Pengertian Kebudayaan, Unsur, Bentuk dan Komponen-Komponennya

Pengertian kebudayaan atau budaya (culture) adalah hal-hal yang berkaitan dengan nalar dan akal budi manusia. Kata kebudayaan atau budaya berasal dari bahasa sansekerta yakni “buddhayah”, yang merupakan bentuk jamak dari buddhi (akal atau budi).

Pada prinsipnya, budaya adalah cara hidup yang berkembang dan dibagikan oleh sekelompok orang dan diwariskan dari generasi ke generasi. Budaya terdiri dari banyak elemen kompleks, termasuk sistem agama, bahasa, politik, adat istiadat, peralatan, pakaian, bangunan, dan karya seni.

Kebudayaan juga merupakan pola kehidupan yang integral, kompleks, abstrak dan luas. Ada banyak aspek budaya juga menentukan perilaku komunikatif. Unsur-unsur sosiokultural ini tersebar dan mencakup banyak aktivitas sosial manusia.

Pengertian Kebudayaan Menurut Para Ahli

Agar lebih memahami definisi kebudayaan, berikut ini beberapa ahli telah menjelaskan pengertian kebudayaan dalam beberapa sudut pandang, seperti:

Al. Krueber (1958: 582-583)

Pengertian kebudayaan adalah sistem ide dan konsep budaya sebagai rangkaian tindakan yang mencontoh suatu aktivitas dan manusia.

Bounded et. al

Pengertian kebudayaan adalah hal-hal yang dibentuk oleh perkembangan dan transmisi keyakinan manusia melalui simbol-simbol tertentu.

Croydon (1973: 4)

Kebudayaan adalah suatu sistem pola yang terintegrasi, yang sebagian besar berada di bawah ambang batas kesadaran (subconscious), tetapi semua yang mengatur tingkah laku manusia itu seperti tali yang dimanipulasi dari kendali boneka.

Dr. Koentjaraningrat

Budaya adalah seluruh manusia dari tingkah laku dan hasil tingkah laku yang teratur dari tingkah laku yang diperoleh dari pembelajaran dan segala sesuatunya diatur dalam kehidupan sehari-hari.

Dr. K. Kupper

Pengertian budaya yaitu suatu sistem gagasan yang membimbing dan pedoman manusia untuk berperilaku dan bersikap, baik secara individu maupun kelompok.

Djojodigono (1958)

Definisi kebudayaan adalah kekuatan akal budi yang berupa kreativitas, niat dan rasa.

Dawson

Dalam bukunya yang berjudul Age of the Gods, Dawson menyatakan bahwa definisi kebudayaan adalah cara hidup bersama.

Drs. Mohammad Hatta

Pengertian kebudayaan adalah ciptaan kehidupan berbangsa.

Dr. Sidi Gazalba

Arti kebudayaan adalah cara berpikir dan perasaan yang diekspresikan dalam segala aspek kehidupan sekelompok orang yang membentuk kesatuan sosial dengan ruang dan waktu.

EB.Tylor

Dalam bukunya Primitive Culture, disebutkan bahwa pengertian kebudayaan adalah suatu kesatuan yang kompleks yang didalamnya memuat pengetahuan dan kebiasaan yang diperoleh manusia sebagai anggota masyarakat.

Eduard Spranger

Arti kebudayaan adalah segala bentuk atau ekspresi kehidupan batin masyarakat. Sedangkan peradaban merupakan perwujudan kemajuan teknologi dan pola kehidupan material.

Effat al-Sharqawi

Pengertian kebudayaan adalah khazanah sejarah suatu bangsa / masyarakat yang tercermin dalam pengakuan / kesaksian dan nilai-nilainya, yaitu kesaksian dan nilai-nilai yang merumuskan kehidupan, tujuan yang ideal, dan makna spiritual yang dalam serta bebas dari kontradiksi ruang dan waktu

Herskovits

Definisi kebudayaan adalah sesuatu yang diwariskan dari satu generasi ke generasi lainnya, yang kemudian dikenal sebagai superorganik.

Francis Merill

Pengertian kebudayaan adalah pola perilaku yang dihasilkan oleh interaksi sosial, semua perilaku dan semua produk yang dihasilkan oleh seseorang sebagai anggota masyarakat yang melalui interaksi simbolik.

Kluckhohn dan Kelly

Definisi budaya adalah semua desain kehidupan yang diciptakan secara historis, baik ekspresif atau implisit, rasional dan irasional, yang ada pada saat yang sama sebagai pedoman yang mungkin untuk perilaku manusia.

Ki Hajar Dewantara

Kebudayaan berarti buah pikiran manusia dari hasil perjuangan manusia melawan dua pengaruh kuat, yaitu zaman dan alam, yang merupakan bukti kejayaan hidup manusia untuk mengatasi berbagai rintangan dan kesulitan, menuju kehidupan dan untuk mencapai keamanan dan kebahagiaan, yang dalam kelahirannya tertib dan damai.

Larson dan Smalley (1972: 39)

Kebudayaan sebagai cetak biru (blueprints) yang memandu perilaku masyarakat dalam komunitas dan diinkubasi dalam kehidupan keluarga. Ini mengatur perilaku kita dalam kelompok, membuat kita peka terhadap masalah status sosial, dan membantu kita mengetahui apa tanggung jawab kita terhadap kelompok. Budaya yang berbeda, struktur dasar yang membentuk masyarakat bulat bulat dan komunitas bulat persegi.

Mitchell (Dictionary of Soriblogy)

Definisi kebudayaan adalah bagian dari pengulangan semua tindakan atau aktivitas manusia dan produk yang produksi manusia yang telah memasyarakatkan masyarakat secara sosial dan tidak hanya ditransfer secara genetik.

Mangunsarkoro

Kebudayaan adalah semua hasil karya jiwa manusia dalam arti yang seluas-luasnya

Nostrand

Pengertian budaya adalah sikap dan keyakinan, cara berpikir, berperilaku dan menjadi diingat bersama oleh para anggota dari komunitas tersebut.

Parsudi Suparlan

Pengertian kebudayaan adalah pengetahuan manusia sebagai makhluk sosial yang digunakan untuk memahami dan menafsirkan lingkungan dan pengalaman, serta dasar perilakunya.

Robert H Lowie

Kebudayaan merupakan semua yang dimiliki individu dari masyarakat, termasuk kepercayaan, adat istiadat, norma seni, kebiasaan makan, keterampilan yang diperoleh bukan dari kreativitas mereka sendiri, tetapi diwarisi dari masa lalu melalui pendidikan formal atau informal.

Ralph Linton (1945: 30)

Kebudayaan adalah keseluruhan jalan hidup suatu masyarakat dan bukan hanya bagian dari jalan hidup, tetapi namanya adalah masyarakat yang dianggap paling diinginkan untuk menjadi lebih tinggi atau lebih lagi.

R. Soekmono

Kebudayaan adalah hasil usaha manusia, baik berupa benda maupun hanya berupa pikiran dan kehidupan.

Raymond Williams (1961: 16)

Pengertian budaya adalah semua kehidupan, material, intelektual dan spiritual.

Edwards B Tylor

Definisi budaya adalah sekumpulan ide yang kompleks dan semua yang dihasilkan manusia sama dengan pengalaman sejarah.

Sutan Takdir Alisyahbana

Pengertian kebudayaan merupakan manifestasi dari cara berpikir.

William H. Haviland

Budaya Adalah seperangkat aturan dan norma yang dianut oleh anggota masyarakat, yang jika diterapkan oleh anggota akan mengarah pada perilaku yang dianggap pantas dan dapat diterima oleh semua masyarakat.

Elemen dan Unsur Kebudayaan Menurut Para Ahli

Berikut ini penjelasan mengenai unsur-unsur dalam kebudayaan menurut para ahli sosiolog:

Bronisław Malinowski

Terdapat 4 unsur pembangun dalam suatu kebudayaan, yaitu:

  • Organisasi ekonomi
  • Alat dan lembaga – lembaga atau pejabat pendidikan (keluarga adalah lembaga pendidikan paling utama)
  • Organisasi kekuasaan atau politik
  • Sistem norma sosial yang memungkinkan kerjasama antar anggota masyarakat untuk beradaptasi dengan lingkungannya

C. Kluckhohn

Sedangkan menurut C. Kluckhohn, ada 7 kategori universal budaya yang meliputi:

  • Bahasa
  • Pengetahuan
  • Sistem peralatan dan teknologi
  • Kesenian
  • Mata pencaharian
  • Agama
  • Sistem kekerabatan dan organisasi sosial.

Bentuk atau Wujud Dari Kebudayaan

Menurut JJ Hoenigman menjelaskan, ada 3 bentuk kebudayaan yaitu gagasan, kegiatan dan artefak. Dengan penjelasan sebagai berikut:

Gagasan, ide, atau bentuk ideal

Budaya yang berupa kumpulan ide, gagasan, nilai, norma, aturan, dll yang bersifat abstrak merupakan bentuk ideal dari suatu kebudayaan. Bentuk budaya ini terletak pada pemikiran anggota masyarakat.

Jika masyarakat mengutarakan idenya secara tertulis, maka letak budaya ideal ini akan ditemukan dalam buku atau karya yang dibuat oleh penulis dari komunitas tersebut.

Aktivitas dan tindakan

Aktivitas dan tindakan merupakan salah satu bentuk budaya sebagai tindakan yang dibentuk oleh manusia dalam masyarakat ini. Bentuk kegiatan dan tindakan tersebut sering disebut dengan sistem sosial.

Sistem sosial terdiri dari aktivitas manusia yang berinteraksi satu sama lain, bersentuhan, dan berasosiasi dengan manusia lain menurut pola tertentu berdasarkan perilaku kebiasaan. Ini konkret, terjadi dalam kehidupan sehari-hari dan dapat diamati serta bisa didokumentasikan.

Artefak dan karya

Artefak adalah suatu bentuk budaya fisik berupa kegiatan, perbuatan dan karya seluruh manusia dalam masyarakat berupa hal atau benda yang dapat disentuh, dilihat serta didokumentasikan.

Ini adalah yang paling spesifik dari tiga bentuk budaya. Dalam realitas kehidupan bermasyarakat, salah satu bentuk budaya tidak dapat dipisahkan dari bentuk budaya lainnya. Misalnya seperti bentuk budaya yang ideal mengatur dan mengorientasikan tindakan (aktivitas) manusia dan karya (artefak).

Sedangkan bentuk budaya menurut Koentjaraningrat ada 4, diantaranya yaitu:

Nilai budaya

Nilai budaya Ini mengacu pada penyebutan unsur budaya yang menjadi pusat dari unsur lainnya. Selain itu nilai budaya merupakan gagasan yang dipelajari masyarakat sejak masih sangat muda sehingga sulit untuk diubah. Ide inilah yang memunculkan berbagai objek yang diciptakan manusia berdasarkan nilai, pemikiran, dan perilakunya.

Sistem budaya

Dengan bentuk ini, budaya bersifat abstrak sehingga hanya dapat diketahui dan dipahami. Budaya dalam bentuk ini juga dilindungi dan didasarkan pada sistem tertentu.

Sistem sosial

Yang dimaksud dengan sistem sosial disini merupakan pola tingkah laku manusia yang menggambarkan wujud tingkah laku manusia yang berlangsung tergantung dari sistemnya. Wujud ini bersifat konkrit sehingga bisa dilestarikan.

Kebudayaan fisik

Ini merupakan bentuk terbesar dan memiliki sifat tertentu. Misalnya bangunan megah seperti candi prambanan, benda bergerak seperti truk, komputer, piring, kaca mata, resleting dan lain-lain.

Kesimpulan

Dengan mempelajari konsep dasar kebudayaan kita dapat melihat dan mengidentifikasi struktur dalam masyarakat yang membentuk sikap dan perilaku dalam berorganisasi. Dalam hal ini kebudayaan harus dapat dilestarikan dengan baik untuk masa depan yang lebih indah.

sources: sumberpengertian.id

1 Shares:
Leave a Reply