Apa itu Ideologi? Jenis-Jenis Ideologi, dan Pancasila Sebagai Ideologi Negara Indonesia

Apa itu Ideologi - Pengertian, Jenis-Jenis Ideologi, dan Pancasila Sebagai Ideologi Negara Indonesia.jpg
photo by unsplash/benjaminsweet

Pancasila merupakan ideologi bangsa Indonesia yang harus dipegang oleh setiap rakyat indonesia. Membahas ideology, tidak bisa lepas dari kaitannya dengan dasar atau nilai-nilai yang ingin dicapai oleh suatu bangsa. Ideology dapat disamakan dengan idealisme, dimana keduanya memiliki unsur yang sama namun berbeda konteks. Idealisme adalah nilai dan arahan yang kita pegang sebagai manusia (individu), sedangkan ideology disini konteksnya ada pada nilai-nilai kebangsaan. Lalu, apa itu ideologi sebenarnya? Apa pengertian ideologi? Apa saja jenis-jenis ideologi yang ada? Dan, Apa manfaatnya ideologi pancasila bagi kita rakyat Indonesia? Naah untuk memahami lebih dalam, mari kita ulas satu persatu secara rinci.

Apa itu Ideologi?

Istilah ideologi pertama kali dicetuskan oleh seorang filsuf Perancis, yang bernama Destutt de Tracy. Secara etimologis, kata “ideologi” berasal dari bahasa Perancis, yaitu:

  • Idéo, yang berarti ide, cita-cita, gagasan, pemahaman, memandang, atau melihat.
  • Logia atau logie, yang berarti logika atau alasan.

Jadi secara bahasa arti ideologi adalah seperangkat ide yang membentuk kepercayaan dan pemahaman untuk mewujudkan cita-cita manusia.

Secara umum, pengertian Ideologi adalah kumpulan ide-ide dasar, gagasan, kepercayaan dan keyakinan yang sistematik sesuai dengan arahan dan tujuan yang ingin dicapai dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Ada juga yang menyatakan bahwa, definisi ideologi adalah sebagai visi yang holistik, sebagai cara memandang semua hal secara umum dan serangkaian arahan filosofis yang diterapkan oleh kelas penguasa kepada semua anggota masyarakat.

Istilah ideology terkait erat dengan berbagai bidang kehidupan manusia, yaitu diantaranya:

  • Politik (Hukum, Pertahanan dan Keamanan)
  • Sosial
  • Budaya
  • Agama

Baca Juga: Arti 5 Lambang Pancasila Negara Indonesia

Pengertian Ideologi Menurut Para ahli

Untuk lebih memahami apa arti ideologi, kita bisa merujuk pada pendapat berbagai pakar. Berikut ini adalah definisi ideologi menurut para ahli:

1. Drs. Moerdiono

Arti ideologi adalah sistem ide yang mensistematisasikan semua pemikiran tentang kehidupan dan melengkapinya dengan alat, kebijakan, dan strategi dengan tujuan menyesuaikan situasi nyata dengan nilai-nilai yang terkandung dalam filosofi yang menjadi induknya.

2. Francis Bacon

Pengertian ideologi adalah sintesis dari pemikiran-pemikiran fundamental yang didasarkan pada konsep kehidupan.

3. C C Rodee

Arti gagasan ideologi adalah serangkaian ide yang secara logis menghubungkan dan mengidentifikasi nilai-nilai yang memberikan validitas bagi institusi dan juga untuk pelakunya.

4. Alfian

Definisi ideologi adalah visi atau sistem nilai yang komprehensif dan juga mendalam tentang bagaimana cara terbaik, yang secara moral benar dan adil, mengatur perilaku bersama dalam berbagai aspek dan bidang-bidang kehidupan.

5. Ali Syariati

Ideologi adalah kepercayaan dan gagasan yang dipatuhi oleh suatu kelompok, kelas sosial, bangsa atau ras tertentu.

6. Gunawan Setiardjo

Makna ideologi adalah kumpulan ide atau aqidah ‘aqliyah (aqidah yang datang melalui proses berpikir) yang memunculkan aturan-aturan kehidupan.

Fungsi Ideologi Secara Umum

Suatu ideologi dapat dipelajari, dirumuskan, hingga dimasukkan pada level abstraksi dalam pikiran dan jiwa manusia. Ideologi akan menjadi dasar pemikiran dan perspektif manusia dalam penafsiran dan pemahaman dunia.

Berikut ini adalah beberapa paparan fungsi ideologis bagi suatu bangsa:

  • Menjadi panduan dan pedoman bagi tindakan sosial individu dalam masyarakat.
  • Menjadi sumber inspirasi untuk norma dan nilai sosial.
  • Menjadi pedoman dan panduan bagi orang yang mencari identitas diri mereka.
  • Menjadi motivasi kepada orang untuk mencapai tujuan hidup mereka.

Suatu ideology dapat menentukan tindakan konkret individu dalam kehidupan sosial mereka. Pada akhirnya, seseorang bahkan rela mengorbankan hidupnya untuk mempertahankan ideology yang diyakininya.

Jenis-Jenis Ideologi

Sebenarnya, ada banyak ideologi di dunia ini, tetapi hanya ada beberapa jenis ideologi yang cukup populer digunakan oleh negara-negara di dunia. Berikut ini adalah berbagai jenis ideologi beserta penjelasannya:

1. Ideologi Kapitalisme (Capitalism)

Gagasan dan pemikiran utama dalam ideologi kapitalisme adalah kebebasan individu untuk mengakumulasi modal (capital) individu. Dalam ideology ini, negara tidak dapat ikut campur dalam upaya seseorang untuk memperkaya dirinya sendiri.

2. Ideologi Marxisme (Komunisme)

Pengertian ideologi Marxisme adalah ideology yang dihasilkan dari pemikiran Karl Marx. Karl Marx mengembangkan teori besar dalam bernegara yang berkaitan dengan sistem ekonomi, sistem sosial dan sistem politik.

Baca Juga: Pengertian Demokrasi Menurut Para Ahli, Sejarah, Dan Jenis-Jenisnya

3. Ideologi Nasionalisme

Pengertian ideologi nasionalisme adalah kesadaran dan antusiasme terhadap cinta negara (tanah air) dan bangsa yang ditunjukkan melalui sikap individu dan masyarakat.

4. Ideologi Liberalisme

Gagasan dan pemikiran utama dalam ideologi liberalisme adalah kebebasan individu dan membela kesetaraan dalam masyarakat disuatu negara. Hak-hak dasar setiap orang harus dilindungi oleh negara.

5. Ideologi Sosialisme

Pemikiran dan Gagasan utama dari ideologi sosialisme adalah kesetaraan sosial masyarakat dimana pemerintah memiliki peran dominan atas individu (rakyat). Dalam ideology sosialisme, tidak ada pengakuan hak kepemilikan pribadi.

6. Ideologi Feminisme

Nilai-nilai dari ideologis feminisme adalah perjuangan untuk kesetaraan hak dan tanggung jawab perempuan dalam politik, ekonomi, budaya, ruang pribadi dan ruang publik.

7. Ideologi Pancasila

Gagasan utama dalam ideologi pancasila adalah merupakan sekumpulan nilai dan norma yang menjadi landasan keyakinan dan cara berpikir untuk mencapai tujuan dengan berdasar kepada lima sila yang tercantum dalam pancasila

Mengapa Pancasila Dianggap Sebagai Ideologi Negara?

Pancasila dianggap sebagai ideology nasional karena selain berfungsi sebagai cita-cita normatif penyelenggaraan bernegara, nilai-nilai yang terkandung dalam pancasila adalah nilai-nilai yang disepakati bersama, karena itu juga pancasila berfungsi sebagai sarana atau alat pemersatu masyarakat yang dapat mempersatukan berbagai golongan masyarakat di Indonesia.

10 Manfaat Pancasila Bagi Bangsa Indonesia

Pancasila sebagai dasar negara Indonesia memberikan manfaat yang besar bagi masyarakat, diantaranya adalah:

  • Pancasila sebagai ideologi bangsa Indonesia.
  • Pancasila sebagai lambang Negara Kesatuan Republik Indonesia.
  • Pancasila sebagai pengatur hukum di Indonesia.
  • Pancasila sebagai landasan kehidupan berbangsa.
  • Pancasila sebagai pengatur kehidupan masyarakat.
  • Pancasila sebagai alat pemersatu bangsa Indonesia.
  • Pancasila sebagai ilmu bagi generasi muda.
  • Pancasila sebagai pandangan hidup bernegara.
  • Pancasila sebagai pandangan untuk tidak terjadi perpecahan antar suku, agama, etnis, agama, budaya, dan negara Indonesia.
  • Pancasila sebagai nilai-nilai negara indonesia yg harus dipatuhi oleh masyarakatnya.

Baca Juga: Pengertian Integrasi Nasional, Faktor-Faktor, Syarat, dan Contohnya

Kesimpulan

Dengan memahami pengertian ideologi secara komprehensif, akan memudahkan kita dalam menentukan ideology mana yang paling tepat bagi suatu bangsa. Sebagai rakyat di suatu negara kita harus menjunjung tinggi nilai dan dasar-dasar negara yang telah disepakati bersama. Tujuannya adalah agar tidak ada perpecahan yang terjadi di suatu bangsa dan negara. Oleh karena itu, Indonesia menjadikan pancasila sebagai dasar negara harus dimaknai dengan benar dan tepat oleh setiap rakyat Indonesia.

1 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *