Pengertian Globalisasi, Teori, Faktor, dan Dampaknya

Pengertian Globalisasi

Arti globalisasi secara etimologis berasal dari bahasa inggris yaitu globalize yang bermakna menyeluruh atau universal. Penambahan imbuhan “ization” dalam kata “globalization” artinya proses yang mendunia. Sehingga dapat disimpulkan bahwa definisi globalisasi adalah proses sesuatu seperti informasi, teknologi, pemikiran, dan gaya hidup yang mendunia.

Secara umum, pengertian globalisasi adalah suatu proses integrasi secara internasional yang ada karena pertukaran produk, pemikiran, kebudayaan, dan pandangan dunia. Banyak hal yang mempengaruhi terjadinya proses globalisasi diantaranya seperti: perkembangan teknologi informasi, infrastruktur transportasi dan telekomunikasi, pertukaran pelajar, perdagangan internasional, dan lain-lain. Globalisasi berhubungan erat dengan perubahan pada bidang pembangunan ekonomi, teknologi, informasi, transportasi, telekomunikasi, pendidikan, kebudayaan, industri, dan aspek kehidupan lainnya.

Baca Juga: Pengertian Strategi Pemasaran, Konsep, Ciri, Fungsi dan Tujuan

Pengertian Globalisasi Menurut Para Ahli

Para ahli telah mendefinisikan globalisasi secara terperinci agar lebih mudah dipahami, dan dalam praktiknya dapat berjalan secara efektif dan efisien.

Achmad Suparman

Arti globalisasi adalah proses menjadikan sesuatu benda/perilaku sebagai ciri dari semua individu di dunia tanpa ada dibatasi oleh wilayah.

Selo Soemardjan

Definisi globalisasi adalah sebuah proses terbentuknya sistem organisasi dan sistem komunikasi antar masyarakat seluruh dunia untuk mengikuti sistem dan kaidah yang sama.

Dr. Nayef R F Al-Rodhan

Globalisasi adalah suatu proses yang meliputi penyebab, kasus, dan konsekuensi dari integrasi transnasional dan transtruktural setiap kegiatan manusia serta non-manusia.

Laurence E Rothernberg

Pengertian globalisasi yaitu percepatan dari intensifikasi integrasi dan interaksi antara individu, pemerintah dan perusahaan dari negara yang berbeda.

Martin Albrow

Pengertian globalisasi adalah seluruh proses penduduk yang saling terhubung kedalam komunitas dunia yang tunggal, komunitas global.

Emanuel Ritcher

Definisi globalisasi adalah suatu jaringan kerja global yang mempersatukan masyarakat dunia secara bersamaan yang sebelumnya tersebar dan terisolir kedalam saling ketergantungan dan persatuan dunia.

Anthony Giddens

Pengertian globalisasi yaitu suatu intensifikasi hubungan sosial masyarakat secara mendunia sehingga saling menghubungkan antara peristiwa di satu lokasi dengan lokasi lainnya sehingga menyebabkan terjadi perubahan pada keduanya.

Malcom Waters

Definisi globalisasi adalah proses sosial yang mengakibatkan pembatasan geografis pada keadaan sosial budaya menjadi tidak penting yang terwujud di dalam kesadaran manusia.

Baca Juga: Pengertian Proposal, Tujuan, Fungsi, Jenis, dan Contoh Proposal Kegiatan

Faktor-Faktor Penyebab Globalisasi

Berikut ini beberapa faktor penyebab globalisasi, diantaranya yaitu:

  1. Perkembangan teknologi informasi, telekomunikasi, dan transportasi.
  2. Kerjasama ekonomi internasional dan perdagangan internasional.
  3. Kemudahan dalam pengiriman atau distribusi barang dan jasa.
  4. Sumber daya alam suatu negara berkurang.
  5. Konflik antar negara yang semakin berkurang.

Teori-Teori Globalisasi

Cochrane dan Pain menjelaskan bahwa globalisasi terjadi karena dipengaruhi oleh 3 (tiga) pelaku utama, yaitu:

  • Para globalis, yaitu orang-orang yang percaya bahwa globalisasi adalah sebuah kenyataan yang memiliki konsekuensi nyata terhadap bagaimana individu dan organisasi di seluruh dunia berjalan.
  • Para tradisionalis, yaitu orang-orang yang tidak percaya dan menyadari bahwa globalisasi sedang terjadi, bahkan mereka menganggapnya sebagai mitos.
  • Para transformalis, yaitu orang-orang yang moderat (di tengah-tengah), dimana mereka percaya globalisasi sedang berlangsung, namun mereka menganggap pengaruh globalisasi terlalu dibesar-besarkan oleh para globalis.

Selain teori diatas, George Ritzer juga telah mengemukakan teorinya. Menurutnya, era globalisasi ditandai dengan banyaknya inovasi di bidang komunikasi. Salah satu contohnya yaitu ditemukannya telepon dan televisi yang menguatkan proses globalisasi itu nyata.

Baca Juga: Pengertian Administrasi Menurut Para Ahli, Tujuan, Fungsi, dan Jenis

Dampak-Dampak Globalisasi

Proses globalisasi yang terjadi disuatu negara tentunya akan memiliki dampak, baik itu dampak positif maupun negatif. Berikut ini beberapa dampak yang akan dialami oleh negara

Dampak Positif Globalisasi

  1. Masyarakat dapat menikmati dan memanfaatkan perkembangan teknologi yang sangat pesat.
  2. Kemudahan dalam memenuhi kebutuhan dan keperluan pribadi.
  3. Kemudahan akan akses informasi dan komunikasi.
  4. Kemudahan dalam pengembangan ilmu pengetahuan.
  5. Hubungan antar negara semakin baik.
  6. Meningkatnya hubungan antar negara pada sektor ekonomi.
  7. Meningkatnya sikap toleran masyarakat dunia.
  8. Kemudahan dalam melakukan transaksi online, dalam negeri dan mancanegara.

Dampak Negatif Globalisasi

  1. Pudarnya rasa nasionalisme masyarakat.
  2. Banyaknya informasi yang tidak valid tersebar dengan mudah (hoax).
  3. Potensi timbulnya kriminalitas.
  4. Masyarakat cenderung lebih konsumtif.
  5. Masuknya paham-paham yang tidak sesuai dengan dasar suatu bangsa.
  6. Masyarakat mudah terpengaruh akan budaya negara lain.
  7. Terjadinya kesenjangan sosial di dalam masyarakat.
  8. Berkurangnya peminat pada sektor pertanian.
  9. Masyarakat cenderung individualis dan egois.

Baca Juga: Pengertian Akuntansi Menurut Para Ahli, Tujuan, Fungsi, dan Jenis

Kesimpulan

Dengan memahami pengertian globalisasi secara menyeluruh kamu dapat mengerti bahwa pentingnya globalisasi bagi suatu negara. Semoga pembahasan ini bermanfaat.

1 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *