujuan untuk menyalurkan produk barang dan jasa dari produsen ke konsumen. Orang yang melakukan kegiatan distribusi disebut sebagai distributor. Kegiatan ini meliputi pengangkutan barang, penyimpanan, pengemasan, standarisasi, dan lain sebagainya. Salah satu fungsi utama dari aktivitas distribusi adalah menyalurkan produk jadi dari produsen hingga dapat dinikmati oleh konsumen.
  3. Kegiatan konsumen merupakan aktivitas akhir dari kegiatan ekonomi. Disinilah bagaimana produk barang atau jasa dipakai dan dimanfaatkan untuk memenuhi kebutuhan konsumen.

Baca Juga: Pengertian Ekonomi Makro Menurut Para Ahli

Prinsip-Prinsip Ekonomi

Mengacu dalam bidang ilmu ekonomi ada beberapa prinsip yang mendasari kegiatan ekonomi, diantaranya sebagai berikut:

Prinsip Produksi Dalam Ekonomi

Pengertian prinsip produksi adalah kegiatan perekonomian yang berperan dalam melakukan pengadaan produk barang dan jasa. Proses produksi memerlukan biaya dan usaha dalam aktivitasnya. Selain itu kegiatan produksi akan menyerap tenaga kerja untuk dapat menghasilkan produk tertentu.

Prinsip Distribusi Dalam Ekonomi

Pengertian prinsip distribusi adalah aktivitas menyalurkan produk dari produsen ke konsumen. Dalam kegiatannya diperlukan perhitungan waktu agar produk tersalurkan secara efektif dan efisien.

Prinsip Konsumsi Dalam Ekonomi

Pengertian prinsip konsumsi adalah berbagai macam aktivitas penggunaan manfaat dari suatu produk oleh manusia untuk memenuhi kebutuhannya. Pada tahap inilah dapat diukur manfaat dan guna suatu produk.

Kesimpulan

Dengan memahami pengertian ekonomi, prinsip-prinsip ekonomi, motif ekonomi, serta kegiatan-kegiatan ekonomi kita dapat menjalankan fungsinya secara tepat. Semoga pembahasan ini bermanfaat.

1 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *