Kepemimpinan: Pengertian, Fungsi dan Tujuan

Kepemimpinan Pengertian, Fungsi dan Tujuan
photo by pexels.com

Pemimpin merupakan seseorang yang diberi mandat atau orang ditunjuk sebagai ketua di dalam perusahaan atau organisasi. Namun, apakah perbedaan antara pemimpin dan kepemimpinan? Secara umum, pengertian kepemimpinan yaitu kemampuan seseorang untuk mempengaruhi, memberi perintah, petunjuk kepada orang lain dalam hal bekerja dengan tujuan untuk mencapai target yang telah ditentukan. Sedangkan pemimpin adalah orang yang memiliki kemampuan tersebut.

Di dalam organisasi atau perusahaan, kepemimpinan merupakan hal sangat penting. Dalam studi yang dilakukan oleh Joseph Folkman dan Jack Zenger ada beberapa skill yang harus dimiliki oleh para pemimpin. Kemampuan tersebut nantikan akan membuat organisasinya berhasil di berbagai bidang termasuk pada bidang bisnis.

Pengertian Kepemimpinan Menurut Pendapat Para Ahli

Para pakar telah menjelaskan mengenai definisi kepemimpinan secara lengkap, diantaranya yaitu:

1. Moejiono

Pengertian kepemimpinan adalah “kemampuan seseorang dalam memberikan pengaruh satu arah, karena pemimpin harus memiliki beberapa kualitas tertentu yang membedakannya dengan pengikut.”

2. S.P. Siagian

Definisi kepemimpinan yaitu “keterampilan dan kemampuan seseorang ketika menjabat sebagai pemimpin di dalam organisasi untuk mempengaruhi perilaku orang lain, khususnya bawahannya untuk bertindak dan berpikir sedemikian rupa agar dapat memberikan sumbangan konkrit dalam pencapain tujuan organisasi.”

Baca Juga: Pengertian Komunikasi, Fungsi, Tujuan, Dan Jenis-Jenis Komunikasi

3. Sutarto

Pengertian kepemimpinan adalah “serangkaian aktivitas penataan yang berupa kemampuan seseorang untuk mempengaruhi perilaku orang lain dalam situasi tertentu sehingga bersedia bekerja sama untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan sebelumnya.”

4. Wahjosumidjo

Arti kepemimpinan adalah “kemampuan yang ada pada seorang pemimpin berupa sifat-sifat tertentu, seperti kepribadian (personality), kemampuan (ability), dan kesanggupan (capability).”

5. Wexley & Yuki

Pengertian leadership adalah “kegiatan mempengaruhi orang lain sehingga berupaya mengarahkan tenaga dalam tugasnya, serta mengubah perilaku mereka.

6. Rauch & Behling

Definisi leadership adalah “proses mempengaruhi segala aktivitas dalam kelompok yang diorganisasikan ke arah pencapaian tujuan.”

7. Ralph M. Stogdill

Arti leadership adalah “sebuah proses mempengaruhi segala kegiatan sekelompok orang yang berorganisasi dalam usaha mereka dalam mencapai tujuan.”

8. Stoner

Pengertian kepemimpinan adalah “suatu proses mengarahkan dan mempengaruhi kegiatan yang berkaitan dengan anggota organisasi.”

9. Jacobs & Jacques

Definisi kepemimpinan yaitu “sebuah proses dalam memberi arti terhadap usaha kolektif, sehingga bersedia untuk melakukan usaha yang diinginkan untuk mencapai tujuan.”

10. Hemphill & Coons

Arti kepemimpinan yaitu “perilaku seseorang dalam memimpin berbagai aktivitas dalam organisasi dalam mencapai tujuan bersama.”

Baca Juga: Pengertian Administrasi Menurut Para Ahli, Tujuan, Fungsi, dan Jenis

Fungsi-Fungsi Kepemimpinan

Ada 2 aspek dasar dalam fungsi-fungsi kepemimpinan, yaitu:

1. Fungsi Manajemen

Fungsi manajemen merupakan fungsi kepemimpinan dalam membuat perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, pengendalian, dan lainnya.

2. Fungsi Administratif

Kepemimpinan memiliki fungsi administratif seperti membuat kebijakan, serta menyediakan segala fasilitas dan keperluan para anggotanya.

3. Fungsi Kepemimpinan Menurut Hadari Nawawi

  • Fungsi Instruktif (Perintah)
  • Fungsi Konsultatif
  • Fungsi Partisipasi
  • Fungsi Delegasi
  • Fungsi Pengendali

Tujuan Kepemimpinan Dalam Perusahaan atau Organisasi

Mengacu pada pengertian leadership diatas, maka ada beberapa tujuan utama dari kepemimpinan, diantaranya yaitu:

  • Memotivasi anggota atau bawahannya
  • Sarana mencapai tujuan yang telah ditetapkan
  • Mengarahkan anggotanya dalam melaksanakan tugas-tugasnya

10 Skill Utama Yang Wajib Dikuasai Oleh Pemimpin

Berdasarkan studi yang dilakukan oleh Joseph Folkman & Jack Zenger ada 10 kemampuan utama yang wajib dimiliki oleh seorang pimpinan, antaranya yaitu:

  1. Menginspirasi dan memotivasi
  2. Memiliki Integritas dan kejujuran yang tinggi
  3. Problem solver
  4. Pekerja keras
  5. Komikator yang baik
  6. Dapat menjalin hubungan yang baik
  7. Profesional
  8. Memiliki sifat yang membangun
  9. Memberikan strategi dan solusi
  10. Inovator

Baca Juga: Perbedaan Job Deskripsi dan Job Spesifikasi

Kesimpulan

Dengan mempelajari pengertian kepemimpinan kita dapat melatih keterampilan tersebut dan menjadi pemimpin yang baik. Di dalam perusahaan, pimpinan harus dapat menginspirasi bawahan untuk dapat mencapai tujuan yang ingin diwujudkan.

1 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *