Kegiatan Ekonomi Dalam Pemenuhan Kebutuhan Manusia

Kegiatan Ekonomi Dalam Pemenuhan Kebutuhan Manusia
photo by pexels/thachtran

Kegiatan ekonomi umumnya dilakukan oleh semua orang. Setiap orang terlibat dalam proses ekonomi. Lalu, apa yang dimaksud dengan kegiatan ekonomi? Dan, apa saja tujuan dan bentuk-bentuk dari kegiatan ekonomi? Mari kita bahas satu persatu.

Pengertian kegiatan ekonomi adalah semua proses aktivitas yang dilakukan oleh setiap manusia dalam upaya untuk pemenuhan kebutuhan hidupnya. Atau arti lainnya adalah aktivitas ekonomi sebagai daya dan upaya yang dilakukan oleh setiap manusia untuk mencapai suatu tingkatan kemakmuran atau kesejahteraan dalam hidupnya.

Adapun kegiatan ekonomi terdiri dari aktivitas produksi, distribusi, serta konsumsi. Masing-masing kegiatan tersebut saling terkait dan tidak dapat dipisahkan satu dengan lainnya. Jadi, jika terjadi ketidak seimbangan maka akan mengacaukan sistem ekonomi yang telah berjalan.

Baca Juga: Analisis SWOT : Pengertian, Fungsi, Manfaat, Dan Contonya

Jenis-Jenis Kegiatan Ekonomi

Berdasarkan pada pengertian kegiatan ekonomi diatas maka ada beberapa jenis aktivitas perekonomian yang umum dijumpai, diantaranya sebagai berikut:

1. Kegiatan Produksi

Pengertian kegiatan produksi adalah suatu aktivitas yang bertujuan untuk menghasilkan suatu produk (barang atau jasa). Dengan adanya proses kegiatan produksi diharapkan barang dan jasa yang dihasilkan dapat memenuhi semua kebutuhan masyarakat atau konsumen.

Pelaku kegiatan produksi disebut dengan produsen, dimana tujuan utama dari kegiatan produksi tersebut adalah untuk memperoleh keuntungan (profit) dari barang atau jasa yang dihasilkan. Contoh kegiatan produksi adalah pabrik pakaian yang menghasilkan berbagai macam produk pakaian untuk memenuhi permintaan pasar.

Adapun jenis-jenis barang yang dihasilkan dari kegiatan produksi, yaitu:

  • Barang mentah (raw material)
  • Barang setengah jadi (semi-finished goods)
  • Barang jadi (finished goods)

2. Kegiatan Distribusi

Pengertian kegiatan distribusi adalah proses kegiatan menyalurkan suatu produk (barang atau jasa), dari produsen ke konsumen, sehingga produk tersebut sampai ditangan konsumen yang membutuhkan. Tujuan utama dari kegiatan distribusi adalah untuk memastikan keberlangsungan kegiatan produksi, serta memastikan produk diterima oleh pasar.

Pelaku kegiatan distribusi disebut dengan distributor atau penyalur, yang umumnya mereka adalah pedagang besar. Contoh kegiatan distribusi adalah distributor bahan pokok, distributor gula, agen penyalur buah-buahan, dan lain sebagainya.

Adapun aktivitas dalam kegiatan distribusi, yaitu:

  • Pembelian barang dari produsen
  • Pengangkutan barang dari gudang pabrik
  • Pengepakan atau pengemasan (packaging)
  • Standarisasi mutu barang
  • Penyimpanan barang di gudang (warehouse)
  • Klasifikasi barang
  • Promosi barang (promotion)
  • Penjualan ke pedagang besar (grosir)
  • Penyaluran barang (distribution)

3. Kegiatan Konsumsi

Pengertian kegiatan konsumsi adalah aktivitas memakai produk (barang atau jasa) atau proses menghabiskan nilai guna dari suatu produk yang dihasilkan oleh produsen. Tujuan dari kegiatan konsumsi yaitu untuk memenuhi kebutuhan manusia.

Pelaku kegiatan konsumsi disebut dengan konsumen, yang dimana tujuan dari semua aktivitasnya adalah untuk memenuhi semua kebutuhan hidupnya. Contoh kegiatan konsumsi adalah membeli makanan dan minuman, membeli pakaian, membeli peralatan untuk bekerja, dan lainnya.

Adapun pelaku utama kegiatan konsumsi, yaitu:

  • Rumah tangga keluarga (household)
  • Perusahaan atau Industri (Company)
  • Pemerintah (government)

Baca Juga: Pengertian Bisnis dan Ruang Lingkup Dalam Pertumbuhan Ekonomi

Contoh Kegiatan Ekonomi

Berikut ini adalah beberapa contoh aktivitas perekonomian yang umum kita temui sehari-hari:

JenisKegiatanTujuanKeuntungan
ProduksiBertaniMemenuhi kebutuhan bahan makanan masyarakatKebutuhan primer dapat terpenuhi
ProduksiBeternak daging dan tambak ikanMemenuhi kebutuhan lauk masyarakatKebutuhan lauk dan protein dapat terpenuhi
DistribusiMenjual pakaianMemenuhi kebutuhan pakaian masyarakatKebutuhan sandang dapat terpenuhi
DistribusiMenjual semen dan bataMemenuhi kebutuhan dalam pembagunan rumahKebutuhan papan dapat terpenuhi
KonsumsiMakan nasi, sayur, daging, dan buahMemenuhi kebutuhan pokok manusiaPedagang mendapat keuntungan, dan pembeli dapat memenuhi kebutuhan pangannya

Tujuan Kegiatan Ekonomi

Secara umum, tujuan utama dari kegiatan ekonomi adalah untuk memenuhi segala kebutuhan hidup manusia, yaitu kebutuhan primer, sekunder, dan tersier.

Dalam memenuhi tujuan tersebut, maka manusia berupaya melakukan berbagai macam hal. Mulai dari memproduksi barang, mendistribusikan produk, dan hingga mengkonsumsi produk-produk tersebut.

Baca Juga: Pengertian Ekonomi Mikro Menurut Para Ahli

Kesimpulan

Setiap insan harus memenuhi segala kebutuhan hidupnya dari mulai kebutuhan sandang, pangan, dan papan. Dengan adanya kegiatan ekonomi manusia dapat memenuhi kebutuhan-kebutuhan tersebut dengan saling bekerjasama dalam mewujudkan sistem perekonomian yang baik.

1 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *