Pengertian Informasi Menurut Para Ahli

Pengertian-Informasi-Menurut-Para-Ahli

Definisi Informasi

Secara etimologis istilah kata “informasi” berasal dari bahasa Latin, yaitu “Informatinem” yang artinya ide, kode, atau garis besar. Informasi dapat disajikan dalam beragam bentuk, seperti tulisan, gambar, diagram, tabel, video, audio, dan dalam bentuk lainnya.

Dikutip dari id.wikipedia informasi adalah pesan, ucapan, ekspresi atau kumpulan pesan yang terdiri dari order sekuens dari simbol, atau makna yang dapat ditafsirkan dari pesan atau kumpulan pesan.

Pengertian informasi adalah berupa sekumpulan fakta dan data yang telah diproses, diolah, dan dimanipulasi sedemikian rupa sehingga dapat dengan mudah dimengerti dan bermanfaat bagi penerimanya.

Dari definisi informasi tersebut dapat disimpulkan bahwa arti kata “informasi” berbeda dengan arti kata “data”. Pengertian data adalah sekumpulan fakta yang belum diolah atau masih bersifat mentah, setelah diproses maka sekumpulan data tersebut bisa menjadi suatu informasi yang utuh.

Baca Juga: Fungsi dan Jenis-Jenis Informasi

Pengertian Informasi Menurut Para Ahli

Beberapa ahli telah mengeluarkan pendapat tentang istilah “informasi”. Agar kamu lebih memahami pengertian informasi mari simak pembahasan lengkapnya dibawah ini:

1. Jogiyanto HM (1999: 692)

Jogiyanto HM berpendapat bahwa informasi adalah hasil dari pengolahan data ke dalam bentuk yang lebih bermanfaat bagi penerimanya yang menggambarkan kejadian-kejadian yang nyata untuk digunakan dalam pengambilan keputusan.

2. Anton M. Meliono (1990: 331)

Anton M. Meliono berpendapat bahwa informasi adalah data yang telah diproses untuk suatu tujuan tertentu. Tujuan tersebut adalah untuk menghasilkan sebuah keputusan.

3. Tata Sutabri, S.Kom., MM

Tata Sutabri mengatakan bahwa informasi adalah data yang telah diklasifikasikan atau diolah atau diinterpretasikan untuk digunakan dalam proses pengambilan keputusan.

4. Lani Sidharta (1995: 28)

Lani Sidharta mendefinisikan istilah informasi sebagai data yang disajikan dalam bentuk yang lebih berguna untuk mengambil suatu keputusan.

5. Azhar Susanto

Azhar Susanto menjelaskan bahwa informasi adalah suatu hasil pengolahan data yang memberikan arti dan manfaat bagi penerimanya.

6. Raymond McLeod

Raymond McLeod mendefinisikan informasi sebagai data yang telah diolah menjadi bentuk yang mempunyai arti bagi si penerima (receiver) dan bermanfaat dalam pengambilan keputusan saat ini atau di masa depan.

7. Gordon B. Davis (1991: 28)

Gordon B. Davis mengatakan bahwa informasi adalah data yang telah diolah menjadi sebuah bentuk yang berarti bagi penerimanya dan bermanfaat bagi pengambilan keputusan saat ini atau mendatang.

Baca Juga: Pengertian Sistem Informasi Manajemen

8. Abdul Kadir (2002: 31)

Abdul Kadir mendefinisikan informasi adalah data yang telah diproses sedemikian rupa sehingga meningkatkan pengetahuan seseorang yang menggunakan data tersebut.

9. George H. Bodnar (2000: 1)

George H. Bodnar mendefinisikan informasi sebagai data yang diolah sehingga dapat dijadikan dasar untuk mengambil keputusan yang tepat.

10. George R. Terry

George R. Terry berpendapat bahwa informasi adalah suatu data penting yang memberikan pengetahuan yang berguna bagi penerimanya.

Secara umum informasi dapat didefinisikan sebagai hasil dari pengolahan data menjadi bentuk yang lebih berguna dan berarti bagi penerimanya yang menggambarkan suatu kejadian-kejadian yang nyata (real) sebagai alat untuk pengambilan keputusan.

Dengan mengetahui pengertian informasi menurut para ahli diatas, dapat menambah wawasan kamu. Semoga bermanfaat.

1 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *