fbpx
Pengertian-Iklan-Menurut-Para-Ahli

Pengertian Iklan Menurut Para Ahli

Definisi Iklan

Banyak masyarakat yang bertanya tentang “Apa pengertian Iklan?”. Iklan dapat didefinisikan sebagai suatu bentuk penyebaran informasi yang dilakukan oleh individu, organisasi, atau perusahaan, yang berisi pesan yang menarik tentang sebuah produk atau jasa yang ditujukan kepada masyarakat luas. Iklan bertujuan untuk membujuk atau mendorong seseorang sehingga tertarik untuk menggunakan produk atau jasa yang ditawarkan.

Umumnya iklan dipasang atau ditampilkan di berbagai media agar dapat terlihat oleh banyak orang, baik itu media online atau media offline. Beberapa media tersebut diantaranya televisi, radio, media sosial, website, koran tabloid, mesin pencari, atau di tempat-tempat umum.

Biasanya iklan berbentuk informasi non personal yang menjelaskan sebuah produk atau jasa, merek, perusahaan, organisasi, dan lainnya, dengan kompensasi biaya tertentu.

Baca Juga: Pengertian Pemasaran

Pengertian Iklan Menurut Para Ahli

Berikut ini pengertian iklan menurut para ahli:

1. Prof. Rhenald Kasali

Prof. Rhenald Kasali menjelaskan bahwa pengertian iklan adalah suatu pesan yang menawarkan sebuah produk atau jasa yang ditujukan kepada khalayak dengan melalui suatu media.

2. Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI)

Di dalam KBBI definisi iklan adalah pesan atau berita yang bertujuan untuk mendorong, membujuk khalayak ramai agar tertarik pada barang atau jasa yang ditawarkan.

Baca juga: Tujuan dan Manfaat Iklan

3. Philip Kotler

Philip Kotler menjelaskan definisi iklan adalah bentuk penyajian dan promosi suatu produk, barang, jasa, dan ide, secara non-personal oleh suatu sponsor tertentu dimana untuk penayangannya biasanya harus membayar suatu media.

4. Courtland L. Bovee

Courtland L. Bovee menjelaskan pengertian iklan adalah suatu komunikasi non-personal yang biasanya berbayar dan sifatnya persuasif tentang suatu produk dan jasa, atau ide dari sponsor yang dimuat melalui berbagai media.

Baca Juga: Pengertian Promosi

Jenis-Jenis Iklan

Berikut ini penjelasan jenis-jenis iklan berdasarkan isi, media, dan tujuan iklan tersebut:

1. Jenis Iklan Berdasarkan Isi

A. Iklan Pengumuman (Pemberitahuan)

Jenis iklan pemberitahuan ini bertujuan untuk menarik perhatian masyarakat tertentu melalui sebuah informasi atau pemberitahuan. Contohnya:

  • Iklan reuni alumni kampus atau sekolah.
  • Iklan berita duka cita.

B. Iklan Niaga (Penawaran)

Tujuan jenis iklan ini untuk menawarkan produk barang atau jasa kepada target market. Contohnya:

  • Iklan penawaran produk, seperti kosmetik, rokok, pakaian, parfume, tas, sepatu, smartphone, dan lain-lain.
  • Iklan penawaran jasa, seperti jasa kurir, jasa pengobatan alternatif, dan lain-lain.

C. Iklan Layanan Masyarakat

Tujuan dari iklan layanan masyarakat adalah untuk menginformasikan kepada masyarakat luas tentang suatu isu atau hal tertentu. Iklan layanan masyarakat dibuat oleh instansi atau lembaga pemerintah atau organisasi non-profit. Contohnya:

  • Iklan pencegahan penyebaran berita HOAX di media sosial.
  • Iklan pentingnya imunisasi bagi bayi dan balita.

Baca Juga: Pengertian Ilmu Ekonomi

2. Jenis Iklan Berdasarkan Media yang Dipakai

A. Iklan Media Cetak

Jenis iklan media cetak dipasang pada media yang memakai teknik cetak (printing), baik itu berupa laser, sablon, letterpress, atau lainnya. Contoh:

  • Iklan di surat kabar.
  • Iklan di majalah.
  • Iklan di tabloid.
  • Iklan poster.
  • Iklan stiker dan lain sebagainya.

B. Iklan Media Elektronik

Jenis iklan media elektronik ini memanfaatkan media berbasis perangkat elektronik seperti televisi, radio, film, dan media digital interaktif (internet). Berikut beberapa iklan elektronik tersebut:

  • Iklan Digital. Iklan di media digital ditampilkan di berbagai media online yang banyak pengunjungnya. Beberapa jenis iklan di media digital diantaranya social media ads, contextual ads, email ads, banner ad, website, sponsorship, classified Ads, dan lain-lain.
  • Iklan Televisi: Iklan di media televisi terdapat unsur suara, gambar, gerak, dan teks, sehingga jauh lebih menarik bagi target audiens. Contohnya: sponsor program, running text, backdrop, credit title, ad-lib, promo ad, live action, animation, stop action, musik, dan superimposed.
  • Iklan Film. Iklan di media film dapat dilihat ketika kita melihat sebuah film, movie atau cinema. Biasanya iklan tayang sebelum, ditengah, dan di akhir film yang berbentuk live action, credit title dan endorsement.
  • Iklan Radio. Iklan di radio hanya bisa didengarkan saja karena hanya berbentuk hanya suara (audio). Contoh: Iklan Ad-lib, Spot, dan Sponsor Program.
  • Iklan Luar Ruang. Jenis iklan ini termasuk dalam iklan elektronik yang berada di luar ruangan dan posisinya terlihat oleh khalayak ramai. Contohnya: mobile billboard, outdoor standar, display, iklan transit, dan lainnya.

Baca Juga: Pengertian Manajemen Keuangan

3. Jenis Iklan Berdasarkan Tujuan

Iklan berdasarkan tujuan dibagi menjadi 2, yaitu iklan komersial dan iklan non-komersial, berikut ini penjelasannya:

A. Iklan Komersial

Iklan komersial bertujuan untuk mencari keuntungan ekonomi, atau untuk meningkatkan penjualan perusahaan. Jenis iklan komersial dapat dibagi 3, yaitu:

  • Iklan Konsumen. Sebuah kampanye iklan yang ditujukan kepada konsumen akhir (end consumer) suatu produk.
  • Iklan Bisnis. Sebuah kampanye iklan yang menargetkan pihak yang dapat mengolah atau menjual produk yang diiklankan kepada konsumen akhir.
  • Iklan Profesional. Sebuah kampanye iklan yang menargetkan segmen tertentu, yaitu para profesional, seperti: Dokter, Lawyer, Akuntan, Dosen dan lain-lain.

Baca Juga: Pengertian Manajemen Produksi

B. Iklan Non-Komersial

Pada umumnya jenis iklan non-komersial dibuat untuk tujuan memberikan informasi, ajakan, dan edukasi terhadap masyarakat. Iklan ini tidak untuk mendapatkan keuntungan ekonomi, namun untuk keuntungan sosial bagi semua masyarakat.

Benefit yang didapat dari iklan non-komersial ini adalah adanya pengetahuan, kesadaran, sikap, dan perubahan perilaku masyarakat terhadap isu-isu yang diiklankan. Contoh:

  • Iklan pentingnya pendidikan.
  • Iklan global warming.
  • Kampanye Keluarga Berencana (KB).
  • Iklan bahaya rokok.
  • Iklan bahaya demam berdarah, dan lain-lain.

Sekarang sudah pahamkan, pengertian iklan menurut para ahli. Dengan pemahaman yang tepat bisa menjadi referensi utama kamu. Semoga bermanfaat.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *