Definisi Freelance, Syarat-Syarat Bekerja Freelance, dan Keuntungan Menjadi Freelancer

Definisi Freelance, Syarat-Syarat Bekerja Freelance, dan Keuntungan Menjadi Freelancer
photo by pexels/olly

Ada berbagai jenis profesi yang bisa kita temukan di dunia kerja, salah satunya adalah profesi freelance (pekerja lepas). Namun, apakah yang dimaksud dengan freelance? Secara prinsip, freelance adalah salah satu cara atau metode kerja dimana suatu pekerjaan dilakukan atau diselesaikan seseorang secara mandiri, tidak ada perjanjian atau kontrak kerja jangka panjang dari perusahaan yang mempekerjakannya. Definisi freelance lainnya yaitu bekerja lepas dan bebas yang menjadi sumber penghasilan seseorang tanpa harus ada terikat kontrak dengan perusahaan. Pelaku atau tenaga kerja lepas dikenal sebagai freelancer.

Seorang freelancer dapat beraktivitas atau bekerja secara full time atau part time (paruh waktu), sesuai dengan keinginannya. Ada beberapa orang yang menjalankan profesi ini di luar pekerjaan utamanya, namun ada juga yang menjadikan profesi ini sebagai pekerjaan utamanya.

Ada beberapa jenis pekerjaan yang dilakukan oleh seorang freelancer, yaitu:

  • Jasa desain grafis
  • Jasa photografi
  • Jasa menulis artikel
  • Jasa pemasaran (SPG dan SPB)
  • Jasa konsultan keuangan
  • Jasa konsultan hukum
  • Jasa membuat website
  • Jasa membuat aplikasi smartphone
  • Jasa penerjemah bahasa asing (translator)
  • Jasa video editing
  • Jasa MC (Pembawa acara)
  • Jasa pemasaran digital (SEO, Sosial marketing, dan lainnya)
  • Dan banyak lagi

Baca Juga: Peluang Bisnis Online Terbaru Yang Sangat Menguntungkan

Keuntungan Menjadi Freelancer

Dibandingkan profesi dan pekerjaan lainnya, menjadi freelancer memiliki banyak keuntungan. Berikut keuntungan-keuntungan yang bisa didapatkan menjadi pekerja lepas:

  1. Freelancer dapat mengerjakan tugasnya kapan saja dan dimana saja tanpa harus pergi ke kantor setiap hari.
  2. Pekerja lepas memiliki potensi menghasilkan pendapatan yang lebih besar dibandingkan bekerja menjadi pegawai atau karyawan di perusahaan.
  3. Pekerjaan yang dilakukan pekerja lepas umumnya sesuatu yang menjadi hobi dan minatnya, jadi freelancer dibayar untuk melakukan sesuatu yang mereka sukai.
  4. Biasanya pekerja lepas memiliki keahlian khusus yang tidak dimiliki oleh karyawan pada umumnya.

Cara Kerja Freelancer

Mengacu pada definisi freelance di atas, dalam menjalankan profesi pekerja lepas ada pedoman dan prinsip yang harus diketahui dalam menjalankannya, diantaranya sebagai berikut:

  • Membuat profile secara profesional untuk menjelaskan keahlian yang dikuasai serta menyertakan portofolio atau hasil pekerjaan yang pernah dibuat di berbagai platform marketplace freelance.
  • Para pemberi proyek atau pekerjaan akan mencari freelancer yang sesuai dengan kebutuhannya.
  • Setelah pemberi kerja mendapatkan freelancer yang sesuai, maka selanjutnya adalah pekerja lepas melakukan tugas yang dideskripsikan oleh pemberi kerja. Pemberi kerja akan mencantumkan durasi waktu pengerjaan dan biaya atau bayaran untuk freelancer.
  • Freelancer berkewajiban menyelesaikan tugas atau proyek yang disepakati sesuai dengan tenggat waktu yang telah ditentukan serta sesuai dengan kualifikasi pekerjaan yang diminta oleh pemberi kerja. Dan pemberi kerja wajib untuk menjelaskan sedetail mungkin mengenai pekerjaan yang dibutuhkannya.
  • Setelah pekerjaan diselesaikan oleh freelancer, maka pekerja lepas mengirimkan bukti seperti file, dokumen, image, suara, video atau lainnya sebagai hasil pekerjaan. Jika telah sesuai dengan kualifikasi yang diinginkan pemberi kerja maka pekerjaan dianggap selesai, namun biasanya akan ada revisi jika ada ketidaksesuaian.
  • Jika semuanya telah selesai dan pemberi kerja telah menerima hasil kerjanya, maka freelance akan mendapatkan pembayaran sesuai dengan kesepakatan.

Baca Juga: Perbedaan Job Deskripsi dan Job Spesifikasi

Syarat-Syarat Menjadi Freelance

Jika, dilihat dari keuntungan-keuntungan yang didapatkan menjadi pekerja lepas maka akan banyak yang berminat. Namun, menjadi freelancer tidak selalu mudah dan menyenangkan. Kamu harus menguasai keahlian dan keterampilan khusus agar dapat dihire oleh pemberi kerja. Berikut ini beberapa syarat umum menjadi pekerja lepas:

1. Menguasai Keahlian Tertentu

Kamu harus mengasah keahlian tertentu agar dapat menghasilkan pendapatan dari profesi freelance. Contohnya, kamu menguasai keahlian desain grafis, photografi, video editing, atau keahlian spesifik lainnya.

2. Fleksibel dan Mudah Beradaptasi

Kemampuan lainnya adalah kemampuan untuk mudah beradaptasi pada kondisi dan situasi apapun, karena kamu dituntut untuk profesional dalam menekuni pekerjaan ini. Kamu diwajibkan untuk menyelesaikan pekerjaan sesuai dengan deadline yang telah disepakati, tentunya hal ini akan meningkatkan reputasi kamu sebagai pekerja lepas.

3. Mampu Mengelola Waktu

Menekuni profesi pekerja lepas memang memiliki kebebasan waktu untuk menyelesaikan tugas-tugasnya, namun jika tidak dikelola dengan baik maka akan banyak pekerjaan-pekerjaan yang telah kamu sepakati dengan pemberi kerja tidak terselesaikan. Dengan kemampuan mengelola waktu yang baik kamu bisa membangun reputasi yang baik, serta menghindari ketidak profesionalan atau wanprestasi.

4. Menguasai Beberapa Bahasa Internasional

Jika kamu salah satu freelancer yang bekerja di platform international seperti upwork atau lainnya, maka kamu harus menguasai bahasa internasional seperti bahasa inggris (english), karena kamu akan mendapatkan banyak klien dari berbagai macam negara. Hal ini sangat bermanfaat untuk menjalin kerjasama jangka panjang dengan klien-klien internasional, karena mereka akan membayar kamu lebih besar atas pekerjaan yang mereka berikan.

5. Menguasai Internet

Dengan kemampuan literasi internet yang baik, maka kamu akan mudah mendapatkan proyek-proyek dari pemberi kerja. Ada banyak platform marketplace freelance yang mempertemukan pekerja lepas dengan pemberi kerja, sesuai dengan keahlian-keahliannya.

Baca Juga: Contoh CV Yang HRD dan Pimpinan Inginkan

Situs-Situs Marketplace Freelancer

Berikut ini beberapa situs marketplace freelance yang banyak digunakan oleh freelancer:

1. Situs Freelancer Lokal

2. Situs Freelance Global (Internasional)

Baca Juga: Perbedaan Karyawan Full Time, Part Time, dan Freelancer

Kesimpulan

Berkecimpung di dunia profesi freelancer tentunya sangat menjanjikan terlebih lagi pada saat sekarang perkembangan teknologi informasi sangat pesat yang memudahkan setiap orang untuk terkoneksi satu sama lain. Profesi ini sangat cocok bagi para mahasiswa yang ingin mendapatkan penghasilan untuk memenuhi kebutuhannya. Dengan hanya bermodalkan perangkat laptop dan jaringan internet kamu bisa menghasilkan uang dimanapun dan kapanpun.

1 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *