Pengertian kebutuhan sekunder, Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Dan Contoh

Pengertian kebutuhan sekunder, Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Dan Contoh
Photo by Sound On from Pexels

Setiap orang di muka bumi memiliki berbagai kebutuhan untuk kelangsungan hidupnya, mulai dari kebutuhan primer, sekunder sampai tersier. Jika ditinjau dari prioritasnya, tentunya kebutuhan primer berperan penting sebagai kebutuhan dasar manusia akan sandang, pangan dan papan. Namun tetap saja, bukan berarti kebutuhan sekunder bisa diremehkan begitu saja.

Kebutuhan sekunder menjadi kebutuhan untuk mendampingi atau menunjang kebutuhan dasar diri sendiri. Meskipun dianggap tidak terlalu mendesak, banyak orang berusaha memenuhinya dengan baik. Untuk lebih memahami tentang pengertian, faktor-faktor yang mempengaruhi, dan contoh kebutuhan tersebut, simak ulasannya berikut ini.

Apa itu Kebutuhan Sekunder?

Jika kita lihat dari urutan pemenuhan kebutuhan manusia, kebutuhan sekunder berada di urutan kedua setelah kebutuhan dasar seperti sandang, pangan dan papan. Kebutuhan ini merupakan kebutuhan pelengkap atau tambahan setelah kebutuhan-kebutuhan dasar terpenuhi.

Dapat dikatakan bahwa meskipun tidak dapat dipenuhi, tidak akan membahayakan kehidupan manusia. Namun meski begitu, hal tersebut tetap bisa mengganggu aktivitas normal sehari-hari. Kebutuhan pasangan ini juga bisa disesuaikan dengan masing-masing individu dan akan berbeda untuk setiap manusia.

Perbedaan Kebutuhan Primer Dengan kebutuhan Sekunder

  1. Kebutuhan primer adalah kebutuhan dasar yang didasarkan pada kebutuhan biologis, seperti kebutuhan oksigen, makanan, dan air.
  2. Kebutuhan sekunder umumnya bersifat psikologis, seperti kebutuhan akan kemandirian, keilmuan, dan prestasi. Meskipun kebutuhan ini mungkin tidak penting untuk kelangsungan hidup dasar, kebutuhan ini penting untuk kesejahteraan psikologis.

Secara subjektif, setiap orang harus lebih bijak dalam menentukan kebutuhan yang benar-benar diperlukan atau sekedar keinginan. Ini tentang menghindari pembelian barang atau kebutuhan impulsif dan akan mengubah kondisi keuangan.

Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kebutuhan Sekunder

Keinginan dan kebutuhan masing-masing individu tentunya akan berbeda-beda. Hal tersebut pastinya dipengaruhi oleh beberapa faktor. Berikut ini adalah faktor-faktor yang mempengaruhi keberadaan kebutuhan sekunder, diantaranya:

  • Perkembangan zaman

Faktor pertama adalah karena zaman yang sudah semakin maju. Hal ini juga berlaku untuk kebutuhan tersier yang sudah menjadi sekunder, seperti peralatan elektronik dan alat komunikasi bergerak. Umumnya manusia tidak bisa hidup tanpa masalah tanpa alat untuk berkomunikasi. Bahkan barang ini sudah dimiliki oleh semua orang.

  • Faktor lingkungan

Selain dari perkembangan dan tuntutan zaman, faktor lingkungan juga memegang peranan penting dalam mempengaruhi perilaku manusia. Hal ini dikarenakan kondisi lingkungan menentukan kebutuhan pelengkap masing-masing. Dengan cara ini, setiap individu tentunya tidak akan memiliki kebutuhan pelengkap yang sama tergantung dari lingkungan tempat tinggalnya.

Misalnya masyarakat yang tinggal di daerah hangat seringkali memiliki kebutuhan berupa AC atau kipas angin. Kebutuhan ini tidak wajib terpenuhi, namun jika diabaikan dapat mengganggu aktivitas sehari-hari.

  • Agama dan kepercayaan

Agama juga memainkan peran penting dalam menentukan kebutuhan pelengkap atau sekunder. Kebutuhan ini akan tergantung pada agama yang dianut. Misalnya seorang muslim tentunya membutuhkan alat sholat berupa mukenah, sarung, dan perlengkapan ibadah lainnya yang harus terpenuhi. Sedangkan bagi umat Kristiani, pohon natal dan bingkisan natal merupakan kebutuhan pelengkap yang harus dipenuhi dalam beribadah.

  • Adat

Adat istiadat atau kebiasaan yang berlaku pada masyarakat juga memegang peranan penting. Tradisi dan kebudayaan yang berbeda di tiap suku tentunya akan membuat perbedaan tingkat kebutuhannya juga berbeda. Dengan cara ini, kebutuhan setiap individu akan berbeda untuk setiap orang.

Misalnya, saat lebaran tiba, beberapa orang lebih memilih kembali ke kampung halaman dan berkumpul kembali dengan keluarga. Tentunya akan berbeda dengan orang yang tidak memiliki kebiasaan pulang ke kampung halaman dan lebih suka berkomunikasi hanya melalui telepon genggam.

Contoh-Contoh Kebutuhan Sekunder

Kebutuhan sekunder sebenarnya bersifat melengkapi dan meningkatkan kehidupan manusia. Ada beberapa contoh kebutuhan pelengkap yang sering ditemukan dalam kehidupan sehari-hari. Berikut ini beberapa contohnya:

  • Hiburan

Hiburan merupakan contoh kebutuhan pelengkap yang pertama. Setiap individu pasti membutuhkan sarana hiburan untuk menyenangkan hati dan pikiran. Misalnya seperti game PlayStation atau lainnya yang bisa menyembuhkan kepenatan dan rutinitas yang membosankan.

  • Perangkat Elektronik

Siapa yang tidak membutuhkan perangkat elektronik di era yang serba canggih saat ini. Dari kebutuhan TV, lemari es, setrika dan mesin cuci akan sangat membantu Anda dalam beraktivitas sehari-hari. Dengan menggunakannya, dijamin pekerjaan sehari-hari akan lebih mudah dan bermanfaat. Tentunya juga sangat baik untuk mengefisienkan waktu kerja.

  • Alat komunikasi

Tidak hanya perangkat elektronik saja yang menjadi pelengkap kebutuhan, tetapi juga alat komunikasi seperti smartphone. Tanpa alat komunikasi, tentunya aktivitas sehari-hari menjadi lebih sulit. Penggunaan smartphone ini tidak hanya berfungsi untuk alat komunikasi saja, tetapi juga untuk mempermudah segala pekerjaan yang berhubungan dengan internet. Meski termasuk dalam kebutuhan tambahan atau sekunder, alat ini harus terpenuhi untuk menunjang kehidupan manusia.

  • Kendaraan pribadi

Peran penting kendaraan pribadi bagi setiap orang nyatanya akan berbeda-beda tergantung kebutuhan. Alat penunjang kehidupan manusia ini sangat penting untuk memudahkan dalam melakukan aktivitas. Misal, menggunakan mobil atau motor pribadi akan membuat seseorang lebih hemat dalam menggunakan waktu mereka untuk bisa ke kantor dengan cepat. Tidak hanya itu, efisiensinya juga berbanding lurus dengan biaya yang jauh lebih hemat dibanding naik angkutan umum.

  • Informasi atau berita surat kabar

Tanpa surat kabar, kita tidak bisa mengetahui informasi atau berita terbaru yang dapat membantu Anda dalam kehidupan sehari-hari. Oleh karena itu kebutuhan akan suplemen berupa buku harian sangat diperlukan untuk menambah ilmu dan juga wawasan yang lebih baik.

  • Furniture dan kebutuhan rumah tangga

Berbagai perkakas dan perkakas rumah tangga juga merupakan kebutuhan pelengkap setiap individu. Tanpa furniture seperti tempat tidur, kipas angin, kursi, meja makan dan lain-lain, tentunya membuat hidup tidak nyaman. Oleh karena itu, kebutuhan yang saling melengkapi ini harus dipenuhi agar kehidupan sehari-hari menjadi lebih nyaman. Sesuaikan juga dengan kebutuhan rumah dan jangan impulsif saat harus membelinya.

  • Olahraga

Kebutuhan selanjutnya yaitu olahraga yang dapat mengendurkan otot-otot yang tegang. Olahraga sangat penting dilakukan agar tubuh selalu sehat dan terhindar dari berbagai penyakit. Aktivitas gerak tubuh kita saat berolahraga dapat melepaskan stress yang sangat mengganggu. Dengan begitu, aktivitas sehari-hari dapat berjalan dengan lancar dan produktivitas akan meningkat. Oleh karena itu, kebutuhan pelengkap untuk kehidupan yang lebih baik ini perlu dipenuhi.

  • Rekreasi atau pariwisata

Selain kebutuhan pelengkap berupa perangkat elektronik, kendaraan pribadi dan furniture rumah, ternyata rekreasi atau pariwisata juga sangat diperlukan. Ini adalah solusi untuk mencapai hidup yang lebih bahagia dan melepas penat setelah lelah bekerja. Dengan cara ini Anda juga akan terhindar dari stres dan kelelahan. Rekreasi ini tentunya akan berbeda untuk setiap individu sesuai dengan kesenangannya masing-masing. Beberapa lebih menyukai wisata alam seperti pantai dan pegunungan, yang lain lebih menyukai wisata kota. Ini tergantung pada kebutuhan pribadi, anggaran dan juga kepentingan masing-masing orang.

Kesimpulan

Demikianlah pemaparan lengkap mengenai pengertian kebutuhan sekunder, faktor-faktor yang mempengaruhinya dan juga contoh-contoh. Tentunya setiap individu akan memiliki kebutuhan yang berbeda satu sama lain. Banyak hal yang dapat mempengaruhinya dan juga keadaan keuangan.

sumber: accurate.id/blog

1 Shares:
Leave a Reply