Pengertian Internet, Sejarah, dan Manfaatnya Bagi Manusia

Pengertian Internet, Sejarah, dan Manfaatnya Bagi Manusia
photo by unsplash/morningbrew

Internet telah menjadi kebutuhan primer manusia di era milenium saat ini. Keterhubungan kita kedalam dunia maya telah menjadi kebiasaan kita. Banyak manfaat yang didapatkan dari internet, namun tidak sedikit juga kerugian yang bisa kita terima jika kita tidak bijak menggunakan internet. Lalu, apa sih yang dimaksud dengan internet itu? Apa pengertian internet? Apa fungsi dan manfaat internet bagi kehidupan manusia? Serta, apa saja dampak positif dan negatif internet? Untuk memahaminya lebih dalam, mari kita ulas secara rinci.

Pengertian Internet Adalah

Pengertian Internet adalah jaringan komunikasi global yang secara terbuka menghubungkan miliaran jaringan komputer menggunakan sistem protokol kontrol transmisi standar global / paket protokol internet atau umum dikenal dengan internet protocol suite atau TCP/IP (Transmission Control Protocol and Internet Protocol). Ada juga menyatakan bahwa, definisi Internet adalah jaringan internasional, di mana semua jenis dan tipe komputer dapat dihubungkan di seluruh dunia melalui jenis komunikasi seperti telepon, satelit dan lainnya.

Internet adalah singkatan dari Interconnection Networking dimana setiap komputer yang terhubung ke jaringan internet memiliki identitas unik, alamat IP (Internet Protocol Address). Alamat IP setiap komputer harus unik dalam bentuk kombinasi angka yang menunjukkan identitas komputer di jaringan internet.

Baca Juga: Pengertian Kabel Fiber Optik, Jenis, Komponen, Prinsip Kerja, Kelebihan dan Kekurangan

Pengertian Internet Menurut Pendapat Para Ahli

Untuk lebih memahami lebih mendalam mengenai definisi Internet, kita bisa merujuk pada pendapat para pakar, yaitu sebagai berikut:

1. Onno W. Purbo

Definisi internet adalah media yang digunakan untuk merampingkan proses komunikasi yang terhubung ke berbagai aplikasi, seperti web, VoIP, e-mail.

2. Berners Lee

Pengertian internet adalah jaringan yang terdiri dari beberapa jaringan. Ini jelas mengacu pada konsep di mana jaringan komputer tertentu atau jaringan lokal juga dapat dihubungkan ke jaringan lain.

3. Ned Snell

Definisi Internet adalah koridor untuk berbagai jenis sumber daya yang tersedia untuknya, dan masing-masing sumber daya ini dapat diakses melalui alat yang berbeda.

4. Sibero

Internet adalah jaringan komputer yang menghubungkan komputer di seluruh dunia. Lebih lanjut dijelaskan bahwa internet juga bisa disebut jaringan alami, yang merupakan jaringan yang sangat luas.

5. O’Brien

Definisi Internet adalah jaringan komputer yang tumbuh cepat yang bermanfaat di berbagai bidang, mulai dari kepentingan bisnis, pendidikan, hingga jaringan pemerintah yang saling terhubung.

6. Sarwono

Pengertian internet adalah kumpulan jaringan berskala global, dimana tidak ada yang bisa bertanggung jawab atas Internet itu sendiri.

7. Lani Sidharta

Pengertian internet adalah bentuk interkoneksi dari jaringan komputer, yang dapat memberikan bentuk layanan informasi yang lengkap. Lebih lanjut Lani menjelaskan bahwa Internet juga merupakan mitra virtual atau virtual yang kuat, banyak digunakan dalam media korporat, politik, dan bahkan hiburan.

Baca Juga: Apa Arti Spam, Tujuan, Contoh dan Dampaknya Bagi Penerima?

Sejarah Singkat Perkembangan Internet

Internet merupakan jaring komputer yang dikembangkan oleh Departemen Pertahanan Amerika Serikat (United States Department of Defense) di tahun 1969, melalui projek lembaga ARPA, yang mengembangkan jaringan yang dinamakan dengan ARPANET (Advanced Research Project Agency Network), dimana mereka mendemonstrasikan hardware dan software berbasis UNIX.

Pada mulanya ARPANET hanya menghubungkan 4 (empat) situs saja yaitu university of carolina, santa barbara, standford research institute, dan unversity of utah, yang membentuk satu jaringan terpadu, secara umum ARPANET dikenalkan pada masyarakat pada bulan oktober 1972. Tidak beberapa lama kemudian, proyek inipun dikembangkan diseluruh daerah di Amerika, dan di semua universitas.

Tujuan awal dikembangkannya internet untuk keperluan militer. Pada saat itu US Department of Defense (Departemen Pertahanan Amerika Serikat) membuat sistem jaringan komputer yang tersebar didaerah-daerah vital untuk mengatasi masalah jika terjadi serangan nuklir dan untuk menghindari terjadinya informasi terpusat, yang bila terjadi perperangan akan mudah dihancurkan. (id.wikipedia)

Fungsi-Fungsi Internet Secara Umum

Internet memiliki beberapa fungsi penting yang sangat dibutuhkan orang, tidak hanya masyarakat urban, bahkan di masyarakat pedesaan telah memanfaatkan internet. Berikut ini adalah beberapa fungsi Internet:

1. Sebagai media untuk berbagi sumber daya

Ada banyak orang yang ingin berbagi sumber daya atau data dengan orang lain di seluruh dunia. Ini bisa dilakukan dengan mudah melalui internet. Beberapa sumber daya dan data yang sering dibagikan di Internet termasuk karya ilmiah, makalah, majalah, jurnal, foto, video, artwork, desain, dan lainnya.

2. Sebagai media komunikasi

Berdasarkan pemaparan pengertian Internet di atas, Internet dapat bertindak sebagai alat komunikasi bagi orang-orang di berbagai belahan dunia. Penggunaan internet sebagai alat komunikasi banyak digunakan saat ini. Kita dapat melihat ini dari kemunculan berbagai situs media sosial dan aplikasi chating (pesan singkat) yang memudahkan semua orang untuk berkomunikasi dengan kerabat, keluarga, bahkan koleganya.

3. Sebagai media untuk mengakses informasi

Era Internet adalah zaman keterbukaan. Artinya, dengan hadirnya internet, lebih mudah bagi orang untuk mengakses berbagai informasi penting yang dibutuhkannya. Jika orang dulu harus membaca buku untuk mendapatkan informasi, maka saat ini mereka dapat melakukannya melalui internet. Bahkan keberadaan buku digital atau e-book memungkinkan orang membaca buku online.

4. Sebagai media untuk mengakses berita

Berbagai peristiwa yang terjadi di berbagai tempat yang ada di seluruh dunia dapat dilihat melalui berbagai situs berita online dan media online. Ini tentu saja dapat kita lakukan karena adanya jaringan internet. Semua situs berita online di dunia dapat kita akses jika perangkat kita terhubung kedalam jaringan internet.

5. Sebagai media untuk mengembangkan bisnis

Saat ini internet telah mengubah cara kita dalam berbisnis. Dengan adanya fasilitas internet kita dapat memasarkan produk kita ke seluruh penjuru dunia dengan mudah, murah, dan cepat. Produk-produk dan layanan kita dapat pasarkan di platform marketplace seperti Amazon, Alibaba, Ebay, Etsy atau dapat secara langsung dipublish di website e-Commerce dan media sosial pribadi kita

6. Sebagai sarana mendapatkan pekerjaan

Dengan adanya internet kita dimudahkan untuk mendapatkan pekerjaan mulai pekerjaan tepat hingga pekerjaan freelance. Ada berbagai macam situs yang memberikan kita peluang mendapatkan penghasilan dari skill atau keterampilan yang kita miliki, misalnya seperti topcoder.com, fiverr.com, 99designs.com, Themeforest.com, dan banyak lainnya.

Baca Juga: Pengertian Software dan Fungsinya

Manfaat Internet Bagi Kita

Setelah memahami definisi internet dan fungsinya, tentunya saja kita juga harus tahu apa saja manfaat yang diberikan internet bagi kita. Manfaat internet bagi masyarakat sangat erat kaitannya dengan fungsi internet itu sendiri. Manfaat Internet secara umum memudahkan orang untuk terlibat dalam berbagai kegiatan. Berikut ini adalah beberapa manfaat menggunakan Internet:

1. Menambah wawasan dan pengetahuan

Tidak ada lagi alasan untuk kesulitan mengakses pengetahuan, karena ini bisa dilakukan dengan menggunakan internet. Keberadaan berbagai situs yang secara langsung menghadirkan beragam pengetahuan akan memberikan wawasan kepada pengguna internet.

Contohnya, jika seseorang ingin mudah belajar bahasa asing, ada beberapa situs yang dapat digunakan secara gratis atau berbayar. Atau jika seseorang ingin belajar bermain alat musik seperti gitar atau piano secara gratis dari seorang ahli, ini dimungkinkan berkat adanya internet, misalnya dengan melihat tutorial memainkan gitar di YouTube.

2. Komunikasi Lebih Cepat

Komunikasi antara individu-individu di lokasi yang berbeda menjadi lebih mudah sejak keberadaan Internet. Selain itu, biaya untuk proses komunikasi juga sangat murah saat menggunakan internet. Beberapa cara berkomunikasi yang sering dilakukan melalui internet adalah chatting, mengirim email, media sosial dan lainnya.

3. Kepraktisan dalam berbelanja

Kegiatan ekonomi secara online di Indonesia kian berkembang sangat cepat. Ini adalah bukti bahwa internet memudahkan untuk membeli sesuatu dengan cepat dan murah.

Di sisi pengusaha, keberadaan Internet tentu saja membuat proses pengembangan perusahaan lebih mudah, lebih cepat, dan lebih murah. Tidak heran bisnis e-commerce Indonesia berkembang sangat pesat.

4. Kemudahan dalam mengembangkan bisnis

Pelaku ekonomi harus menggunakan internet sebagai alat pemasaran. Ada beberapa keunggulan pemasaran digital atau internet marketing dibandingkan pemasaran konvensional, diantaranya yaitu:

  • Biaya pemasaran relatif lebih murah
  • Dapat menargetkan pasar yang lebih spesifik
  • Dapat menjangkau lebih banyak orang
  • Membangun brand/merek jauh lebih cepat
  • Dan yang lain

Metode-metode pemasaran online juga sangat beragam, mulai dari SEM, SEO, PPC, Email Marketing, Social Media Marketing, dan lainnya, sehingga pengusaha tidak kehabisan ide tentang kemungkinan untuk mengeksplorasi pemasaran terbaik untuk bisnisnya.

5. Sebagai Media Hiburan

Internet juga merupakan media yang sangat populer sebagai wahana hiburan, terutama bagi generasi milenial dan generasi z. Beberapa situs internet yang sering digunakan sebagai tempat hiburan adalah YouTube.com, Facebook.com, TikTok.com, Netflix.com, Instagram.com, dan lainnya. Konten yang sangat bervariasi di Internet dapat menjadi hiburan tersendiri bagi komunitas masyarakat.

6. Kemudahan Menemukan Informasi

Kemudahan menemukan berbagai informasi di Internet juga merupakan keuntungan yang dirasakan masyarakat saat ini. Misalnya, ketika ada seseorang ingin mencari kerja, maka ia dapat mencari lowongan kerja secara online, dan kemudian mencari cara membuat surat lamaran kerja yang diinginkan HRD yang dapat ditemukan diinternet dengan mudah. Jadi, internet bisa menjadi one stop solution bagi penggunanya.

Baca Juga: Sejarah Komputer dan Perkembangannya

Dampak Positif dan Negatif dari Internet

Selalu ada dua sisi dalam perkembangan teknologi yang perlu disikapi dengan bijaksana, yaitu dampak positif dan negatifnya. Berikut ini adalah dampak positif dan dampak negatif dari penggunaan Internet untuk masyarakat umum:

1. Dampak Positif Internet

  • Mempercepat dan memfasilitasi aliran informasi dan data.
  • Membantu siswa mengerjakan tugas-tugas mereka.
  • Membangun sikap belajar mandiri (self learning) dengan melihat dan membaca berbagai tutorial tentang internet.
  • Menambah pengetahuan dan wawasan kita
  • Memfasilitasi kampanye kegiatan atau promosi hal-hal yang positif .
  • Mudah mendapatkan hiburan untuk mengisi waktu luang.
  • Memperkuat hubungan dan persahabatan melalui jaringan media sosial.
  • Membantu untuk menggerakkan roda bisnis dan juga ekonomi melalui e-commerce.
  • Membantu kita dalam mengerjakan pekerjaan.
  • Menyediakan banyak pekerjaan baru dan peluang bisnis baru.
  • Dan lain sebagainya.

2. Dampak Negatif Internet

  • Resiko munculnya potensi kecanduan internet.
  • Penggunaan waktu non-produktif.
  • Potensi kejahatan Internet / kejahatan dunia maya (cyber crime), seperti penipuan.
  • Keberadaan konten yang tidak pantas dan berbahaya bagi anak di bawah umur.
  • Mudahnya membuat dan menyebarkan informasi dan berita bohong (hoax).
  • Adanya risiko peningkatan provokasi antar golongan.
  • Meningkatnya dan munculnya isu SARA yang dapat menyebabkan perpecahan didalam masyarakat.
  • Adanya tindakan cyberbullying.
  • Dapat merusak budaya asli setempat sebagai proses globalisasi melalui Internet.

Kesimpulan

Internet adalah bagian dari hidup kita saat ini, hal ini tidak dapat dipisahkan lagi. Sebagai generasi yang hidup dengan teknologi internet kita diharapkan untuk bijak dalam menggunakan fasilitas internet ini. Banyak manfaat yang dapat kita dapatkan, namun ada juga dampak negatif yang jika kita tidak sikapi dengan baik maka akan memperburuk sebuah peradaban suatu bangsa.

1 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *