Pengertian Eksploitasi dan Contoh-Contoh Kasus Eksploitasi

Pengertian Eksploitasi dan Contoh-Contoh Kasus Eksploitasi
image by unsplash/britishlibrary

Eksploitasi merupakan kata yang sering digunakan untuk menggambarkan sesuatu hal yang dilakukan secara berlebihan atau over. Istilah kata ini umum ditemui pada bisnis seperti eksploitasi sumber daya alam, dan lainnya.

Kata eksploitasi memang sering dikaitkan dengan hal yang buruk atau negatif. Lalu, apakah benar seperti itu? Apa pengertian eksploitasi sebenarnya? Apa saja contoh kasus eksploitasi? Dan, apa saja dampak dari eksploitasi tersebut? Untuk memahami secara lengkap, mari kita ulas dengan rinci.

Apa itu Eksploitasi?

Secara etimologis, kata “eksploitasi” berasal dari bahasa Inggris yaitu “exploitation”, yang berarti secara politis menggunakan subjek tertentu dengan cara sewenang-wenang. Penggunaan istilah kata eksploitasi sering digunakan di berbagai bidang seperti bisnis, politik, sosial, lingkungan dll

Secara umum, pengertian eksploitasi adalah tindakan yang bertujuan mengambil keuntungan dari sesuatu yang digunakan secara berlebihan dan sewenang-wenang. Tindakan eksploitasi ini umumnya menimbulkan kerugian bagi pihak lain, baik untuk manusia maupun bagi lingkungan. Jadi, konsep eksploitasi yang diterapkan acap kali berdampak negatif karena merugikan orang lain.

Pengertian Eksploitasi Menurut Kajian Para Ahli

Untuk lebih memahami apa arti eksploitasi, kita dapat mengutip dari pendapat berbagai ahli. Berikut ini adalah definisi eksploitasi menurut para ahli:

1. Joni

Definisi eksploitasi adalah tindakan memanipulasi individu lain untuk kepentingan diri sendiri.

2. Suharto

Arti eksploitasi adalah sikap atau perlakuan diskriminatif yang dilakukan secara sewenang-wenang.

3. Martaja

Pengertian eksploitasi adalah tindakan dimana seseorang digunakan secara tidak etis untuk keuntungan atau manfaat pribadi.

4. KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia)

Eksploitasi adalah penggunaan untuk meraih keuntungan sendiri, penghisapan, pemerasan orang lain, yang tidak terpuji.

Baca Juga: Ruang Lingkup dan Tantangan Manajemen Sumber Daya Manusia

Dampak Dari Eksploitasi

Kita harus bisa melihatnya secara lebih luas, selain terkesan negatif, ternyata eksploitasi juga memiliki dampak positif. Berikut ini adalah dampak positif dan dampak negatif dari tindakan eksploitasi:

1. Dampak Positif Eksploitasi

  • Akan memberikan hasil yang lebih banyak sehingga dapat memenuhi kebutuhan manusia
  • Pemanfaatan sumber-sumber daya alam yang sebelumnya belum terjamah dapat dimanfaatkan oleh manusia untuk kepentingan bersama

2. Dampak Negatif Eksploitasi

  • Dapat merusak lingkungan, serta tatanan sosial masyarakat
  • Menciptakan sifat tamak dan serakah
  • Rehabilitasi sulit dilaksanakan jika kerusakan yang terjadi terlalu parah

Contoh Tindakan Eksploitasi

Berdasarkan pengertian eksploitasi di atas, tindakan ini adalah sesuatu yang akan membahayakan lingkungan dan manusia. Berikut ini adalah beberapa contoh tindakan eksploitasi yang umum terjadi saat ini:

1. Eksploitasi Perempuan

Pengertian eksploitasi perempuan adalah tindakan menggunakan perempuan untuk mendapatkan keuntungan suatu kepentingan kelompok. Kesetaraan gender antara pria dan wanita sekarang telah dikampanyekan. Namun dalam prakteknya, perempuan sering didiskriminasi dan dieksploitasi. Berikut ini adalah beberapa contoh kasus eksploitasi perempuan:

  • Wanita dijadikan pekerja seks komersial. Sebagai wanita memang menganggap profesi ini sebagai pekerjaan, namun kebanyakan dari mereka tidak menyukai pekerjaan itu.
  • Eksploitasi perempuan di media massa seperti TV, koran, internet, iklan, dll. Hal ini dilakukan dengan tujuan meningkatkan perhatian publik terhadap suatu produk atau kampanye. Sementara banyak yang tidak menyadari hal ini, bentuk eksploitasi perempuan ini bisa merusak tatanan sosial.

Baca Juga: Pengertian Metode Penelitian, Jenis-Jenis dan Contohnya

2. Eksploitasi Anak

Definisi eksploitasi anak adalah memanfaatkan anak-anak secara sewenang-wenang yang dapat dilakukan oleh keluarga atau komunitas masyarakat dengan memaksa anak untuk melakukan sesuatu tanpa mempedulikannya pertumbuhan mental dan keadaan fisiknya.

Banyak kasus eksploitasi anak yang kita dapat temui saat ini, yang umumnya motif utamanya adalah untuk mendapatkan manfaat ekonomi. Beberapa contoh eksploitasi anak yang umum terjadi, diantaranya adalah:

  • Menggunakan anak-anak untuk menjadi pengemis dan pemulung
  • Mempekerjakan anak-anak untuk menjadi musisi jalanan (pengamen)
  • memanfaatkan anak-anak untuk menjadi tukang koran
  • Memaksa anak di bawah umur untuk menjadi pekerja seks komersial
  • Memperalat anak-anak untuk melakukan hal-hal lain demi popularitas dan keuntungan ekonomi.

3. Eksploitasi Sumber Daya Alam

Pengertian eksploitasi sumber daya alam adalah tindakan mengeruk seuma sumber daya alam secara berlebihan untuk memaksimalkan keuntungan demi memenuhi kebutuhan manusia. Ini dapat menyebabkan anomali dalam pemanasan global (global warming) dan cuaca ekstrem.

Tindakan-tindakan eksploitasi sumber daya alam sering menyebabkan kerusakan serius pada lingkungan. Beberapa contoh eksploitasi sumber daya alam yang umum terjadi, yaitu:

  • Pembakaran hutan skala besar untuk tujuan pembukaan lahan kelapa sawit. Hal ini menyebabkan kerusakan pada lingkungan hidup hewan dan tumbuhan dan dapat menyebabkan bencana alam.
  • Penangkapan ikan dengan menggunakan bahan peledak atau bahan kimia yang pada akhirnya merusak habitat ikan dan ekosistem hayati yang lebih luas.
  • Pembangunan tambang ilegal tanpa izin dari pihak berwenang untuk mengeksploitasi sumber daya alam. Misalnya, tambang batu bara, tambang pasir, tambang emas dan lainnya.

4. Eksploitasi Hewan

Pengertian eksploitasi hewan adalah penggunaan hewan secara berlebihan untuk keuntungan pribadi, terlepas dari pengaruhnya terhadap hewan. Banyak orang Indonesia tidak tahu bahwa mereka telah mengeksploitasi hewan dan ini telah terjadi selama beberapa dekade. Berikut ini adalah beberapa contoh eksploitasi manusia terhadap hewan:

  • Topeng monyet dimaksudkan untuk menghibur, tetapi dalam kenyataannya aksi topeng monyet adalah bentuk eksploitasi hewan.
  • Atraksi binatang atau sirkus, ini jelas merupakan eksploitasi hewan oleh manusia untuk keuntungan semata.

Baca Juga: Arti Kata Komitmen, Ciri-Ciri, dan Bentuk Sikap Komitmen

Kesimpulan

Setiap aktivitas bisnis pasti akan mengeksploitasi sesuatu baik itu bersifat positif atau negatif. Maka, diperlukan adanya regulasi yang jelas dari pemerintah untuk mengantisipasi eksploitasi yang berlebihan di berbagai sektor.

1 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *