Apa Pengertian Guru Dalam Sistem Pendidikan? Tugas, Fungsi, dan Perannya

Apa Pengertian Guru Dalam Sistem Pendidikan Tugas, Fungsi, dan Perannya
Photo by ThisIsEngineering from Pexels

Seperti ungkapan yang sering kita dengarkan “Guru adalah pahlawan tanpa tanda jasa”, menjadikan profesi guru sangat diinginkan oleh sebagian orang. Jasanya yang ikhlas menyampaikan ilmu kepada murid-muridnya untuk kesuksesan kita di masa depan kelak.

Guru sebagai ujung tombak pendidikan, perannya sangat penting dalam mencapai keberhasilan suatu sistem pendidikan nasional. Lalu, apa itu guru dalam perspektif keilmuan? apa pengertian guru menurut para ahli? Dan, apa saja tugas, peran dan tanggung jawab guru dalam dunia pendidikan? Agar lebih memahaminya, mari kita ulas satu persatu secara rinci.

Apa Yang Dimaksud Dengan Guru?

Secara umum pengertian guru adalah tenaga pendidik profesional yang mendidik, mengajar disiplin ilmu pengetahuan, membimbing, melatih, memberikan penilaian, dan mengevaluasi peserta didik.Selain itu, ada juga pendapat yang menyatakan bahwa, pengertian guru adalah seseorang yang telah berdedikasi dalam dunia mengajar, mendidik, mengarahkan, dan melatih siswanya untuk memahami ilmu yang diajarkannya.

Dalam hal ini, guru tidak hanya mengajar pada pendidikan formal tetapi juga pendidikan lain dan dapat menjadi seseorang yang ditiru oleh siswanya. Dari penjelasan tersebut kita dapat memahami bahwa guru berperan penting dalam proses melahirkan generasi penerus yang berkualitas, baik secara intelektual maupun moral.

Baca Juga: Pengertian Pendidikan Menurut Para Ahli, Tujuan, Fungsi, dan Jenis

Pengertian Guru Menurut Para Ahli

Untuk lebih memahami apa yang dimaksud guru, kita dapat mengacu pada pendapat berbagai ahli sebagai berikut:

1. Undang-Undang No. 14 tahun 2005 tentang Guru dan Dosen

Guru adalah tenaga pendidik profesional yang mempunyai tugas pokok mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, mengevaluasi dan mengevaluasi peserta didik PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini) melalui pendidikan formal dasar dan menengah.

2. Dri Atmaka (2004: 17)

Tenaga pendidik atau guru adalah orang-orang yang bertugas memberikan bantuan kepada siswa dalam pembangunan baik secara fisik maupun spiritual.

3. Ngalim Purwanto

Pengertian guru adalah orang yang telah memberikan ilmu atau kecerdasan kepada seseorang atau sekelompok orang.

4. Mulyasa

Yang dimaksud dengan guru adalah orang yang memiliki kualifikasi akademik dan kompetensi sebagai agen pembelajaran yang memiliki kesehatan jasmani dan rohani serta mampu mencapai tujuan pendidikan nasional.

5. Husnul Chotimah (2008)

Pengertian guru adalah orang yang memfasilitasi proses transfer ilmu dari sumber belajar kepada siswa.

6. Dr. M. Uzer Usman (1996: 15)

Yang dimaksud dengan guru adalah setiap orang yang diberi wewenang dan ditugaskan pada dunia pendidikan dan pengajaran di lembaga pendidikan formal.

Baca Juga: Pengertian Manajemen Pendidikan Menurut Para Ahli

Tugas dan Tanggung Jawab Guru

Mengacu pada penjelasan pengertian guru di atas, maka seorang pendidik atau guru mempunyai tugas dan tanggung jawab untuk mendidik, mengajar, dan melatih siswa agar menjadi manusia yang berkualitas, baik secara intelektual, norma maupun moral. Adapun fungsi utama guru adalah sebagai berikut:

1. Mengajar siswa

Seorang guru bertanggung jawab untuk mengajarkan sains atau ilmu pengetahuan kepada siswa. Dalam hal ini, kegiatan mengajar terutama difokuskan pada masalah intelektual sehingga siswa mengetahui materi suatu disiplin ilmu.

2. Mendidik murid

Mendidik murid berbeda dengan mengajarkan disiplin ilmu. Dalam hal ini kegiatan mendidik bertujuan untuk merubah perilaku siswa menjadi lebih baik. Proses mendidik siswa merupakan sesuatu yang lebih sulit dilakukan daripada mengajarkan suatu ilmu. Selain itu, guru harus menjadi panutan yang baik bagi murid-muridnya agar mereka memiliki karakter yang baik sesuai dengan norma dan nilai yang berlaku didalam masyarakat.

3. Melatih peserta didik

Seorang guru memiliki tugas untuk melatih para peserta didiknya agar memiliki keterampilan dan kemampuan dasar. Jika di sekolah umum guru melatih siswa dalam keterampilan dan kemampuan dasar, di sekolah kejuruan guru memberikan keterampilan dan kemampuan tingkat lanjut.

4. Membimbing serta mengarahkan

Orientasi siswa mungkin mengalami kebingungan atau keraguan dalam proses belajar-mengajar. Seorang tenaga pengajar atau guru bertanggung jawab untuk membimbing dan mengarahkan siswanya agar tetap pada jalan yang benar, dalam hal ini sesuai dengan tujuan pendidikan.

5. Memotivasi atau memberikan dorongan pada siswa

Yang terakhir dari tugas seorang guru adalah mendorong siswa untuk berusaha menjadi lebih maju. Cara guru dalam memberikan motivasi kepada siswanya dapat dilakukan dengan beberapa metode, misalnya dengan memberikan hadiah dan memberikan pujian secara langsung.

Baca Juga: Pengertian Manajemen PAUD, Tujuan, Fungsi, dan Ruang Lingkup

Peran Guru Dalam Pendidikan

Setelah kita memahami tugas serta tanggung jawab seorang guru, selanjutnya yaitu memahami peran guru bagi keberhasilan siswanya. Berikut ini peran guru adalah sebagai berikut:

  • Sebagai pengajar, yakni orang yang mengajarkan suatu disiplin ilmu kepada murid-muridnya.
  • Sebagai seorang pendidik, yakni orang yang mendidik anak didiknya agar berperilaku sesuai dengan aturan yang berlaku di masyarakat.
  • Sebagai pembimbing, yakni seseorang yang mengarahkan siswanya untuk mengikuti jalan yang benar sesuai dengan tujuan pendidikan.
  • Sebagai motivator, yakni orang yang memberikan motivasi serta semangat kepada siswanya dalam belajar.
  • Sebagai teladan, yakni seseorang yang memberikan teladan dan contoh yang baik kepada murid-muridnya.
  • Sebagai seorang administrator, yakni orang yang memantau kemajuan siswanya.
  • Sebagai evaluator, yakni orang yang mengevaluasi proses belajar siswanya.
  • Sebagai inspirasi, yakni seseorang yang menginspirasi siswanya agar memiliki tujuan di masa depan.
  • Dan lain-lain

Kesimpulan

Sebenarnya masih banyak peran seorang guru dalam pendidikan. Tidak hanya dalam memberikan pembelajaran ilmu pengetahuan saja, guru juga kerap menjadi panutan bagi siswanya.

1 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *