Pengertian Ilmu Ekonomi Menurut Para Ahli

Pengertian-Ilmu-Ekonomi-Menurut-Para-Ahli

Definisi Ilmu Ekonomi

Ekonomi adalah salah satu bidang ilmu yang berkaitan dengan kegiatan manusia dalam memenuhi segala kebutuhannya. Ada beberapa definisi ilmu ekonomi dari berbagai sumber baik menurut para ahli dan pengertian secara umum. Berikut beberapa definisi ilmu ekonomi yang bisa diketahui.

1. Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI)

KBBI menjelaskan bahwa ilmu ekonomi adalah sebuah cabang ilmu yang merujuk pada berbagai asas-asas produksi, distribusi, dan pemakaian barang atau kekayaan. Maksud kekayaan disini adalah termasuk uang, perindustrian dan kegiatan perdagangan. Serta hal-hal yang mencakup pemanfaatan uang, waktu, tenaga, dan sebagainya yang berharga.

Dalam konteks ini ilmu ekonomi juga berhubungan dengan tata kehidupan perekonomian suatu negara. Perekonomian yang dimaksud disini mencakup semua tindakan seperti aturan dan tata cara untuk menjalankan usaha berekonomi (perdagangan dan perindustrian).

Ilmu ekonomi juga didefinisikan sebagai urusan keuangan rumah tangga. Yang dimaksud rumah tangga disini adalah organisasi atau Negara.

Baca Juga: Konsep dan Ruang Lingkup Ilmu Ekonomi

2. Wikipedia Indonesia

Dilansir Wikipedia definisi ilmu ekonomi adalah ilmu yang mempelajari aktivitas perilaku manusia (sosial) yaitu kegiatan produksi, distribusi, dan konsumsi terhadap barang dan jasa.

Secara bahasa ekonomi berasal dari kata “oikos” yang berarti keluarga atau rumah tangga. Dan “nomos” yang berarti peraturan, aturan dan hukum. Jadi ilmu ekonomi dapat diartikan sebagai manajemen atau mengelola rumah tangga.

Baca Juga: Pengertian Pemasaran

Pengertian Ilmu Ekonomi Menurut Para Ahli

Para ahli telah menjelaskan pengertian ilmu ekonomi secara lengkap. Berikut ini ulasannya:

1. Adam Smith

Adam Smith mendefinisikan ilmu ekonomi adalah ilmu yang secara sistematis mempelajari tentang seluk beluk tingkah laku manusia.

2. Abraham Maslow

Abraham Maslow berpendapat bahwa ilmu ekonomi adalah sebuah bidang ilmu yang berguna untuk menyelesaikan permasalahan kehidupan manusia.

3. Aristoteles

Aristoteles menjelaskan bahwa ilmu ekonomi adalah sebagai cabang ilmu kajian yang bisa digunakan melalui 2 cara jalan.

Baca Juga: Pengertian Efisiensi

4. M. Manullang

M. Manullang mendefinisikan Ilmu ekonomi adalah suatu studi atau ilmu pengetahuan yang mempelajari seluruh hal di dalam masyarakat demi usahanya untuk meraih kemakmuran.

5. John Stuart Mill

John Stuart Mill berpendapat bahwa ilmu ekonomi adalah sebuah cabang ilmu praktis atau sains praktikal yang mempelajari tentang seluk beluk penagihan dan pengeluaran.

6. Amwal

Amwal menjelaskan bahwa ilmu ekonomi merupakan suatu cabang ilmu yang mempelajari tentang bagaimana menentukan sebuah keputusan yang efektif. (Baca: Pengertian Efektivitas)

7. Paul Anthony Samuelson

Paul Anthony Samuelson menjabarkan ilmu ekonomi adalah ilmu yang mempelajari cara-cara yang digunakan oleh masyarakat dalam upaya untuk mengoptimalkan pemanfaatan berbagai sumber terbatas.

Baca Juga: Pengertian Informasi

8. Penson

Penson mengemukakan ilmu ekonomi yaitu sebuah ilmu yang selalu mengkaji mengenai kesejahteraan material pada setiap diri manusia.

9. Khursid Ahmad

Khursid Ahmad mendefinisikan ilmu ekonomi adalah hal hal yang berhubungan dengan sejumlah upaya untuk memahami setiap permasalahan ekonomi dengan perilaku manusia.

10. Suherman Rosyidi

Suherman Rosyidi berpendapat bahwa ilmu ekonomi merupakan salah satu cabang studi atau ilmu pengetahuan yang berupaya dengan sungguh sungguh memberikan pengetahuan.

11. Louis Cantori

Louis Cantori mengatakan ilmu ekonomi merupakan sebuah ilmu pengetahuan yang didasari atas segi islami.

Baca Juga: Tujuan dan Strategi Manajemen Rantai Pasokan

12. Hermawan Kertajaya

Hermawan Kertajaya berpendapat bahwa ilmu Ekonomi adalah sebuah wadah yang didalamnya terdapat berbagai sektor sektor industri yang telah melekat.

13. Gregory Mankiw

Gregory Mankiw mendefinisikan ilmu ekonomi adalah sebuah studi atau cabang ilmu pengetahuan yang menjelaskan tentang bagaimana cara masyarakat dalam mengelola sumber sumber daya langka.

14. Mohammad Hatta

Mohammad Hatta menjelaskan ilmu ekonomi adalah ilmu yang mempelajari proses-proses tercapainya kesejahteraan dan keadilan sosial dalam suatu masyarakat.

15. Thorstein Veblen

Thorstein Veblen mengartikan ilmu ekonomi adalah ilmu yang mempelajari kemampuan manusia untuk menentukan pilihan-pilihan produksi, konsumsi, dan distribusi sesuai perasaan, selera, dan nilai-nilai kebudayaan dalam lingkungannya.

Baca Juga: Pengertian Risiko

16. John Maynard Keynes

M. Keynes berpendapat bahwa ilmu ekonomi adalah ilmu yang mempelajari tingkat kemakmuran suatu negara yang membutuhkan intervensi pemerintah sehingga mencapai suatu kondisi perekonomian tertentu.

17. Jean-Baptiste Say

Jean-Baptiste Say mengatakan bahwa ilmu ekonomi adalah ilmu yang menjadi cabang dari kajian-kajian tentang segala peraturan yang dapat menentukan kekayaan seseorang.

18. Karl Marx

Karl Marx mendefinisikan ilmu ekonomi sebagai ilmu yang mempelajari cara-cara manusia untuk bertahan hidup dalam sebuah struktur kelas sosial yang hubungannya ditentukan dalam pemanfaatan sarana produksi.

Baca Juga: Pengertian Manajemen Bisnis

19. John Stuart Mill

J. S. Mill menjelaskan bahwa ilmu ekonomi adalah ilmu yang mempelajari segala hal tentang pengeluaran dan penagihan.

20. Max Weber

Max Weber menjelaskan ilmu ekonomi adalah ilmu yang mempelajari pembentukan pola-pola tindakan sosial dan tindakan ekonomi individu berdasarkan nilai-nilai yang diyakininya.

Demikianlah pengertian ilmu pengetahuan menurut para ahli, dengan memahami penjelasannya secara lengkap dapat menambah pengetahuan dan wawasan kamu. Semoga bermanfaat.

1 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *